Pilih Laman

 

Terdapat bermacam usaha ternak dengan modal 10 juta. Beternak adalah salah satu kegiatan menyenangkan. Bukan hanya mampu mengusir kebosanan atau sekadar pengisi waktu, usaha ternak jika ditekuni dengan serius mampu menghasilkan keuntungan besar, lo. Poin penting yang harus diperhatikan ketika memutuskan memulai usaha ternak dengan modal 10 juta adalah memilih jenis hewan ternak yang Anda sukai atau setidaknya Anda pahami perawatannya.

Bermacam Usaha Ternak dengan Modal 10 Juta

Dari sekian banyak usaha ternak dengan modal 10 juta, pastikan Anda mengetahui karakteristik serta perawatan hewan tersebut secara pasti. Hendak memulai bisnis peternakan? Berikut beberapa rekomendasi jenis usaha ternak dengan modal 10 juta yang mungkin cocok bagi Anda.

Ternak Bebek

Kebutuhan akan daging serta telur bebek di pasaran tidak ada habisnya. Hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin memulai beternak bebek.  Daging hewan berbulu cokelat-putih ini agak berserat, tapi tidak menurunkan angka permintaan pasar terhadap dagingnya. Tetap banyak restoran atau warung makan yang membutuhkannya .

 

Terdapat dua jenis bebek yang umum diternakkan yaitu bebek petelur dan bebek pedaging. Sesuai namanya, bebek petelur sengaja diternakkan untuk diambil telurnya. Sementara bebek pedaging memang ditujukan untuk diambil dagingnya. Jenis bebek pedaging yang biasanya dipilih yaitu bebek hibrida dan peking.

 

Di antara keduanya, beternak bebek pedaging disebut-sebut menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan bebek petelur. Selain tahapan beternak lebih mudah, keuntungan lain beternak bebek pedaging adalah pertumbuhan bebek relatif singkat yaitu hanya memerlukan waktu 40 hari saja, pemasaran mudah sebab dagingnya senantiasa dicari, selain itu bagian lain dari daging  pun memiliki nilai ekonomi  seperti bulu bebek yang kerap dibuat kerajinan dan kotorannya yang bisa dibuat pupuk.

 

Ternak Puyuh

Daging puyuh ternyata juga banyak penggemarnya, lo. Inilah salah satu usaha ternak dengan modal 10 juta yang juga cocok bagi pemula. Bermodal  awal 10 juta Anda akan memperoleh setidaknya 5000 bibit puyuh lengkap dengan pembuatan kandang dan pakannya.

 

Sewaktu memulai ternak puyuh pastikan Anda membuat kandang dengan pencahayaan cukup dan suhu stabil (20-25 0C), pilih bibit unggul,  perhatikan pula kebersihan kandang dan lakukan perawatan ternak dengan baik.  Kebutuhan puyuh terutama telurnya sangat tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan bermacam olahan telur puyuh digemari hampir semua kalangan. Fakta ini menjadi peluang bagus untuk mendapatkan laba menggiurkan.

 

Baca juga : 5 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Ternak Ayam

Usaha ternak yang satu ini sangat familier dan cukup diminati. Saat ini juga sudah banyak para pemilik usaha ternak ayam yang sukses dan mampu meraup penghasilan besar. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha ternak ayam? Carilah bibit unggul, berikan vaksin juga pakan pada ayam secara teratur, buatlah kandang, tempat pakan dan minum, sediakan bohlam, tak lupa pemanas ayam, obat-obatan, dan sebagainya.

 

Sama seperti bebek, usaha ternak ayam ini terdiri atas ternak ayam petelur dan ayam potong. Jika dilihat dari banyaknya kebutuhan pasar terhadap daging serta telur ayam, dapat disimpulkan kedunya sama-sama menguntungkan. Pembuatan kandang ayam petelur memerlukan lebih banyak biaya dibandingkan ayam potong. Jika Anda hendak membeli  ayam petelur umumnya per ekor dijual seharga Rp45.000,00. Sedangkan bibit ayam potong biasanya dihargai sekitar Rp7.000,00 per ekornya.

 

Ternak Lele

Usaha ternak dengan modal 10 juta selanjutnya yaitu ternak lele. Ikan berkumis ini banyak diolah menjadi beragam menu favorit.  Sebut saja, pecel lele, lele kremes, lele bakar, sampai dengan mangut lele. Tak heran kebutuhan ikan lele di pasar pun terus naik. Dalam memulai usaha ternak lele Anda perlu mempersiapkan kolam, biaya perawatan, serta biaya pembelian pakan lele selama beberapa waktu mendatang.

 

Anda harus memberi lele pakan secara teratur. Jenis pakan selain yang pabrikan, Anda bisa menyiapkan cacahan daging bekicot sebagai pakan organik. Ini menjadi solusi terbaik tatkala harga pakan pabrikan naik.

