Pilih Laman

Cara menabung untuk umroh orang tua perlu dicermati supaya target tercapai sesuai harapan. Salah satu hal yang bisa membahagiakan orang tua adalah memberikan mereka kesempatan untuk beribadah umroh. Kendati demikian, tak jarang anak terhalang masalah finansial.

Ya, bingung bagaimana cara menabung untuk umroh orang tua sebab sudah berupaya mengumpulkan uang, tapi tetap tak kunjung cukup. Jika hendak memberangkatkan orang tua ke tanah suci guna menunaikan ibadah umroh, setidaknya Anda harus mempunyai tabungan sebesar 30-jutaan

Inilah Cara Menabung untuk Umroh Orang Tua Paling Efektif

Mempersiapkan dana umroh orang tua tak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan niat dan kegigihan supaya nominal target lekas terpenuhi. Berikut cara menabung untuk umroh orang tua paling efektif.

Menabung Emas

Tidak hanya untuk biaya pendidikan atau investasi hari tua, menabung emas dapat juga ditujukan sebagai simpanan umroh orang tua. Membeli logam mulia termasuk dalam investasi jangka panjang. Jika kita membeli emas saat ini, jangan bayangkan bisa dijual maupun digadaikan dalam waktu dekat bahkan memperoleh keuntungan berupa selisih harga, ya.

Untuk mendapatkan selisih harga yang lumayan dari penjualan atau gadai emas, Anda harus menyimpan emas tersebut setidaknya lima tahun ke depan. Nah, tabungan emas adalah cara menabung untuk umroh orang tua yang lumayan efektif. Kita dapat membeli emas setiap bulan atau dua bulan sekali sesuai kemampuan. Bila hal ini rutin dilakukan maka dalam kurun waktu lima tahun mendatang setidaknya Anda bakal memperoleh dana mencapai 30-jutaan, lo.

 

Mencari Sumber Pendapatan Lain

Jika kita sadar bahwa gaji saat ini belum mencukupi untuk disisihkan sebagai tabungan umroh orang tua, tak ada salahnya mencari sumber pendapatan lainnya. Apakah ini berarti kita harus resign dan mencari pekerjaan baru? Tentu tidak demikian. Kita tak harus meninggalkan pekerjaan saat ini, kok.

Di era digital bekerja tidak harus datang langsung ke kantor. Ada bayak pekerjaan yang bisa diperoleh melalui jalur daring. Kendati termasuk job freelance, tetapi jika digeluti maka hasilnya tak kalah dengan gaji orang kantoran. So, carilah sumber pendapatan lain yang sesuai dengan bidang keahlian maupun keterampilan yang Anda miliki.

 

Membuka Tabungan Rencana

Cara menabung untuk umroh orang tua berikutnya yaitu dengan membuka tabungan rencana. Langkah ini merupakan salah satu yang termudah dan ringan guna mengumpulkan uang sesuai target kita. Umumnya saat seseorang membuka tabungan ini, saldo dalam rekening akan ditarik secara otomatis atau dengan kata lain auto debet ke rekening tabungan rencana setiap bulannya. Selain jangka waktu yang dapat kita sesuaikan, nominal tabungan rencana pun bisa kita atur sebatas kemampuan. Jadi, tak harus memaksakan diri mengumpulkan uang dalam jumlah besar yang malah membebani diri sendiri.

Penghitungan Tabungan Umrah

Sebutlah bila Anda memutuskan untuk menabung Rp400.000,00 per bulan maka jika jangka waktu yang dipilih adalah setahun, dana akan terkumpul sebanyak Rp4.800.000,00. Lima tahun saja Anda bakal mengantongi sekitar 24-jutaan. Pertanyaannya, apakah uang itu cukup? Mengingat biaya umroh senantiasa mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Jadi, ketika tabungan sudah bisa diambil dan biaya umroh naik, setidaknya sisa dana yang harus Anda cari lagi untuk menambah tabungan rencana tidak telalu besar. Tabungan rencana ini seperti angin segar yang meringankan beban keuangan. Contoh tabungan rencana antara lain, tabungan umroh BSI, tabungan umroh BRI, tabungan umroh My Plan iB Umrah, Tabungan Muamalat Umrah iB, Bareksa Umroh Reksadana Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan sebagainya.

