Pilih Laman

Koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menjadi kriteria Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang aman dan tepercaya. Perlu diketahui bahwa tidak semua koperasi simpan pinjam itu resmi. Banyak juga investasi bodong berkedok koperasi simpan pinjam yang mulai marak dan meresahkan.

Bermacam Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK Lengkap dengan Alamatnya

Koperasi simpan pinjam sangat membantu masyarakat yang ingin menabung maupun meminjam dana dengan bunga rendah. Tujuan didirikannya koperasi simpan pinjam secara umum adalah guna memenuhi keperluan ekonomi, budaya, dan sosial secara bersama-sama.

Namun, jika Anda hendak bergabung menjadi anggota di sebuah koperasi simpan pinjam yang baru berdiri, sebaiknya teliti dan ulik informasi KSP tersebut. Pastikan itu lembaga keuangan mikro resmi, ya. Untuk memudahkan Anda menentukan KSP tepercaya, di bawah ini adalah data koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK seperti dilansir laman ojk.go.id.

Koperasi LKM Bulu Makmur

Alamat: Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri,  Jawa Tengah

Telp: 0823-2601-1145

 

Koperasi LKM Sido Mulyo

Alamat: Desa Kopen, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Telp: 0852-2947-3330

 

Koperasi LKM Pondok Subur

Alamat: Desa Pondoksari, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Telp: 085293584009

 

Koperasi LKM Ngudi Lestari

Alamat: Tampakan RT 01/06, Sanan, Girimarto, Wonogiri, Jawa Tengah

Telp: 081329646111

 

Koperasi LKM Agribisnis Ngudi Luhur

Alamat: Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Telp: 087835583815

 

Koperasi LKM Agribisnis Tani Makmur

Alamat: Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Telp: 0852-9222-0933

 

Koperasi LKM Agribisnis Randu Makmur

Alamat: Jalan Ponpes Nurul Falah, Desa Tegalrandu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Telp: 0818-0279-0428

 

Koperasi LKM Sejahtera Karya Mandiri

Alamat: Jalan Honggo Wacono No. 10, Kelurahan/ Kecamatan Pringapus, Semarang, Jawa Tengah

Telp: 0857-2788-4168

 

PT LKM Badan Kredit Produksi Desa Mitra Sejahtera Ungaran

Alamat: Jalan Tunggrono Kios Pasar No. 9, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Telp: 0815-655-6601

 

Koperasi LKMA Blorok Makmur Sejahtera Kendal

Alamat: Jalan Wonosari 04 Blorok, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Telp: 0812-2868-0249

 

Koperasi LKMA Sido Rukun

Alamat: Desa Karangsuno RT 02/ RW 02, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah Telp: 081932866375

Sebetulnya masih banyak koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK seperti disebutkan dalam laman resminya. Di atas merupakan beberapa contoh KSP tepercaya di Jawa Tengah.

 koperasi simpan pinjam yang terdaftar

Fungsi Koperasi Simpan Pinjam

Setelah Anda mengetahui apa itu koperasi simpan pinjam dan beberapa koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana lembaga keuangan mikro ini bekerja.

Layaknya koperasi pada umumnya, fungsi KSP antara lain melakukan pengelolaan modal  dari simpanan pokok, simpanan wajib, serta simpanan sukarela anggotanya. Koperasi simpan pinjam pun memperoleh dana dari uang cadangan sisa hasil usaha (SHU), hibah, serta pinjaman pengurus.

Contoh Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam ada beragam jenisnya. Berikut beberapa di antaranya.

Koperasi Pasar (KPS)

Jenis koperasi simpan pinjam yang pertama adalah koperasi pasar atau dikenal pula dengan KPS. Koperasi ini dikelola oleh pasar dan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan para pedagang pasar. Selain menjadi kabar baik bagi seluruh pedagang dan pekerja pasar, adanya koperasi pasar ini juga mampu mempererat hubungan para anggota yang bekerja di pasar, sebut saja pedagang, tukang parkir, kuli panggul, tukang becak, dan sebagainya.

 

Koperasi Unit Desa (KUD)

Berikutnya ada koperasi unit desa atau dikenal dengan KUD. Dikelola oleh pihak desa, tujuan berdirinya KUD ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan. Ada yang menyebutnya sebagai koperasi serba usaha (KSU). Hal ini dikarenakan KUD tak sebatas melayani simpan pinjam uang, melainkan juga berupaya untuk memenuhi keperluan di sektor konsumsi, produksi, jasa, hingga pemasaran.

