Pilih Laman

Join usaha Bandung ini membuka peluang untuk siapa saja yang ingin maju dan berkembang. Apalagi di kota besar seperti Bandung, peluang meraup keuntungan dari membuka usaha sangat besar. Jika membuka usaha sendiri dirasa berat, maka cara lain adalah dengan mengajak orang lain bekerja sama. Namun, kita perlu berhati-hati sebelum membuat kesepakatan dengan mitra usaha.



 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka join usaha Bandung, berikut catatannya

1. Tujuan Kerjasama Harus Jelas

Sebelum menginkatkan diri dalam sebuh Kerjasama, kedua belah pihak harus sepakat dengan tujuan dibuatnya Kerjasama tersebut. Apakah untuk mencari keuntungan, membuat kegiatan sosial, atau seperti kontrak belajar. Tujuan diadakan Kerjasama harus jelas, supaya Langkah yang diambil untuk mewujudkan kerjasama tersebut juga jelas.

 

2. Buat Kesepakatan Kerjasama Tertulis

Dalam kesepakatan join usaha Bandung, isi dan detil kesepakatan harus dibuat secara tertulis. Bila perlu ditandatangani di depan notaris, dan dicatatkan sebagai Kerjasama yang legal atau memiliki payung hukum yang pasti. Hal ini menghindari terjadinya perselisihan antar pihak yang membuat kerjasama di kemudian hari. Dengan dicatat atau ditulis dan ditandatangani kedua pihak, setidaknya keduanya tidak akan lupa poin-poin yang sudah disepakati.

3. Lakukan Evaluasi Secara Periodik

Setelah Kerjasama ditandatangani, segeralah melakukan tugas masing-masing dengan baik. Supaya hasil kerja tetap terkontrol, sebaiknya dilakukan evaluasi secara rutin. Bisa satu bulan sekali, satu tahun sekali atau sesuai kesepakatan bersama. Intinya, harus ada evaluasi supaya bisa mengukur sejauh mana kerjasama ini berjalan dengan baik.



 

4. Bagaimana Jika Usaha Harus Berhenti?

Meskipun ini bukan hal diinginkan, ketika membuat kesepakatan join usaha Bandung, bisa saja Kerjasama ini ambyar dan joinan jadi bubar. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk membaca kembali surat perjanjian kerjasama yang dulu ditandatangani. Seberapa banyak kesepakatan itu dilanggar oleh salah satu pihak. Jangan lupa untuk menyelesaikan dengan kekeluargaan tanpa pertengkaran. Jika dirasa perlu, bisa mencari pihak ketiga untuk menjadi penengah.

Join usaha Bandung bisa berhasil dengan baik dan mendapatkan banyak untung. Empat poin di atas semoga bisa membantu mewujudkan kemitraan yang baik dan langgeng.

Intellifluence Trusted Blogger