Pilih Laman

Bagaimana cara memutar uang dengan emas? Banyak orang bertanya mengenai hal ini, khususnya para pemula. Mereka ingin mengetahui cara efektif supaya uang yang diputar bisa memberikan keuntungan berlipat.

Secara umum, memutar uang dengan emas berarti melakukan investasi logam mulia. Namun, ketika hendak berinvestasi pastinya kita harus mempertimbangkan berbagai hal. Salah langkah akan membuat kita menanggung kerugian.

Ketahui Strategi dan Cara Memutar Uang dengan Emas bagi Pemula

Sewaktu hendak berinvestasi logam mulia, kita wajib tahu strategi dan cara memutar uang dengan emas. Tidak boleh asal beli tanpa meneliti. Seperti kita ketahui, kini semakin marak kejahatan termasuk dalam dunia investasi serta jual beli emas. Lantas apa saja hal-hal yang wajib dicermati ketika memutuskan memutar uang dengan emas?

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum berinvestasi emas sebaiknya kita tentukan tujuannya terlebih dahulu. Ini merupakan langkah terbaik dan aman yang harus diambil. Sebagai contoh, membeli logam mulia untuk tabungan pendidikan, pernikahan, tabungan hari tua, membuka usaha, dan lain-lain. Bila kita mengetahui secara pasti tujuan investasi, akan lebih mudah bagi kita mengatur bujet untuk membeli emas nantinya.

2. Membuat Perencanaan yang Matang

Buatlah rencana dengan detail dan matang sehingga investasi yang dilakukan tidak sia-sia. Seseorang yang memiliki gaji bulanan maupun pendapatan harian harus membuat rencana keuangan sebaik mungkin supaya tak terjadi kebocoran. Ini termasuk langkah penting dalam cara memutar uang dengan emas.

Umumnya, pendapatan yang diperoleh akan dibagi ke dalam beberapa pos yang salah satunya yaitu pos investasi. Tanpa pembagian yang jelas, mungkin saja investasi yang telah dipersiapkan untuk tujuan tertentu bakal terpakai. Ada baiknya kita memastikan dana darurat mencukupi sehingga apabila terdapat keperluan mendesak yang membutuhkan dana besar, kita tak harus mengorbankan pos investasi logam mulia.

3. Pilihan Investasi

Strategi cara memutar uang dengan emas berikutnya ialah dengan memilih investasi. Terdapat beragam pilihan investasi emas yang bisa kita lakukan. Pertama, kita dapat membeli emas batangan secara tunai seperti emas Antam. Melakukan pembelian cash pastinya diinginkan semua orang karena tidak akan terbeban utang. Sayangnya, membeli secara tunai membutuhkan dana yang besar dan memerlukan waktu lebih lama untuk mengumpulkan bujet.

Kedua, membuka tabungan emas. Salah satu perusahaan yang memiliki produk investasi ini adalah Pegadaian. Menabung emas di Pegadaian banyak untungnya, lo. Guna memiliki tabungan emas, kita tak harus punya uang banyak lebih dahulu. Kita bisa mulai menabung dari nominal puluhan ribu.

Ketiga yaitu, cicilan emas yang ditawarkan beberapa bank syariah. Kendati harga emasnya lebih mahal, tetapi membuka cicilan emas di bank syariah memaksa kita untuk menabung secara rutin sehingga bisa mempunyai emas.

4. Memantau Perkembangan Harga Emas

Saat memiliki keinginan membeli logam mulia, pastikan kita terus memantau perkembangan harganya. Harga emas bisa berbeda dari hari ke hari. Jika hendak berinvestasi sebaiknya beli di saat harganya sedang turun.

cara memutar uang dengan emas supaya untung

5. Tentukan Cara Menyimpan Emas

Terkadang kita merasa was-was saat menyimpan emas di rumah. Khawatir bakal hilang atau diincar orang jahat. Karena itu, diperlukan tempat yang lebih aman guna menyimpan benda-benda berharga termasuk logam mulia. Kita bisa mempertimbangkan safe deposit box bank, memanfaatkan brankas logam mulia dari Antam, menyimpan di Pegadaian, atau memilih membuka tabungan emas maupun cicilan emas sehingga fisiknya tersimpan aman. Pilihan menabung emas dinilai lebih baik sebab fisik emas tidak akan kita dapatkan saat tabungan belum memenuhi nominal emas yang dibeli.

6. Beli di Tempat Tepercaya

Hindari membeli emas maupun berinvestasi di sembarang tempat atau pihak yang baru kita kenal. Saat ini ada banyak kasus penipuan investasi emas yang amat meresahkan. Pastikan kita membeli atau berinvestasi di tempat yang benar-benar kredibel dan tepercaya seperti Pegadaian, Antam, Indogold, bank syariah, dan sebagainya.

