Pilih Laman

Usaha makanan ringan serba 2000 mungkin terdengar kecil nilainya, tetapi jangan salah jika untung kecil usahanya laris manis, pasti bikin nagih. Mengapa pilih harga duaribuan? Alasannya saat ini harga itulah yang lebih terjangkau oleh semua pembeli, termasuk anak-anak.

Soal modal, usaha ini juga cukup ringan. Apalagi untuk yang baru mau memulai usaha makanan ringan serba 2000 ini. Mengenai bahan-bahan makanan, pilihan yang tersedia juga banyak. Dengan modal kecil kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dari usaha laris manis ini.

Usaha Makanan Ringan Kekinian

Ragam macam makanan dingan duaribuan terus berkembang dan makin banyak. Ada saja ide baru yang dimunculkan sehingga memberi lebih banyak pilihan bagi pembeli. Berikut ini beberapa ide usaha makanan ringan serba 2000 yang lagi digandrungi

1. Makaroni goreng

Sebenarnya ide makanan ringan ini sudah lama ada. Namun dulu hanya dijual dengan rasa-rasa standar seperti gurih dan pedas. Sekarang, snack makaroni goreng kembali laris manis. Bedanya, sekarang makarini goreng dijual dengan banyak varian rasa. Rasa paling favorit masih rasa pedas, ya. Nah, kita bisa membuat makaroni goreng yang krispi dengan taburan bumbu pedas berlevel.



 

2. Mie lidi

Sejujurnya, ini bukan ide makanan sehat. Mie Lidi adalah makanan ringan sarat micin. Namun, tak bisa kita pungkiri kalau makanan serba micin inilah yang menjadi buruan tukang jajan serba 2000an. Mie Lidi menjadi pilihan favorit untuk penyuka makanan dengan rasa pedas asin.

3. Bakso Goreng (Basreng)

Nama makanan ringan yang satu ini bisa beragam. Ada yang menyebut pentol, bakso kerikil, bahkan cilok. Intinya, makanan ini berupa bulatan kecil dengan bahan utama tepung. Biasanya disajikan dengan saus pedas atau saus kacang.

Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

Jajanan serba 2000 bisa simpel dan nggak ribet kalau kita memilih mengemas ulang dari kemasan besar atau bal-balan. Satu bal snack berisi mulai 5 kg sampai 25 kg, tergantung jenis makanannya.

Repacking makanan ringan duaribuan memang nggak ribet, tinggal membungkus makanan ringan tersebut dengan plastik kecil dan dijual dengan harga 2000. Sayangnya, keuntungan yang kita peroleh tidak sebesar kalau kita membuatnya sendiri.

Beberapa pilihan usaha makanan ringan serba 2000 dengan cara repacking adalah sebagai berikut :

1. Aneka Kacang

Kacang adalah teman setia kapan saja, makanya kacang banyak dibuat untuk camilan. Tampilan snack kacang bisa berupa kacang goreng, kacang oven, kacang telur, kacang kulit, atau kacang kulit panggang. Ada lagi jenis kacang-kacangan lainnya, yakni kacang polong, kacang disko,

2. Kulit Ayam Krispi

Kulit ayam krispi ini banyak disuka karena selain jadi snack gurih teman nongrong, bisa juga jadi teman nasi saat makan. Jika digoreng dengan tepung (supaya lebih krispi), maka hasil gorengan yang diperoleh bisa lebih banyak. Selain kulit ayam, usus ayam juga bisa dibuat usus ayam krispi. Jajanan ini akan makin laris manis dengan tambahan sambal untuk cocolan.



 

3. Aneka Stik

Stik ini sebenarnya tepung goreng dengan berbagai bahan tambahan. Ada yang ditambahkan sayur, keju, atau bubuk cabe.
Yang paling banyak dicari adalah Stik keju (cheese stick). Rasanya gurih teksturnya crunchy, kalau sudah mengunyah susah berhenti. Makanya usaha makanan ringan serba 2000 yang ini banyak yang cari. Bagi anak-anak yang belum terbiasa dengan rasa pedas, stik keju menjadi pilihan saat jajan.

