Pilih Laman

Cara melestarikan tempat wisata perlu diketahui oleh semua orang. Bukan hanya para pengunjung atau wisatawan, tetapi juga oleh siapa saja yang berada di kawasan wisata tersebut. Bisa saja penduduk sekitar, pedagang yang berjualan di lokasi tempat wisata, atau bahkan para petugas yang bekerja di lokasi wisata tersebut. Artinya menjaga dan melestarikan tempat wisata adalah tugas dan tanggung jawab setiap warga negara Indonesia, tanpa terkecuali.

Melestarikan Tempat Wisata sebagai Wujud Cinta Indonesia

Betul sekali, nih. Melestarikan tempat wisata adalah salah satu bukti bahwa kita mencintai negeri ini. Kita tahu bahwa destinasi wisata negara kita menjadi salah satu sumber devisa negara. Kedatangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing bisa menjadi sumber penghasilan bagi daerah tersebut. Makin tinggi pendapatan daerah, maka akan makin sejahtera pula penduduknya. Pendapatan daerah akan bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai fasilitas atau layanan umum yang akan bermanfaat bagi penduduk lokal. Pusat kesehatan masyarakat , pasar, dan sekolah-sekolah bisa tegak berdiri berkat masuknya dana untuk pemerintah daerah tersebut.

Tempat Wisata adalah Wajah Bangsa Indonesia

Pernahkah teman-teman mendapati pantai yang kotor? Ada bekas bungkus makanan ringan atau sandal yang putus talinya dan teronggok diantara putihnya pasir dan pecahan karang yang terhanyut dari laut. Mana nyaman bergulingan di gemercik ombak Pantai Parangtritis Yogyakarta, jika kemudian kaki kita tersangkut tali rafia atau bahkan popok bekas pakai. Alih-alih kita bisa refreshing sambil mentadaburi alam ciptaan Allah. Yang ada rasa risih, bahkan jijik berada di tempat yang seharusnya bersih dan indah. Kita aja malu, apalagi kalau yang mengalami ketidaknyamanan ini adalah turis asing! Turis asing ini akan bisa menceritakan pengalaman buruk ketika menikmati tempat wisata di Indonesia, mereka mendapat bonus berwisata bersama sampah di mana-mana. Hiks… sedihnya…

Cara Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

Cara menjaga kebersihan tempat wisata

Sebenarnya cara menjaga lingkungan di tempat wisata ini mudah saja, kok. Mungkin yang berat adalah konsisten melakukannya. Cara menjaga kebersihan di objek wisata pasti juga sudah diketahui bersama. Mari kita ingat lagi, supaya makin terpatri di benak kita untuk menjaga kelestarian alam negeri tercinta

1. Membuang sampah pada tempatnya

Kata “buanglah sampah pada tempatnya” ini mungkin sudah hapal di luar kepala. Sayangnya kadang kita enggan berusaha lebih keras untuk menaatinya. Ada saja alasan, “Tempat sampahnya jauh, sih!” , atau “Eh, sudah banyak sampah di sana, jadi sekalian aja buang di tempat yang sama” atau beribu alasan lainnya yang intinya kita abai dan membuang sampah sembarangan. Padahal caranya mudah saja, kita bisa membawa tas plastik kosong tiap bepergian. Sampah yang kita hasilkan dari jajan atau makan bekal, bisa kita masukkan dalam kantong plastik tersebut. Setelah kita mendapati tempat pembuangan sampah yang benar, baru kita masukkan sampah kita tersebut ke tempat yang semestinya, mudah, kan?

2. Tidak merusak fasilitas umum yang ada di tempat wisata

Pernahkah kita mengalami pengalaman buruk di tempat piknik karena rusaknya fasilitas umum? Saya pernah, nih. Waktu pergi ke salah satu tempat wisata alam di Grobogan Jawa Tengah, tepatnya di Bledug Kuwu. Saat akan menggunakan toilet umum, ternyata pintunya rusak. Pernah juga di tempat lain, keran air rusak sehingga tidak bisa ditutup dan air terbuang percuma. Lalu caranya bagaimana? Ayolah, anggap kita sedang menyiapkan tempat paling nyaman untuk kita sendiri saat pergi. Anggap bahwa nanti kita akan berkunjung lagi, sehingga semua fasilitas harus berfungsi baik sehingga kita akan merasa nyaman nanti. Anggap tempat wisata, di manapun itu adalah aset milik kita yang harus kita jaga.

3. Tidak mencoret-coret apapun di tempat wisata

Seharusnya bebatuan di pantai bisa kita nikmati reliefnya. Pahatan alam bisa kagumi bagaimana terbentuknya. Sama sekali nggak seru, kalau yang kita dapati di sana adalah coretan spidol “I Love You”. Aduh, katanya cinta kok merusak, ya? Yuk ah, simpan rasa iseng kita membuat grafiti di tempat yang bukan seharusnya. Pahatan alam akan sangat indah jika tampil apa adanya, tanpa pahatan asal dari tangan-tangan yang kurang bertanggungjawab.

