Pilih Laman

Food preparation untuk pemula ini saya tulis sebagai panduan sederhana untuk kamu ingin belajar memasak. Bisa juga untuk panduan membuat jadwal menu sehat bagi keluarga. Food preparation memang sedang menjadi tren, namun ada baiknya kita tahu betul apa yang kita ikuti tersebut. Apakah cocok untuk kita? Nah, sebelum kita bicara lebih jauh, kita cari tahu dulu pengertian food preparation.

Apakah Food Preparation Itu?

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang food preparation, kita bahas dulu nih, apa sih food preparation itu?
Nah, sederhananya foodpreparation itu menyiapkan bahan makanan yang akan kita masak dalam kurun waktu tertentu. Paling sering selama satu minggu. Ada juga yang mengartikan food preparation sebagai menyiapkan makanan sekaligus banyak, lalu dibagi dalam kotak penyimpan makanan dalam jumlah kecil. Setelah itu disimpan dan diambil satu demi satu.

Tujuan Food Prep, Pemula Harus Tahu.

Sebagai panduan food preparation untuk pemula, berikut ini adalah tujuan penyiapan bahan makanan sehat :

  • ¬†Lebih Hemat. Menggunakan cara food preparation jatuhnya lebih hemat dari sisi biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk memasak atau menyiapkan makanan sehat bagi keluarga
  • Lebih terencana, sudah pasti kita membuat jadwal menu sebelum membeli bahan makanan dan menyiapkannya. Dengan lebih tereencana, hidup kita akan lebih tertata.
  • Lebih taat dengan pola hidup sehat, dengan jadwal yang dibuat sebelumnya kita akan dengan sadar membuat jadwal makanan berdasarkan pola hidup sehat, kita juga akan terdorong untuk menaati pola hidup sehat yang kita jalani.
  • Sejalan dengan Zero waste Lifestyle, karena food preparation menghindari bahan makanan terbuang percuma

 

Kenapa harus Food Prep?

Alasan melakukan food preperation adalah menata dan mengatur bahan makanan dengan lebih rapi. Bahasa kerennya manajemen bahan makanan, lah. Paling tidak kita akan lebih mudah mencari bahan makanan yang akan kita olah. Memasak juga akan lebih cepat, Baham makanan juga akan lebih tahan lama larena disimpan dengan cara yang benar

Bagaimana langkah Food preparation?

1. Membuat jadwal menu sehat selama seminggu kedepan. Lengkapi dengan sayur, protein dan buah.
2. Belanja kebutuhan menu yang kita buat untuk seminggu.
3. Menyiapkan tempat makanan tertutup.
4. Menyiapkan lap kertas atau tisu.
5. Membersihkan semua bahan makanan.
6. Memasukkan ke dalam tempat makan tertutup sesuai jenisnya, letakkan satu lembar tisu dibagian atas sayuran sebelum menutupnya dengan rapat.
7. Menyimpan di kulkas.

Selamat Mencoba 

That’s It, Food preparation untuk pemula. Semoga ini bermanfaat, dan selamat mencoba.