Pilih Laman

Kerjasama distributor sembako adalah usaha yang cukup menjanjikan saat ini, bahkan untuk masa depan. Mengapa? Karena sembako adalah kebutuhan pokok setiap keluarga. Sembako akan menjadi barang yang selalu dicari dan dibeli oleh pelanggan. Itulah mengapa membuka usaha menjual sembako, adalah ide bisnis bagus, baik partai kecil sekelas warung kelontong hingga distributor sembako.

Kerjasama Distributor Sembako

Sebelum memutuskan membuka usaha distributor sembako ada baiknya kita pelajari beberapa hal, agar usaha lancar dan sukses. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan membuka usaha kerjasama distributor sembako.

Baca juga : 5 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Adakah pembeli potensial?

Di tempat yang Anda pilih untuk mebuka usaha pemasok bahan perluan sehari-hari, adakah pembeli potensial yang mungkin akan menjadi pelanggan toko grosir Anda? Karena usaha yang dibuka adalah distributor, pastikan di sekitar tempat usaha Anda terdapat warung-warung atau toko kelontong kecil sebagai penjual sembako eceran. Mereka inilah yang akan menjadi pembeli potensial usaha Anda.
Daerah-daerah yang mungkin terdapat pembeli potensial Anda adalah daerah pemukiman, daerah dengan banyak pabrik, atau dekat dengan pasar.



 

Mencari pemasok Sembako

Ketersediaan stok menjadi hal penting yang tidak boleh Anda lupakan. Jangan sampai ketika ada orang datang ke tempat usaha Anda dan berkata “Pak, saya minta beras 10 karung” kita menjawab “Waduh, maaf tinggal 2 karung”. Jika ini terjadi, bisa-bisa pembeli berpindah ke distributor lain yang memiliki stok aman.

Untuk itu, Toko Anda harus siap dengan backup penyedia stok sembako sehingga apapun dan berapapun pembeli butuhkan toko grosir Anda bisa memenuhi. Untuk mendapatkan pemasok yang bisa diandalkan tentu tidak mudah. Perlu melakukan survey sebelum menentukan pilihan pemasok toko kita.
Cara mencari pemasok sembako salah satunya dengan mengunjungi situs resmi. Cara ini lebih aman, karena kita berhubungan dengan lembaga resmi produsen.

Kerjasama Distributor Sembako Tepung

Menentukan Harga

Pertimbangan berkutnya adalah menentukan harga jual di toko grosir kita. Karena level toko kita adalah distributor atau toko grosir, tentu saja harga akan menjadi alasan mengaoa mereka harus memilih belanja di toko kita.
Untuk mendapat gambaran harga pasaran produk yang kita jual, kita harus melakukan riset pasar. Jika kita memiliki banyak data harga jual beras, tepung, minyak dan bahan pokok lainnya kita akan bisa menentukan harga jual di toko kita.

Baca juga : Ide Bisnis Unik Mahasiswa Sarana Belajar Wira Usaha

Menentukan Modal Usaha

Yang tidak kalah penting adalah menentukan modal usaha Kerjasama Distributor Sembako yang akan Anda buka. Makin besar modal yang Anda miliki makin leluasa untuk menentukan bagaimana bisnis sembako ini akan dibangun.
Yang terpenting dari permodalan ini adalah pertanggung jawaban terhadap pengelolaannya. Jangan sampai Anda merugi karena kekurang hati-hatian dalam mengelola modal. Jika modal yang Anda gunakan adalah dana talangan atau utang, maka pastikan pembayaran utang menjadi hal yang utama.

Mengelola Usaha dengan Tepat

Mengelola sebuah usaha, apalagi usaha baru seperti Kerjasama Distributor Sembako ini, kita perlu menggunakan cara-cara sesuai dengan tren yag berlaku saat ini. Penggunaan media promosi yang tepat, cara beriklan yang menarik akan mendongkrak kesuksesan usaha Anda.