7. Berbisnis Emas

Cara memutar uang dengan emas selain investasi ialah berbisnis emas. Kita dapat menjual emas dengan harga terjangkau. Saat ini ada banyak emas dengan kadar yang kecil atau populer disebut emas mini sehingga tiap orang mampu membelinya. Sebutlah produk EOA gold , Antam, atau Baby gold. Anda bebas membeli emas mini secara tunai sesuai bujet yang dipunyai.

8. Memilih Wujud dan Waktu

Emas tidak hanya tersedia dalam bentuk batangan atau kepingan. Banyak pula perhiasan seperti cincin, kalung, anting, hingga liontin terbuat dari logam mulia. Jika tujuannya untuk investasi sebaiknya kita memilih emas batang sebab tidak ada ongkos bikin yang dibebankan kepadanya.

Seperti dibahas sebelumnya, kita pun harus jeli menentukan waktu tepat membeli logam mulia. Kendati termasuk dalam investasi jangka panjang, cara memutar uang dengan emas atau berinvestasi logam mulia hingga saat ini tetap banyak peminat. Selain karena praktis, emas juga gampang didapatkan.

9. Memastikan Kondisi Emas

Pastikan kondisi emas dalam keadaan baik dan mempunyai surat resmi. Lakukan pemeriksaan dengan detail logam mulia sebelum memutuskan membelinya.

10. Fokus Pada Masa Depan

Tatkala kita telah berinvestasi logam mulia maka hal penting yang wajib dilakukan ialah fokus pada masa depan. Pahami konsep investasi yang berbeda dengan jual beli. Untuk memperoleh keuntungan dalam investasi pastinya membutuhkan waktu lebih lama.

Lain hanya dengan transaksi jual beli di mana apabila kita membeli suatu barang dan berhasil menjualnya dengan selisih harga, maka secepat itu pula kita mengantongi keuntungan. Cara memutar uang dengan emas memerlukan waktu setidaknya 5-10 tahun supaya keuntungan yang diperoleh lebih besar.

Keuntungan Berinvestasi Emas atau Logam Mulia

Sampai sekarang emas masih menjadi pilihan investasi utama berbagai kalangan. Berikut beberapa keuntungan bagi Anda yang memilih investasi logam mulia.

1. Melindungi Kekayaan Saat Terjadi Inflasi

Menyimpan uang tunai atau emas? Jika diberi pilihan demikian, disarankan untuk memilih menabung emas. Harga logam mulia cenderung stabil bahkan akan terus meroket seiring bertambahnya waktu.

Berinvestasi emas sama halnya melindungi kekayaan kita. Jadi, tatkala terjadi inflasi maupun krisis ekonomi, tak akan berpengaruh terhadap investasi yang dilakukan. Dengan kata lain harganya terus stabil. Berbeda jika kita mempunyai simpanan uang tunai yang pasti nilainya bakal ikut merosot ketika inflasi menghantam.

cara memutar uang

2. Pencairan dan Pembelian Mudah

Emas bukan hanya bisa kita peroleh dengan mudah, tetapi saat membutuhkan uang kita pun dapat lekas menjualnya kembali. Likuiditas emas tergolong tinggi dibandingkan dengan investasi properti berupa bangunan atau tanah.

3. Bentuk Beragam

Bukan sebatas perhiasan, kita diberikan pilihan emas batangan juga untuk investasi yang lebih aman. Jadi, jika tidak menginginkan logam mulia dipakai atau senang disimpan saja, sebaiknya tak usah membeli aksesori berbahan emas. Pilihlah batangan atau tabungan emas saja.

Kesimpulan

Cara memutar uang dengan emas apabila dilakukan secara cermat maka akan memberikan keuntungan berlipat ganda. Pelajari dan pahami bagaimana sebaiknya melakukan investasi logam mulia. Ingat bahwa saat ini penipuan berkedok investasi emas semakin marak sehingga kita pun patut lebih berhati-hati.

Sumber referensi:

Cara Memutar Uang dengan Emas

https://www.invest-emas.com/2021/03/cara-memutar-uang-berbisnis-dengan-emas.html
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218001/mau-untung-besar-dari-investasi-emas-simak-strategi-terbaik-ini
https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/5-cara-investasi-emas-yang-mudah-bagi-pemula
https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/mau-investasi-emas-ketahui-terlebih-dahulu-tips-berikut-ini/

Intellifluence Trusted Blogger