 

Koperasi Kredit (KKD)

Kehadiran lembaga keuangan mikro yang satu ini amat membantu masyarakat dan sifatnya tidak tetap.Umumnya KKD terdiri dari kelompok kecil misalnya, arisan.

 

Struktur Organisasi Koperasi Simpan Pinjam

Sebelum Anda bergabung menjadi anggota koperasi tertentu, alangkah baiknya Anda pelajari seperti apa struktur organisasi koperasi simpan pinjam tersebut. Sama dengan lembaga atau perusahaan pada umumnya, koperasi simpan pinjam pun harus memiliki struktur organisasi lengkap supaya segala hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional di dalamnya dapat ditangani sebaik mungkin.

Secara umum struktur organisasi koperasi simpan pinjam terdiri atas penasihat, pengawas, serta pengurus. Di bawah pengurus, kita akan melihat adanya posisi manajer juga kepala administrasi yang memimpin lingkup masing-masing. Contohnya adalah lingkup sumber daya manusia, lingkup kredit, lingkup pengawasan, lingkup kepatuhan, dan sebagainya.

Jenis koperasi simpan pinjam bisa dibedakan sesuai dengan wilayah keanggotaannya.

Pertama, KSP Primer yang merupakan koperasi beranggotakan masyarakat dari satu kelurahan atau desa. Terdiri atas sedikitnya 20 orang, anggota KSP Primer merupakan orang-orang dengan kepentingan ekonomi serupa. Contoh koperasi primer yaitu KUD dan koperasi pegawai.

Kedua, KSP Sekunder yang merupakan koperasi beranggotakan koperasi primer. Bertujuan untuk efisiensi dan pemusatan dengan cakupan wilayah meliputi kabupaten, kota, hingga provinsi. Contoh koperasi sekunder yaitu  Pusat Koperasi Pegawai Negeri (PKPN) atau Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).

Apa Saja Syarat Meminjam Uang di KSP?

Keperluan mendesak memaksa seseorang putar otak untuk bisa memperoleh pinjaman. Salah satu pilihan paling tepat ialah meminjam di koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK. Selain lebih aman, bunga yang ditetapkan juga termasuk ringan, lo. Jadi, tidak ada salahnya mendaftar sebagai anggota di salah satu koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK.

Anda akan memiliki simpanan dengan bunga lumayan besar, tapi tidak bingung juga saat membutuhkan uang mendadak. Lakukan peminjaman berbunga kecil di koperasi.  Lantas, apa saja syarat meminjam uang pada koperasi simpan pinjam?

Beberapa koperasi memiliki syarat khusus yang diperuntukkan bagi para anggota yang hendak melakukan peminjaman uang. Berikut syarat umum yang harus dilengkapi sebelum meminjam uang:

  • Menjadi anggota koperasi
  • Lengkapi formulir pengajuan pinjaman terlebih dahulu
  • Sertakan dokumen-dokumen pendukung antara lain KTP, Kartu Keluarga, NPWP, slip gaji, rekening listrik, serta surat nikah (bagi anggota yang telah berkeluarga)
  • Jika tujuan peminjaman dana adalah untuk kebutuhan usaha, jangan lupa sertakan surat jaminan misalnya, BPKB hingga sertifikat tanah.

Apabila syarat-syarat sudah dipenuhi, pinjaman tak langsung turun. Kita harus menunggu peninjauan koperasi terlebih dahulu. Pihak koperasi akan menimbang dan menilai apakah kita layak mendapatkan pinjaman atau dengan kata lain pengajuan disetujui.

Bila pengajuan telah mendapatkan persetujuan, Anda harus mematuhi semua hal yang tercantum dalam perjanjian pinjaman koperasi, termasuk besaran bunganya. Umumnya bunga pinjaman koperasi tergolong rendah. Hal ini mengacu pada konsep koperasi yaitu memberikan bunga pinjaman serendah-rendahnya bagi para anggota. Jumah besaran bunga berkisar antara 3-5% tiap bulan.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai koperasi simpan pinjam yang terdaftar di OJK lengkap dengan alamat dan berbagai informasi penting terkait KSP. Apakah Anda berminat untuk menjadi anggota koperasi? Pastikan memilih koperasi tepercaya yang profesional dan berpengalaman, ya.

 

Sumber referensi:

https://centrausaha.com/

https://kumparan.com/

https://www.alamatelpon.com/

 

 

 

Intellifluence Trusted Blogger