Pilih Laman

Mengatur gaji suami 2 juta tampaknya mustahil di tengah kenaikan harga bahan-bahan pokok yang kian meroket. Kendati demikian, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan, lo. Seperti berita viral yang tersebar di media sosial beberapa waktu lalu tentang seorang ibu yang membagikan catatan anggaran belanjanya dengan gaji 2-3 juta rupiah per bulan.

Tentu harga kebutuhan pokok di masing-masing daerah itu berbeda, ya. Namun, menurut pengakuan sang ibu gaji 2-3 juta yang diterimanya tiap bulan bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Sang ibu juga mengatakan berapa pun pendapatan, mau jumlahnya besar atau kecil akan cukup asalkan kita mengelolanya dengan bijak.

Cara Mengatur Gaji Suami 2 Juta Agar Kebutuhan Tercukupi

Mungkinkah bisa mengatur gaji suami 2 juta agar semua kebutuhan tercukupi? Seperti pernyataan di atas, bijak dalam pengelolaan keuangan ialah kuncinya. Lalu, bagaimana cara mengatur gaji suami 2 juta supaya tepat sasaran?

1. Mencatat Pengeluaran

Hal pertama yang harus kita lakukan guna mengatur gaji suami 2 juta yaitu dengan mencatat pengeluaran. Buatlah sedetail mungkin rencana pendapatan serta pengeluaran. Pastikan kita tidak melewatkan satu poin saja. Hal ini dikarenakan kemungkinan terjadi kebocoran keuangan bakal lebih besar saat ada yang terlewat sebab kita mengira semua telah masuk ke dalam catatan.

Apa saja yang penting untuk dituliskan? Pertama, besar pendapatan awal, lalu pengeluaran primer (belanja kebutuhan sehari-hari, sewa rumah atau cicilan KPR, biaya sekolah anak, les, jajan anak, listrik, air, hingga kuota internet).

Selanjutnya barulah mencatat berbagai kebutuhan sekunder (family time atau piknik tipis-tipis, pembelian perabotan tertentu untuk mengganti yang lama, sampai dengan belanja pakaian baru). Dengan pencatatan yang detail, rapi, dan rinci maka kita akan lebih mudah membagi uang gaji nantinya.

Baca juga : 5 Manfaat Asuransi Kesehatan, Penting Diketahui!

2. Membuat Skala Prioritas

Penting bagi kita untuk membuat skala prioritas. Gunakan aturan 50/30/20 atau metode 80/20 sewaktu baru menerima gaji. Nah, yang dimaksud dengan aturan 50/30/20 adalah pengaturan keuangan dengan menyisihkan sebanyak 50% dari total gaji untuk keperluan pokok sehari-hari. Kemudian 30% dipakai untuk memenuhi keperluan sekunder misalnya skincare, family time, dan sebagainya. Terakhir sebanyak 20% dari gaji bisa kita gunakan untuk membayar utang.

Sementara itu metode 80/20 ialah menyisihkan gaji sebanyak 20% sebagai tabungan dan sisanya yaitu 80% dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga keinginan. Bagi Anda yang lebih suka bebas tanpa terkekang aturan anggaran yang rinci, cocok menggunakan metode 80/20 dalam mengatur keuangan rumah tangga supaya cukup.

tips mengatur gaji suami 2 juta

3. Memangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Cara mengatur gaji suami 2 juta berikutnya ialah dengan memangkas pengeluaran yang tak perlu. Kadang tanpa disadari kita melakukan pengeluaran yang sia-sia. Sebagai contoh, saat tahu tidak memiliki banyak waktu luang, malah tetap berlangganan koran. Pangkaslah berbagai kebutuhan yang tak penting sehingga dananya dapat dialihkan untuk membayar pos lain yang lebih penting.

 

4. Membayar Tagihan Secara Otomatis

Kemajuan teknologi memudahkan hidup kita, termasuk dalam melakukan pengaturan keuangan rumah tangga. Ada baiknya untuk membayar tagihan secara otomatis memanfaatkan layanan auto debit dari bank. Dengan demikian kita tak perlu was-was atau khawatir terlewat dan lupa.

Poin penting yang harus digaris bawahi ialah melakukan pembayaran tepat waktu akan membuat kita terhindar dari denda. Kendati besarannya kecil, tetapi jika uang tersebut dapat kita alihkan ke pos tabungan, lambat laun bakal terkumpul juga. Jumlah yang semula ribuan dapat beranak pinak menjadi ratusan ribu rupiah berkat kedisiplinan kita membayar tagihan sehingga bebas denda.

Baca juga : Cara Menabung untuk Umroh Orang Tua Supaya Cepat

5. Mengubah Gaya Hidup

Jika selama ini kita menjalani gaya hidup kurang sehat, sebaiknya segera putar haluan. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Olahraga teratur, makan sajian bernutrisi, penuhi kebutuhan cairan tubuh, tak lupa cukup istirahat.

