Pilih Laman

Ingin beribadah umroh, tapi mentok di dana? Kini kita dapat memanfaatkan cicilan umroh Bank Syariah Mandiri. Ini adalah salah satu produk unggulan BSM. Seperti kita ketahui bahwa Bank Syariah Mandiri atau disingkat BSM merupakan bank syariah yang cukup besar di Indonesia. Kini bank Syariah ini bergabung dengan dua dua bank syariah lainnya menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Namun, masyarakat kadang terlanjur akrab dengan nama bank sebelumnya. Adanya cicilan umroh Bank Syariah Mandiri seakan menjadi solusi bagi kita yang ingin menginjakkan kaki ke tanah suci, tetapi belum mempunyai dana yang cukup.

Mengenal Pembiayaan Umroh dari Bank Syariah Mandiri yang Kini Menjadi Bank Syariah Indonesia

Beribadah ke tanah suci adalah impian semua muslim. Akan tetapi, karena keterbatasan dana banyak orang yang tak memiliki kesempatan untuk menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut. Inilah yang melatar belakangi hadirnya produk unggulan Bank Syariah Mandiri yang diberi nama Pembiayaan Umroh.

Secara sederhana, pembiayaan umroh bisa dikatakan sebagai produk pembiayaan dari BSM yang dapat digunakan untuk memenuhi seluruh keperluan ibadah umroh meliputi, akomodasi, pembelian tiket, serta biaya lain, menggunakan akad ijarah. Hal yang lebih menarik lagi, pembiayaan umroh ini rupanya tak memerlukan uang muka atau DP nol rupiah. Jadi, bisa dibilang harganya sangatlah bersahabat.

Teknis pengajuan pembiayaan paket umroh ini memakai pembiayaan waktu maksimal. Sejak tahun 2020, jangka waktu pembiayaan cicilan umroh Bank Syariah Mandiri telah ditentukan yaitu maksimal selama tiga tahun. Lain halnya dengan tahun 2019 lalu yang masih menetapkan jangka waktu pembiayaan cicilan umroh Bank Syariah Mandiri selama kurun waktu maksimal lima tahun.

Nominal Cicilan Umroh Bank Syariah Mandiri

Berapa jumlah cicilan umroh Bank Syariah Mandiri? Jika berbicara masalah nominalnya tentu saja tergantung dari berapa lama waktu berangkat yang Anda kehendaki. Simulasinya kurang lebih seperti ini:

  • Waktu keberangkatan 3 tahun cicilan sebesar Rp 600.000/bulan
  • Waktu keberangkatan 2 tahun cicilan sebesar Rp 1.000.000/bulan
  • Waktu keberangkatan 1 tahun cicilan sebesar Rp 2.000.000/bulan

Bank Syariah Mandiri telah berkomitmen memberikan servis optimal agar nasabah memperoleh pelayanan  haji dan umroh  terbaik. Selaku penyelenggara pembiayaan umroh, BSM akan memberikan dana umroh sebesar Rp50 juta untuk nasabah perorangan. Ketentuannya berbeda bagi nasabah yang ingin mengajak keluarga  berumroh yaitu sebanyak Rp200 juta. Nominal tersebut ialah jumlah maksimal, ya. Nah, apabila telah memutuskan menggunakan layanan pembiayaan umroh dari BSM, selanjutnya nasabah harus melunasi pinjaman atau melakukan cicilan umroh Bank Syariah Mandiri dengan sistem angsuran flat atau jumlah cicilan tidak berubah selama dalam masa perjanjian.

Mengenal Bank Syariah Mandiri yang Kini Menjadi Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Mandiri mulai beroperasi pada 1 November 1999. Bank yang menyandang predikat “syariah” ini menyediakan beragam produk perbankan seperti tabungan haji dan umroh, mandiri syariah debit, sampai deposito syariah. Tak hanya itu, para nasabah Bank Syariah Mandiri pun dapat  sekalian melakukan zakat, infak, dan sedekah di BSM.

Berbeda dengan bank konvensional pada umumnya, segala transaksi di dalamnya dilakukan berdasarkan peraturan Islam. Bank yang tepercaya ini diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kita tidak perlu khawatir lagi ketika memilih bergabung sebagai nasabah Bank Syariah Mandiri.

Bank Syariah Mandiri berdiri setelah Indonesia digempur krisis moneter pada 1997-1998 di mana kondisi perbankan kala itu benar-benar tengah tidak sehat. Fakta sejarah mengungkapkan bahwa Bank Syariah Mandiri ini adalah gabungan dari PT Bank Susila Bakti yang dipunyai  oleh tiga perusahaan yaitu PT Mahkota Prestasi, Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP), dan PT Bank Dagang Negara.

Ketahui Produk Bank Syariah Mandiri (Bank Syariah Indonesia)

Sama halnya dengan bank syariah lain, tentunya BSM juga mempuyai produk-produk unggulan. Lantas apa saja produk Bank Syariah Mandiri?