Stik Bawang, adalah stik favorit berikutnya. Bahanya lebih sederhana, karena hanya terigu, telur dan mentega, tanpa tambahan keju. Rasa bawang yang khas, gurih dan wangi menjadi andalan snack ini.

Stik Sayur, menjadi pilihan berikutnya. Sayur yang ditambahkan pada stik ini biasanya daun seledri, atau daun bawang. Ada juga sih, yang membuatnya dengan tambahan daun bayam, tapi cukup jarang.

4. Stik umbi-umbian

Agak berbeda dengan yang kita bahas sebelumnya, stik yang ini bahannya adalah umbi-umbian yang diputong seukuran korek api. Jenis umbi-umbian yang lazim dibuat stik adalah ketela dan talas. Ada juga stik kentang, namun untuk bahan yang terakhir ini lebih sering dibuat makanan yang berbeda.

Usaha Makanan Ringan Tak Lekang oleh Zaman

Ide usaha makanan ringan serba 2000 bisa kita ambil dari makanan ringan yang sudah ada sejak zaman dulu. Snack jadoel atau zaman dulu ini sudah terkenal soal rasa, jadi akan lebih mudah memasarkannya. Nah, apa saja snack jadul yang masih banyak disuka?

Rempeyek

Orang zaman dulu menikmati rempeyek atau peyek sebagai lauk. Isian peyek biasanya berupa kacang tanah, kacang hijau, kedele, ikan teri atau ebi. Biasanya isian peyek dibuat agak hancur supaya lebih mudah dikunyah. Bahan tambahan yang khas dari peyek adalah daun jeruk purut yang diiris lembut. Aroma wangi sedap dari daun jeruk purut inilah yang menjadi andalan peyek sebagai teman makan.

Seiring berkembangnya zaman, peyek kemudian banyak dikonsumsi sebagai camilan. Isiannya pun makin beragam. Peyek daun bayam, peyek daun singkong, peyek pare, dan aneka peyek yang baru kita kenal belakangan ini.



 

Sale Pisang

Makanan murah meriah dan laris manis berikutnya adalah sale pisang. Makanan olahan dengan bahan utama pisang, dan tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Cara membuat juga mudah dan murah. Untuk membuka usaha makanan ringan serba 2000 kita bisa menyajikan dengan beberapa cara. Sale pisang yang dulu kita jumpai dijual dengan cara ditusuk, kini bisa dijajakan dalam banyak cara. Bisa dengan digulung juga, loh.

Kuaci

Makanan ringan sejuta peminat ini sudah ada sejak zaman kakek nenek kita masih belia. Dulu bahannya berupa biji bunga matahari, kini makin banyak dikembangkan aneka kuaci dari biji buah-buahan seperti kuaci biji semangka.

Aneka Keripik

Ide membuat makanan untuk dijual memang selalu ada. Makanan ringan yang dibuat dengan cara menggoreng sampai kering (cara lain adalah dengan dioven). Jenis buah yang banyak ditemui dalam bentuk kripik adalah sukun, nangka, apel, juga kentang. Apa bisa jenis makanan ini dipasarkan dengan harga duaribuan? Bisa, dong, caranya dengan memilih kualitas B lalu mengemaskan dengan plastik kecil.

Aneka Kerupuk

Kerupuk tidak hanya bisa menjadi lauk, kerupuk bisa juga dijual sebagai camilan. Tak perlu repot membuat sendiri, karena di pasar tradisional banyak tersedia aneka kerupuk mentah yang siap digoreng. Kita cukup menggorengnya lalau mengemasnya dengan plastik ukuran kecil

Penutup

Membuka usaha makanan ringan serba 2000 memiliki peluang sukses yang cukup besar. Meskipun makanan duaribuan, jangan lupa untuk tetap melakukan promosi. Awalnya bisa dari group Whatsapp RT/RW, atau group komunitas. Makin banyak yang mengenal dan mencoba makin banyak kesempatan untuk mendatangkan keuntungan.

Cara lain adalah dengan menitipkan di warung-warung. Yang saya maksud warung di sini termasuk juga warung makan, toko kelontong dan kantin sekolah atau kantor. Jadi, siapa bilang jajanan duaribuan tidak bisa cuan?

Intellifluence Trusted Blogger