 

Siapkan Rekening Khusus

Jika Anda ingin menabung lebih bebas, pilihlah opsi satu ini. Siapkan rekening khusus atau bukalah rekening baru di bank yang ditujukan untuk menabung umroh orang tua. Di sini kita tidak menggunakan sistem auto debet, ya. Jadi, segalanya diatur sendiri. Simpan kartu ATM rekening khusus di rumah dan hindari membawanya ke mana-mana. Khawatir justru dana di dalamnya malah Anda tarik. Belilah kebutuhan dan berbelanja dengan rekening sendiri.

 

Ubah Gaya Hidup

Membahagiakan orang tua dengan menyiapkan dana guna beribadah ke tanah suci merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang anak. Namun, kita perlu mempersiapkan segalanya dengan matang termasuk mengubah gaya hidup.

Cermati apakah kita melakukan gaya hidup sehat dan disiplin selama ini? Jika belum, kuatkan niat untuk mengubah gaya hidup. Jadilah seseorang yang lebih hemat dan terapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian Anda tak akan mudah sakit yang notabene malah menggerus uang tabungan karena harus berobat. Nah, uang itu bisa dialokasikan untuk tambahan tabungan umroh ayah dan ibu.

 

Menyisihkan Penghasilan

Menyisihkan penghasilan atau menabung telah dibahas sebelumnya. Lantas, berapa besaran tabungan umroh dari gaji Anda? Jumlahnya 10-20% saja atau sesuaikan dengan penghasilan yang diterima. Anda bisa menaikkan nominal tabungan apabila tidak memberatkan. Lakukan dengan rutin dan disiplin. Jika target tidak tercapai atau justru Anda tak menyisihkan tabungan padahal gaji berlebih, beri hukuman pada diri sendiri.

 

Membatasi Pengeluaran

Batasilah pengeluaran yang kurang bermanfaat. Pilih kemudian pilah mana saja barang yang Anda butuhkan atau sekadar diinginkan. Selanjutnya, pastikan Anda hanya membeli barang yang diperlukan. Jangan sampai keuangan terganggu akibat semuanya ingin dibeli, ya.

 

Memilih Travel Umroh

Beribadah umroh kini semakin mudah dengan hadirnya berbagai travel umroh. Anda dapat membandingkan harga serta fasilitas menarik yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan mereka.

Cek pula apakah travel umroh telah terdaftar di Kementrian Agama. Ingat bahwa kasus penipuan travel umroh hingga sekarang masih merebak. Umumnya, travel umroh bodong menawarkan paket menarik dengan harga amat murah. Mereka pun tak mempunyai izin resmi. Teliti sebelum membeli supaya terhindar dari jerat penipuan.

 

Memanfaatkan Penawaran Khusus

Salah satu strategi marketing yang diterapkan oleh pihak travel umroh adalah tawaran promo menarik berupa potongan harga. Tentunya Anda bisa mendapatkan paket umroh untuk orang tua dengan harga terjangkau, ya. Nah, guna memperoleh promo khusus ini biasanya terdapat syarat dan ketentuan. Jangan tergoda dulu! Penting bagi Anda membaca dan memahami syarat serta ketentuan yang dimaksud supaya tabungan umroh orang tua yang telah dikumpulkan tak sia-sia.

 

Manjakan Diri

Bekerja boleh-boleh saja, tetapi jangan lupa bahwa Anda juga memerlukan waktu untuk me time. Manjakan diri secukupnya. Luangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri dengan kegiatan murah meriah. Sebut saja, maraton menonton drama kesukaan, mencari aneka camilan atau jelajah kuliner, hingga membeli buku favorit. Jiwa yang sehat dan bahagia akan membuat Anda semakin bersemangat dan produktif dalam bekerja. Pastinya ini akan berpengaruh terhadap naiknya pendapatan.

Kesimpulan

Cara menabung untuk umroh orang tua bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita perlu mengontrol diri dari hidup boros. Jangan sampai membuang uang percuma. Kuatkan niat, doa, serta usaha. Lakukan yang terbaik demi memberangkatkan orang tua ke tanah suci. Berapa pun gaji yang diperoleh pasti bisa disisihkan sesuai targetnya. Asalkan Anda mampu merencanakan keuangan dengan cerdas.

 

Sumber referensi:

https://www.finansialku.com/

https://www.ekrut.com/media/

https://lifepal.co.id/

Intellifluence Trusted Blogger