Deposito Syariah

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan deposito sebagan alat investasi. Seperti apakah deposito? Perlu diketahui bahwa deposito adalah simpanan uang di bank tertentu dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jadi, orang yang tidak terbiasa menabung akan seperti “dipaksa” menyisihkan uang guna dialihkan ke deposito. Namun, deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Anda baru bisa menerima hasil atau mengambil deposito sesuai waktu yang Anda sepakati di awal.

 

Sebagai contoh, Anda memilih deposito 12 bulan. Maka sebelum waktunya deposito tak boleh diambil atau Anda bakal dikenakan denda penalti. Bank Syariah Mandiri mempunyai dua jenis produk deposito yang pastinya tetap dijalankan berdasarkan aturan Islam yaitu BSM deposito dan BSM deposito valas. Keduanya tersedia dalam dolar maupun rupiah berlandaskan prinsip Mudharabah Muthlaqah.

 

Investasi

Generasi masa kini tidak hanya dimudahkan oleh teknologi yang semakin canggih, tetapi juga sudah melek investasi. Bahkan dalam usia muda, banyak yang telah menyiapkan investasi dengan harapan kehidupan mereka akan lebih baik di masa depan.

 

Ya, investasi membuat uang kita terus berputar. Jadi, kita pun akan memperoleh keuntungan dari investasi tersebut di masa depan. Bank Syariah Mandiri pun menawarkan produk investasi yang cukup banyak antara lain, pasar perdana, sukuk negara retail, reksadana, sukuk tabungan, pasar sekunder, dan lainnya.

 

Tabungan Haji dan Umrah

Selanjutnya adalah tabungan haji dan umroh. Semua umat Islam pastinya ingin menunaikan ibadah haji atau umroh di tanah suci. Sayang, tak semua orang memiliki kesempatan dikarenakan berbagai hal, salah satunya adalah ketiadaan dana.

Hadirnya tabungan haji dan umroh menjadi solusi terbaik guna memenuhi seluruh kebutuhan haji dan umroh Anda. Khusus untuk umroh, cicilan umroh Bank Syariah Mandiri juga terjangkau dan flat sehingga tidak memberatkan. Ketentuan tabungan khusus haji dan umroh ini adalah orang berusia minimal 12 tahun, ya. Tersedia dalam dua pilihan yaitu Tabungan Mabrur Junior serta Tabungan Mabrur, rencanakan persiapan ibadah haji dan umroh Anda dengan sepurna bersama Bank Syariah Mandiri.

 

Tabungan Simpanan

Bukan hanya deposito, produk keuangan menarik  lain yang juga ditawarkan Bank Syariah Mandiri di antaranya tabungan mudharabah, tabungan pensiun, tabungan dolar, tabungan investa cendekia, tabungan berencana, tabungan simpel iB, tabunganku, serta tabungan wadiah. Masing-masing produk tabungan simpanan memiliki keunggulan sehingga kita perlu menimbang sebelum menjatuhkan pilihan.

 

Mandiri Syariah Priority

Selain produk tabungan dan investasi, Bank Syariah Mandiri juga menghadirkan layanan mandiri syariah priority. Nah, Anda yang ingin dibantu terkait pengelolaan keperluan perbankan atau bagaimana merencanakan keuangan yang lebih baik maka layanan ini sangatlah tepat.

 

Mandiri Syariah Debit

Produk perbankan persembahan Bank Syariah Mandiri berikutnya adalah mandiri syariah debit. Memberikan dua pilihan kartu berlogo GPN dan VISA, untuk kartu berlogo VISA dapat dipakai di seluruh gerai ATM Mandiri.

 

Mandiri Syariah Debit Standar Nasional (GPN)

Terakhir yaitu Mandiri Syariah debit standar nasional atau dikenal pula denga GPN. Kartu chip yang difungsikan sebagai kartu debit ini dapat kita pakai di seluruh mesin ATM maupun EDC  domestik.

 

Keunggulan Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri (Bank Syariah Indonesia)

Berbicara masalah keunggulan atau keuntungan selalu menarik, ya. Bank Syariah Mandiri berkomitmen memberikan pelayanan ramah dan profesional, memastikan kualitas mesin ATM senantiasa baik dan terjaga, banyak pilihan produk perbankan, dan nilai endap yang rendah yaitu sebesar Rp50.000,00 (lebih rendah dibandingkan bank konvensional yang nilai endapnya mencapai Rp100.000,00).

Demikian infomasi terkait Bank Syariah Mandiri dan cicilan umroh Bank Syariah Mandiri yang perlu diketahui terutama oleh Anda yang ingin mencari tabungan untuk kebutuhan haji maupun umroh. Rencanakan ibadah dengan aman dan nyaman bersama Bank Syariah Mandiri.

 

Sumber referensi:

https://flip.id/blog/bank-syariah-mandiri

https://medan.tribunnews.com/

 

Intellifluence Trusted Blogger