Apa hubungannya gaya hidup sehat dengan sukses mengatur gaji suami 2 juta? Tentu ada kaitannya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka kemungkinan jatuh sakit akan semakin kecil. Seperti kita ketahui bahwa gangguan kesehatan termasuk dalam keperluan tak terduga. Kita tidak pernah tahu kapan bakal jatuh sakit. Ini akan berdampak pada perubahan rencana anggaran. Tentu juga mengganggu bujet yang telah dibagi ke dalam pos-pos tadi.

 

6. Mulai Berinvestasi

Investasi dapat diambil sebanyak 20% dari pendapatan kita setiap bulannya. Tampaknya sedikit, ya? Namun, tidak mengapa. Dari yang kecil apabila diputar dengan optimal maka hasilnya pun akan tampak di kemudian hari.

Mulailah berinvestasi sehingga ketika tidur pun uang tersebut akan terus bertumbuh. Jenis investasi yang cocok untuk gaji kecil misalnya, emas atau deposito. Hal yang perlu kita pahami ketika memutuskan melakukan investasi ialah uang atau barang tersebut tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Deposito berjarak 6 bulan hingga 1 tahun tergantung pilihan kita. Sementara itu emas butuh waktu setidaknya 5 tahun agar kita bisa memperoleh keuntungan dari penjualannya.

 

7. Lakukan Belanja Cerdas

Cara mengatur gaji suami 2 juta selanjutnya adalah dengan melakukan belanja cerdas. Artinya sebelum berbelanja buatlah catatan apa saja yang hendak dibeli terlebih dahulu. Jadi, ketika tiba di pasar atau swalayan kita tidak lapar mata dan malah terlena membeli barang di luar rencana.

 

Langkah Tepat untuk Menambah Pendapatan

Cara mengatur gaji suami 2 juta telah kita bahas di atas. Nah, pastinya orang ingin kehidupan yang lebih baik, ya. Karena itu, coba beberapa tips di bawah ini guna menambah pendapatan.

1. Memperkaya Keterampilan

Selain investasi dalam bentuk emas, deposito, maupun saham, tak kalah penting bagi kita untuk melakukan ‘investasi leher ke atas’ atau dengan kata lain memperkaya keterampilan serta pengetahuan. Langkah yang bisa dilakukan ialah dengan mengikuti beragam training baik online atau offline sesuai bujet. Selain itu, kita bisa memperoleh berbagai ilmu melalui video-video gratis Youtube dan ragam artikel di internet.

2. Mencari Kerja Sampingan

Kerja sampingan yang dimaksud ialah mencari pekerjaan guna membantu suami menambah pendapatan. Usahakan tempat kerja tak jauh dari rumah dan pulang di sore hari. Jika Anda memiliki buah hati, titipkan si kecil kepada orang-orang yang Anda percaya. Risikonya, Anda harus menyiapkan dana yang diambil dari sebagian gaji untuk membayar mereka. Asal hasil yang didapatkan sebanding, tidak masalah mencari pekerjaan sambilan.

3. Mencoba Dunia Online

Dunia online kian Populer. Jika kita amati banyak peluang meraup cuan di dalamnya. Sebagai contoh, membuka online shop, menjadi reseller, menjual jasa, melamar sebagai admin online, membangun blog, menjadi influencer dan masih banyak lagi. Kaitannya dengan poin pertama, kita wajib menambah keterampilan agar peluang memperoleh pekerjaan online makin besar.

4. Lakukan Pekerjaan Rumah Sendiri

Lakukan pekerjaan rumah sendiri alih-alih menggunakan jasa asisten rumah tangga. Jika Anda melakukan ini setidaknya tak harus membayar dobel, pengasuh anak dan asisten rumah tangga. Lelah itu pasti, tetapi setiap pilihan tentu mempunyai risiko. Jika Anda ingin penghasilan dapat disisihkan lebih banyak atau menambah pendapatan selain dari gaji suami, maka melakukan pekerjaan rumah sendiri adalah pilihan utama yang harus diambil.

Kesimpulan

Tak mustahil mengatur gaji suami 2 juta supaya bisa mencukupi kebutuhan. Lebih bijak dan hindari pemborosan. Lakukan pencatatan dan perencanaan dengan matang. Dengan demikian pendapatan besar atau kecil akan cukup bahkan ada lebih untuk ditabung.

Sumber referensi:
https://www.inews.id/finance/keuangan/cara-mengelola-gaji-2-juta-per-bulan-supaya-kebutuhan-tercukupi
https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengatur-gaji-2-juta
https://blog.investree.id/menabung/inilah-5-cara-mengatur-uang-gaji-2-juta-wajib-tahu/

 

Intellifluence Trusted Blogger