Untuk itu perlu dipersiapkan website resmi usaha, akun media sosial, jika perlu akun marketplace populer. Semua ini akan menjadi gerai virtual bagi toko grosir sembako Anda. Orang akan mudah menemukan toko Anda, bahkan akan lebih banyak orang (calon pelanggan) terjaring lewat gerai virtual ini.



 

Pelayanan prima akan menjadi modal kesuksesan usaha Anda. Letakkan ini menjadi prioritas utama dalam pengelolaan usaha Anda. Sebagai bagian dari usaha melakukan pelayanan prima pada pelanggan, Anda bisa bergabung dengan komunitas sesuai dengan usaha Anda. Sebagai contoh komunitas peritel sembako, perkumpulan usaha toko kelontong, dan lain-lain. Melalui komunitas ini, Anda akan mendapat banyak informasi mengenai tren pasar, mendapat data calon pelanggan, dan berbagai informasi penting lainnya yang akan bermanfaat untuk menentukan strategi pengelolaan usaha Anda.

Baca juga : Join Usaha Bandung, Hati-hati Jangan Sampai Buntung

Cara Membuat Kerjasama Distributor Sembako

Nah, kini saatnya kita bahas bagaimana cara membuat atau membuka kerjasama distributor sembako. Yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan permohonan resmi pada lembaga atau produsen produk baham pokok. Setiap lembaga akan meminta persyaratan yang berbeda, tetapi secara umum Anda perlu menyiapkan dokumen resmi. Dokumen resmi tersebut berisi informasi dasar tentang usaha, seperti nama, alamat, jenis usaha, penanggung jawab, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kesiapan modal sebagai distributor sembako.

Beberapa Contoh Pabrik Sembako

1. Perusahaan Tepung Terigu

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.
PT Eastern Pearl Flour Mills.
PT. Bungasari Flour Mills IIndonesia
PT. Sriboga Flour Mills.
PT. Panganmas Inti Persada.
PT. Pundi Kencana Flour.
PT. Agri First Indonesia.

Kerjasama Distributor Sembako Minyak

2. Perusahaan Minyak Goreng

Salim Ivomas Pratama Tbk.
Smart Agribisnis and Food
PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA)

3. Perusahaan Gula Pasir

Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar
Pabrik Gula Rejosari Magetan
Pabrik Gula Rendeng Kudus
Pabrik Gula Bone
PT Sumber Muatiara Indah Perdana Dumai

4. Pabrik Beras

Sindang Asih Cianjur
PT Buyung Poetra Sembada Sumatera Selatan
PT. Wilmar Padi Indonesia Mojokerto
PT Lumbung Padi Indonesia Jawa Timur

Di atas hanya sebagian contoh perusahaan atau pabrik yang bisa menjadi referensi pemasok dan tempat Anda membuka kerjasama distributor sembako. Selain data di atas masih banyak lagi yang bisa Anda temukan situs resminya di internet.



 

Penutup

Data adalah hal penting yang perlu Anda kumpulkan sebelum memulai usaha Kerjasama Distributor Sembako. Beberapa perusahaan tersebut bisa anda cari datanya di https://kemenperin.go.id/direktori-perusahaan. Anda juga bisa mengakses https://www.pertanian.go.id/ untuk mendapatkan informasi pemasok beras. Bagaimana dengan gula pasir? Anda bisa mengakses di https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_pabrik_gula_di_Indonesia. Sedangkan untuk komoditi lain selain yang tertulis di atas bisa dicari informasinya di situs resmi kementrian terkait. Dengan informasi tersebut Anda bisa menentukan bagaimana Anda menjalankan usaha

 

Referensi :

https://www.smart-tbk.com/produk/minyak-sawit/minyak-goreng

6 Tips Penting Untuk Menjadi Agen Sembako Yang Sukses

https://bukausaha.com/cara-kerjasama-distributor-sembako

Front page

Intellifluence Trusted Blogger