Pilih Laman

Persiapan musim hujan sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum tiba masanya. Kita harus melakukan persiapan menghadapi perubahan musim, dari musim kemarau ke musim hujan. Yaps, fenomena ini terjadi setiap tahun. Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir bandang hingga tanah longsor melanda beberapa wilayah tanah air. Perubahan musim memang harus kita waspadai. Lantas, apa saja persiapan musim hujan? Apa yang harus dilakukan? Scroll up, ya!



Konsumsi Makanan Bergizi

Sebagian besar orang tidak bisa lepas dari kudapan tinggi lemak serta makanan siap saji. Cita rasa yang lezat, gurih, menggoyang lidah, dan praktis, membuat jenis makanan ini semakin digandrungi. Kamu salah satu di antaranya? Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi junkfood, fastfood, makanan juga minuman manis, tinggi lemak, serta gula.

Perlu diketahui bahwa sajian-sajian tersebut justru musuh bagi kesehatan, lo. Jagalah imunitas tubuh saat perubahan musim. Beberapa jenis bahan makanan pendongkrak daya tahan tubuh misalnya, jambu biji, jeruk, pepaya, bayam, brokoli, bawang putih, kacang-kacangan, ikan, daging, telur, dan sebagainya.

Food Preparation untuk Pemula

 

Menjaga Kebersihan

Persiapan musim hujan yang kedua adalah menjaga kebersihan. Bukan hanya kebersihan diri, kita juga wajib memperhatikan kebersihan lingkungan. Jangan abai, ya, Thinker. Terlebih saat ini masih masa pandemi. Otomatis kita harus ekstra menjaga kebersihan. Jangan biarkan sampah menumpuk dan menjadi magnet lalat serta tempat berkembang biak bakteri, bersihkan pula selokan secara teratur. Di samping itu, amat penting menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pastikan kita menggunakan masker ketika keluar rumah dan rajin mencuci tangan.



 

Persiapan musim hujan; Olahraga Teratur

Olahraga tergolong tren yang sedang naik daun di lingkup generasi milenial. Tidak harus melakukan olahraga ekstrem atau berat seperti angkat besi maupun maraton, kok. Kita cukup meluangkan waktu setidaknya 45 menit untuk berolahraga ringan setiap harinya. Jogging, jalan santai, senam, atau bersepeda menjadi beberapa alternatif olahraga yang bisa kita pilih. Kamu suka yang mana, nih, Thinker?

 

Pastikan Selalu Berpikir Positif

Tak dapat dimungkiri bahwa pikiran positif berdampak pada naiknya imunitas tubuh. So, kita harus senantiasa menyetel hati serta pikiran berada di lingkaran positif. Caranya bisa dengan menekuni hobi, bergabung bersama komunitas tertentu yang sesuai minat, aktif dalam kegiatan amal, menonton sesuatu yang menghibur, hingga menyibukkan diri dengan beragam kegiatan bermanfaat (berbisnis online, berbenah rumah, dan sebagainya).

[Tips Anak Kost] Sayuran yang Awet Tanpa Disimpan di Kulkas

 

Cukup Istirahat dan Minum

Persiapan musim hujan berikutnya adalah istirahat yang cukup. Kesibukan terkadang membuat orang mengabaikan waktu istirahat. Padahal istirahat yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh, lo. Kita disarankan untuk tidur selama delapan jam sehari. Oh, ya, Sobat Kece, perhatikan juga kebiasaan minum. Sudahkah kita konsumsi air putih sesuai saran ahli yaitu 6-8 gelas per hari?

Persiapan musim hujan ini sebenarnya berlaku jua ketika menghadapi perubahan musim yang lain. Musim kemarau ke musim hujan, dan musim hujan ke musim kemarau. Hal ini memang harus kita lakukan jauh-jauh hari sebelum masa itu tiba sehingga imunitas tubuh senantiasa terjaga. Yuk, ubah lifestyle menjadi lebih sehat!