4. Menjaga kebersihan taman yang ada di tempat wisata

Pada sebagian tempat wisata dibangun taman supaya makin asri lingkungan di sekitar itu. Yuk, kita nikmati taman buatan dengan melihatnya saja. Jangan lakukan memetik bunga, mematahkan dahan pohon, menginjak-injak rumput di taman, atau bahkan membuang sampah di taman.

Berwisata Tanpa Merusak Alam

berwisata tanpa merusak alam

Keanekaragaman wisata alam Indonesia bisa menjadi sumber kesejahteraan sekaligus kebahagiaan kita. Pantai indah di Bali dan Lombok, Laut cantik di Raja Ampat Papua atau di Kepulauan Derawan, adalah milik kita bersama yang amat berharga. Taman laut Bunaken dan Wakatobi harusnya menjadi objek yang kita lindungi supaya tetap asri.

Tak hanya pantai dan laut di nusantara yang memiliki ribuan tempat indah, hutan di Indonesia juga tak kalah memukau. Menjaga dan melindung hutan sama artinya dengan memperpanjang umur kita dan melindungi keturunan kita. Apakah teman-teman pernah mengunjungi satu diantara wisata hutan di Indonesia berikut ini?

Beberapa Wisata Hutan di Indonesia

1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Dikenal dengan Afrika kecil di Pulau Jawa keindahan sabana dengan latar belakang Gunung Baluran.

2. Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan

Terkenal dengan sungai Sekonyer yang membelah hutan yang dihuni orangutan dan berbagai jenis hewan liar lainnya.

3. Taman Nasional Way Kambas Lampung

Sering disebut dengan sekolahnya gajah, karena pada tahun 1985 dibangun pusat pelatihan gajah untuk melindungi habitat gajah.

4. Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional pertama di Indonesia dan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Ujung Kulon menjadi tempat perlindungan terakhir badak Jawa bercula satu yang terancam punah. (Kompas, 2021)

5. Taman Nasional Gunung Leuser Sematera

Hutan hujan tropis ini adalah rumah dari berbagai hewan liar yang dilindungi,  seperti orang utan, gajah sumatera, badak sumatera, harimau sumatera dan berbagai reptil dan burung. Menjaga kelestarian taman nasional adalah salah satu cara melestarikan tempat wisata.

6. Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur

Terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dari namanya yakni Alas Purwo, artinya hutan purba.

Keanekaragaman Wisata Alam di Indonesia

keanekaragaman wisata alam Indonesia

Keanekaragaman wisata alam di Indonesia makin lengkap dengan kawasan geopark. Dari destinasi wisata ini kita bisa menikmati wisata edukasi, alam, hingga budaya dalam satu destinasi wisata. Beberapa geopark di Indonesia yang telah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geoparks. Diantaranya adalah kawasan geopark Gunung Batur, Bali, geopark Gunung Sewu di Jawa, geopark Ciletuh, Jawa Barat dan geopark Gunung Rinjani, Lombok.
Pengembangan geopark merupakan salah satu mengembangkan aspek ilmu pengetahuan di Indonesia. Kawasan geopark sering kali menjadi lokasi untuk penelitian geologi hingga flora dan fauna. Cara melestarikan tempat wisata adalah dengan menjaganya tetap bersih dan terawat.

Menjadi Wisatawan Ramah lingkungan

Terbentang luas di Indonesia tempat di mana kita bisa menjaga dan melindungi fauna Indonesia. Tak cukup jari kita menghitung betapa luas tempat kita bisa menjaga dan melindungi flora Indonesia. Tak harus ke Papua untuk menjadi penjaga asri negeri ini, kita bisa lakukan dari mana, saja bahkan dari rumah kita. Kita bisa lakukan dengan merawat tanaman hias yang kita miliki, belajar tentang cara agar tanaman cepat tumbuh besar. Bisa juga kita mencari tahu bagaimana cara merawat bunga agar subur, membuat pupuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Banyak yang kita bisa lakukan untuk bumi pertiwi, bahkan dari halaman rumah kita sendiri. Jadi, bagaimana kita wujudkan bakti kita pada Bumi Pertiwi?

Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia, Sekali Merdeka Tetap Merdeka!

#IndonesiaBikinBangga #UntukmuBumiku

***
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba blog Indonesia Bikin Bangga yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network

Referensi :

1. https://kemenparekraf.go.id/fitur/Panduan-Perjalanan-Wisata
2. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/1935/dari-indonesia-untuk-paru-paru-dunia
3. https://travel.kompas.com/read/2021/03/22/190700827/hari-hutan-sedunia-ini-7-wisata-di-hutan-indonesia-yang-menawan/

 

Intellifluence Trusted Blogger