 

Perhatikan ukuran lele. Jika sudah besar  artinya ikan berwarna hitam dan putih ini siap dipanen. Penjualan dapat dilakukan di pasar atau bisa pula menawarkan ke warung-warung makan. Cari pelanggan terlebih dahulu sehingga kelak tak kesulitan dalam menjual lele siap panen. Keuntungan besar akan Anda rasakan tatkala usaha kian berkembang dan pelanggan semakin banyak.

Baca juga : Paket Wisata Karimunjawa dari Semarang

Ternak Sapi

Dengan modal 10 juta Anda bisa mendapatkan satu atau dua ekor sapi kecil. Usaha ternak sapi ini pun tidak kalah menguntungkan dibandingkan jenis ternak lainnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ternak sapi di antaranya, persiapan lokasi, pembuatan kandang, memilih bibit unggul, persiapan pakan ternak, waspada penyakit yang mengincar ternak sapi (penyakit mulut dan kuku, antraks, hingga infeksi salmonella).

 

Sapi dapat dijual setelah setahun. Dari hasil penjualan, Anda dapat kembali membeli anakan sapi sehingga usaha ini dapat berkembang. Kendati memerlukan waktu yang lama untuk bisa panen atau mendapatkan keuntungan, ternak sapi bisa dibilang salah satu investasi jangka panjang juga.

 

Ternak Kambing

Ternak kambing tergolong usaha ternak dengan modal 10 juta yang cukup mudah dijalankan. Kita dapat memulai dengan menyiapkan lahan, membuat kandang, dan membeli beberapa ekor anakan kambing yang sehat.

 

Kambing juga tergolong hewan ternak yang tidak membutuhkan perlakuan khusus atau mudah dalam perawatannya. Ternak kambing paling terasa keuntungannya setelah setahun kemudian (saat IdulAdha). Kendati tergolong lama untuk bisa panen laba, jika dijalankan dengan baik usaha ini mampu memberikan keuntungan berlipat mengingat kebutuhan daging kambing juga sangat tinggi.

 

Ternak Domba

Ternak domba tidak kalah mudah dengan beternak sapi atau kambing. Cari dan pelajari segala hal terkait beternak domba agar wawasan semakin luas. Domba memiliki ciri khas pada bulu yang lebat. Bulu domba biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kain wol juga hiasan dinding.

 

Beternak domba pun tidak ada matinya sebab hewan ini umumnya dicari ketika mendekati hari raya kurban. Modal 10 juta cukup untuk membeli domba-domba berukuran kecil yang siap diternakkan. Usaha ternak domba misalnya jenis domba garut memiliki potensi meraup laba besar. Mengingat tingginya permintaan pasar.

 

Ternak Ikan Hias

Beternak ikan hias? Kedengaran sangat menarik, ya. Ikan hias ada beragam jenis dan seperti kita ketahui bahwa nilai jual beberapa jenis ikan hias bisa dibilang fantastis. Terlebih apabila tren ikan tersebut sedang naik-naiknya. Pastinya bakal dicari orang. Sebut saja, tren ikan louhan, ikan koi, cupang, hingga arwana beberapa waktu lalu.

 

Dibutuhkan kejelian dalam pemilihan ikan hias yang sedang digandrungi. Selain itu, sebelum memulai usaha ternak dengan modal 10 juta ini, Anda perlu mempersiapkan tempat hidup ikan baik itu kolam atau akuarium, membeli pakan ternak, juga biaya perawatannya.

Ternak Ikan Patin

Ikan patin adalah jenis ikan konsumsi yang juga banyak disukai masyarakat. Dagingnya yang tebal dan lembut menjadi keunggulan ikan patin. Nah, beternak ikan patin merupakan pilihan terbaik dan menguntungkan. Tak berbeda dengan budidaya ikan lainnya, penting mempersiapkan kolam dengan air berkualitas baik, pakan ternak, juga pemilihan bibit ikan unggul. Bisa dimulai dari modal kecil, ada peternak ikan patin yang mampu menembus omset 30 jutaan dalam satu kali panen, lo.

 

Ternak Burung

Beternak burung juga tak kalah menguntungkan dan menjanjikan. Jenis burung yang sempat booming di kalangan pencinta hewan tersebut antara lain, love bird, murai batu, anis merah, hingga kenari.

Ini termasuk usaha ternak dengan modal 10 juta bahkan bisa dijalankan dengan modal lebih kecil. Anda harus memperkaya pengetahuan mengenai jenis burung yang dipilih. Cermati apa saja yang penting dipersiapkan, cara perawatan, jenis pakan yang cocok, dan kebersihan kandang. Dari ternak burung, Anda dapat mengantongi puluhan juta, lo.

Kesimpulan

Itulah beberapa usaha ternak dengan modal 10 juta yang dapat Anda coba. Perhatikan cara perawatan dan keperluan penting yang harus dipersiapkan. Hal ini dilakukan supaya usaha berjalan lancar dan memberikan keuntungan sesuai harapan.

 

Sumber referensi:

https://bisniz.id/

https://www.infobisnisku.com/

https://www.idntimes.com/business/

Intellifluence Trusted Blogger