Pilih Laman

Parcel sembako lebaran menjadi salah satu bisnis yang naik daun terlebih menjelang bulan puasa dan Idulfitri. Parcel ini berisi sembako seperti gula, minyak, tepung, mie instan, teh, beras, kecap, sarden, dan sebagainya. usaha parcel sangat cocok bagi para pemula. Jadi, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha parcel sembako lebaran?

Usaha Parcel Sembako Lebaran, Bagaimana Memulainya?

Usaha parcel lebaran memberi peluang bisnis manis, meskipun sifatnya musiman. Artinya tidak setiap saat usaha ini ramai peminat. Namun demikian kemungkinan laris manis cukup besar. Parcel dengan harga murah sampai yang mahal tetap memiliki pembeli masing-masing. Untuk memulai bisnis parcel sembako lebaran, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini;



 

1. Menjadi Reseller Lebih Dulu

Di awal tentu Anda sedikit bingung mencari supplier produk-produk sembako yang murah. Oleh sebab itu, lebih baik jadi reseller terlebih dahulu. Dengan demikian Anda tak perlu susah payah mencari supplier guna membuat parcel sembako lebaran. Carilah supplier parcel yang ready. Anda hanya perlu mengambil selisih harga untuk bisa memperoleh keuntungan. Selagi menjadi reseller, Anda dapat mengamati cara kerja bisnis ini.

Baca juga : Usaha Makanan Ringan Serba 2000 yang Laris Manis

2. Mau Belajar

Memulai bisnis parcel sembako lebaran tidak bisa sembarangan. Semua usaha membutuhkan ilmu. Tanpa ilmu segalanya akan berantakan. Tampak mudah, bisnis parcel sembako lebaran nyatanya tak sesederhana yang dibayangkan. Kalau Anda bercita-cita ingin membuka usaha ini suatu saat, Anda harus belajar dari pelaku usaha yang sudah terjun lebih dahulu. Dimulai dengan mencari tahu supplier sembako murah, cara menghias, pengemasan, sampai trik promosi serta menggaet calon pelanggan. Bisnis ini termasuk jenis usaha yang membutuhkan kreativitas. Parcel sembako lebaran yang cantik pasti mampu menarik minat pembeli. Carilah inspirasi cara menghias parcel lebaran di internet. Anda dapat mempelajari sekaligus mempraktikannya secara langsung apabila sudah merasa siap.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Untuk membuat parcel sembako lebaran butuh modal lumayan besar. Hal ini dikarenakan terkadang Anda harus menyelipkan produk-produk premium ke dalam parcel. Produk sejenis ini harganya tentu lebih mahal. Jadi, pastikan Anda mempunyai modal yang cukup.

Untuk menyiasati masalah permodalan, Anda bisa memanfaatkan pembelian dengan sistem PO atau pemesanan di awal. Untuk itu Anda perlu menyiapkan perangkat promosi berupa flyer atau video. Persiapkan juga admin yang bertanggungjawab mengelola pemesanan.



 

4. Ambil Untung yang Wajar

Jangan mengambil untung terlalu besar dari penjualan parcel lebaran. Bila tidak merangkai parcel sendiri, carilah supplier yang mau memberikan harga terjangkau sehingga Anda dapat menjualnya dengan mudah. Bila harga dari supplier parcel murah, jangan pula menaikkan harga terlalu mahal. Bikin pembeli kapok. Ingatlah bahwa Anda menginginkan usaha bertahan lama dan para pembeli nantinya menjadi pelanggan. Kalau harganya saja sudah bermasalah, bisa-bisa pembeli tidak akan kembali.

Baca juga : Kerjasama Distributor Sembako dengan Perusahaan Terpercaya

5. Perhatikan Kondisi Produk

Penting bagi Anda untuk meneliti sebelum membeli. Perhatikan kondisi produknya. Lihat apakah ada kerusakan pada kemasan. Cermati pula tanggal kedaluwarsa serta label halal. Pastikan tanggal kedaluwarsa produk masih lama sebab ada pembeli yang tidak langsung membuka parcel. Mereka memilih menyimpannya dulu. Bisa dibayangkan kalau Anda memilih produk yang tanggal kedaluwarsanya mepet. Ini bisa membuat ulasan pembeli terhadap produk Anda merosot.

 

6. Pilih Kemasan Sesuai Momen

Sesuai namanya parcel sembako lebaran pastinya diberikan kepada sanak saudara atau relasi jelang hari raya Idulfitri. Biasanya untuk menyambut momen istimewa seperti hari-hari besar keagamaan, perusahaan bahan makanan atau minuman juga mengeluarkan desain kemasan khusus. Sebut saja, produk mie instan. Jelang Lebaran kemasan mie instan yang biasanya putih polos, akan dipercantik dengan desain khas Lebaran seperti gambar ketupat. Jangan ragu untuk menambahkan produk berdesain kemasan khusus, sebab ini menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli.

Baca juga : 7 Ide parcel lebaran harga 50rb untuk Keponakan

7. Manfaatkan Media Sosial

Promosi akan berpengaruh terhadap penjualan. Selain mengenalkan produk secara offline atau dari mulut ke mulut, Anda dapat memanfaatkan media sosial guna memperkenalkan produk dan menjangkau pembeli lebih luas. Saat ini siapa sih yang tidak akrab dengan sosial media? Nah kita bisa manfaatkan kemajuan teknologi ini untuk menarik perhatian calon pembeli dengan berpromosi lewat media sosial.

Penggunakaan teknik marketing yang tepat sekaligus menarik akan membantu Anda menjangkau semakin banyak calon pembeli. Gunakan video yang membuat calon pelanggan penasaran lalu mencari informasi lebih jauh tentang produk yang dipromosikan.



 

Penutup

Bisnis parcel sembako lebaran jika digeluti akan memberikan keuntungan lumayan. Di awal Anda hanya harus rajin melakukan promosi dan memperkenalkan produk. Sebaiknya promosi dilakukan jauh sebelum lebaran, kira-kira 2 atau 3 bulan sebelumnya. Jika Anda melakukan promosi menjelang lebaran, akan butuh banyak biaya untuk berpromosi dengan lebih gencar.

Cara lain berpromosi lebih hemat adalah melelui marketplace. Jangan ragu untuk memajangnya di marketplace. Untuk pertama bisa menggunakan fasilitas biasa dari marketplace yang Anda pilih. Jika peluang tampak bagus baru disarankan untuk mengikuti program khusus dari marketplace seperti iklan atau akun penjual pilihan.

Pelajari pula cara pengiriman parcel ke luar kota, bagaimana aturan yang berlaku, baik soal packing khusus atau layanan khusus. Dengan mempelajari ketentuan yang berlaku di ekspedisi,  bila ada pesanan Anda sudah siap.

Salam Sukses

 

idekece.my.id

Sumber referensi:

https://www.kompas.com/food
https://blog.mokapos.com

 

Intellifluence Trusted Blogger