Pilih Laman

Penipuan IndiHome maksudnya bukan IndiHome yang menipu. Tetapi pihak lain yang memanfaatkan IndiHome untuk melakukan aksi kejahatan mereka. Duuh.. meresahkan banget, ini, ya! Sama dengan kejahatan-kejahatan lainnya, tidak hanya meresahkan, kadang malah membahayakan. Makanya kita harus punya jurus mengantisipasi penipuan-penipuan seperti ini. 

Contents

Penipuan IndiHome, Seperti Apa Modusnya?

Pelaku kejahatan seperti penipuan sepertinya terus berusaha menciptakan modus baru untuk mengelabui calon korbannya. Kalau yang terjadi pada IndiHome ini mereka menyamar sebagai petugas layanan customer service. 

Saudara saya beberapa waktu lalu mendapat telepon yang mengatakan kalau ada penunggakan pembayaran Paket Internet Cepat di rumah. Beliau heran karena merasa selalu membayar tagihan wi-fi di rumah bersamaan dengan pembayaran listrik. 

Saudara saya : “Nggak mungkin saya nunggak, saya selalu bayar, kok”

CS Palsu : “Pada rekap  data kami, Ibu belum melakukan pembayaran sejak 5 bulan yang lalu”

Saudara saya : “Salah orang, kali, tuh!”

Pura-pura Menawarkan Bantuan

Lalu saudara saya ditanya nama dan email yang digunakan untuk mendaftar layanan Paket Internet Cepat IndiHome waktu itu. Alasannya untuk mengecek ulang. Saudara saya menyebutkan emailnya. Lalu CS palsu mengatakan pembayaran dari saudara saya belum masuk. Pelaku penipuan IndiHome ini menawarkan bantuan untuk mengurus kesalahan data.

Saudara saya : “Ya, tolong dibantu, lah, kan saya sudah bayar” 

CS Palsu : “Jika ada biaya yang timbul dari layanan ini apakah ibu tidak keberatan?”

Saudara saya : “Lho, masak, sih, masih pakai bayar lagi. Kan saya udah bayar”

CS Palsu : “Jika tunggakan lebih dari tiga kali dan tidak segera dilunasi, nanti urusannya sama polisi. Tapi jangan khawatir, kami akan bantu mengurusnya. Baik, bisa disebutkan nomor telpon yang ibu pakai untuk mendaftar? 

Saudara saya : “Waduh, lupa. Kayaknya pakai nomor telepon anak saya”

CS Palsu : “Ibu bisa kontak ananda, karena akan ada kode unik yang kami kirim melalui nomor telepon ananda”

Sampai di sini saudara mulai curiga ada yang nggak beres dengan penelpon yang mengaku sebagai CS Telkom. 

Saudara Saya : “Gini aja, deh, Pak. Saya ke mau ke kantor aja”

Saudara saya menutup sambungan telepon dan memblokir nomor telepon CS palsu pelaku penipuan IndiHome. Fyuhh… legaa

penipuan mengatasnamakan IndiHome

Nah, modus penipuan yang dialami saudara ini hanya salah satu contoh. Penipuan lain ada yang mendatangi rumah dan mengatakan akan melakukan perawatan jaringan, ada yang menawarkan upgrade layanan Paket Internet Cepat dengan biaya tetap, dan banyak lagi yang lainnya. Wah, kita harus hati-hati dan waspada, ya.

Antisipasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan IndiHome atau Penipuan Jenis Apapun

Produk atau layanan yang banyak penggunanya biasanya dimanfaatkan oleh orang lain untuk bertindak jahat. Ya seperti layanan Paket Internet Cepat dari IndiHome ini kan banyak penggunanya. 

Modus penipuan macam-macam, dari mulai yang sederhana sampai yang rumit. Intinya supaya kita mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka. Baik dengan sengaja atau tanpa sengaja karena membiarkan penipu menguras rekening kita. Dari man? Dari kode OTP yang mereka bilang kode unik yang harusnya kita rahasiakan. 

Nah, supaya kita terbebas dari penipuan-penipuan seperti itu, sebagai pengguna layanan Paket Internet Cepat dari Telkom Indonesia kita harus melakukan banyak antisipasi. 

Membayar Tagihan Hanya Melalui Kanal Resmi

Subscriber Indihome pasti selalu menerima informasi laporan tagihan lengkap setiap bulan. Ini sudah secara otomatis dikirim oleh Telkom ke email pribadi kita. Tempat pembayaran resmi pasti diinformasikan dalam email tersebut. Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran untuk antisipasi jika terjadi kesalahan pemasukan data. Meskipun ini jarang terjadi, ada baiknya kita berjaga-jaga. 

 

Membayar Tagihan Secara Rutin dan Tepat Waktu 

Jika kita secara rutin membayar pada tanggal tertentu, kita akan mudah mengingat bahwa kita sudah membayar. Jadi kalau tiba-tiba mengalami apa yang saudara saya alami kita tidak mudah terpancing atau terkecoh.

 

Jangan Mudah Percaya 

Jika ada yang menghubungi, mengaku dari IndiHome, jangan langsung percaya. Lakukan  crosscheck terlebih dulu. Kita bisa mengkonfirmasi informasi ke kanal resmi, di media sosial IndiHome Care, contact center 147, maupun Grapari TelkomGroup terdekat. Banyak pintu yang bisa kita gunakan untuk mengecek kebenaran

antisipasi penipuan IndiHome

Jangan Mudah Menerima  Tawaran Bantuan

Terkadang penipu IndiHome memanfaatkan keengganan kita mengurus hal yang ribet. Kita maunya serba mudah dan serba cepat. Sebaiknya sebisa mungkin lakukan sendiri. Jadilah pelanggan yang cerdas dan bijak agar terhindar dari kerugian dan selamat dari penipuan.

 

Jangan Sembarangan Bagikan Kode Apapun 

Banyak kode atau nomor penting yang bisa disalahgunakan oleh orang lain. Nomor KTP, nomor KK, kode OTP, nomor telepon atau alamat email. Ketika mengisi formulir online pastikan link tersebut mengarah ke situs resmi penyedia layanan Paket Internet Cepat 

 

Penutup

Kejahatan apapun, sebenarnya bisa dicegah dan diantisipasi. Seperti tidak memakai perhiasan yang mencolok ketika bepergian, adalah antisipasi terhindar dari penjambretan. Cyber Crime bisa kita cegah dengan bijak berinternet. Menggunakan jaringan internet hanya untuk kegiatan yang bermanfaat. Selalu lakukan cek dan cek ulang sebelum memutuskan sesuatu. Apalagi yang berkaitan dengan keuangan. Jangan segan mengontak nomor telepon resmi lembaga tertentu. Dapat juga kita gunakan akun sosial media lembaga tersebut. Jika kita ragu, bisa minta bantuan orang terdekat atau orang yang kita percaya.

Salam hati-hati dan waspada!

Intellifluence Trusted Blogger