Pilih Laman

Program zero waste saat ini makin banyak didengungkan. Banyak yang sudah banyak merasakan manfaat dari kegiatan nol sampah ini. Ternyata banyak sekali manfaat dari mengikuti program zero waste. Wait, sebelum kita melangkah lebih jauh, kita cari tahu dulu yuk, apa zero waste itu.

Zero Waste Adalah

Pengertian umum dari zero waste adalah hidup tanpa membuang sampah sama sekali. Kok kaya imposible banget, ya? Gambarannya begini, dalam setiap kegiatan yang menghasilkan sampah akan dilakukan kegiatan lanjutan untuk memanfaatkan sampah yang ada.

Dari kegiatan ini diharapkan ada manfaat baru yang didapat. Jika dari sini masih ada sampah yang dihasilkan maka akan dicari lagi kegiatan selanjutnya untuk memanfaatkan sampah tersebut. Demikian seterusnya sampai sampah tidak ada.

Apa Tujuan Program Zero Waste?

Dulu kita kenal gerakan minim sampah, lalu 3R (reuse, recycle, reduce) dan banyak lagi gerakan yang bermuara pada bijak mengelola sampah. Sekarang lebih kuat lagi gerakan tersebut dengan nol sampah.

Lalu apa tujuan gerakan zero waste ini? Tujuan utamanya adalah hidup lebih sehat dengan menjaga masa depan ekosistem. Bayangkan berapa banyak barang tak tepakai dan terbuang sia-sia. Tak hanya betapa sengsara nasib benda yang dulu dibeli dengan uang hasil banting tulang.

Namun, barang tak terpakai lagi tersebut juga memenuhi tempat yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.
Lahan pertanian kian sempit, taman kota makin minimalis, apalagi paru-paru dunia seakan tak lagi punya tempat. Terbayang, kan, bagaimana nasib kita kelak jika kebiasaan asal buang ini berlangsung terus?

 

Gaya Hidup Zero Waste

Ya, program zero waste kemudian menjadi sebuah gaya hidup masa kini. Terutama oleh orang-orang yang peduli dengan masa depan bumi (dan masa depan mereka sendiri). Kita kemudian menyebutnya dengan zero waste lifestyle.
Zero lifestlyle adalah gaya hidup yag memanfaatkan sesedikit mungkin benda untuk sebanyak mugkin manfaat. Ini berlaku dalam semua aspek kehidupan. Pola makan, gaya berpakaian, dan lain-lain.

Karena makin banyak barang akan makin banyak pula sampah yang terbuang, maka dalam gaya hidup zero waste tak banyak barang digunakan. Ini sama halnya dengan membedakan mana kebutuhan dengan keinginan.

Misalnya begini, jika kita makan dengan piring, maka memliki satu piring adalah cukup bagi kita. Tidak perlu membeli lagi untuk persediaan, apalagi untuk pajangan.

Zero Waste Lifestyle indonesia

Kita yang tinggal di Indonesia mungkin belum banyak yang melakukan gerakan zero waste ini. Tapi yakinlah makin lama orang akan makin sadar akan menyiapkan hidup sehat dan nyaman di masa yang akan datang. Mari kita ikuti langkah beberapa orang ini, kita lakukan sedikit demi sedikit, dan kita mulai dari diri kita sendiri.
Mari Jaga Bumi, Mari Siapkan Kualitas Hidup Lebih Baik Lagi

Intellifluence Trusted Blogger