Pilih Laman

Cara packing kosmetik mungkin menjadi hal yang cukup membuat pusing para penjual online. Apa pasal? Kosmetik ini kan barang yang rawan rusak, jadi harus dibawa dengan hati-hati. Apalagi untuk kosmetik yang dikemas dalam botol kaca, perlu perlakuan khusus ketika mengirimnya.

Cara Packing Paket Kosmetik yang Aman

Saat ini semakin tinggi kesadaran perempuan Indonesia untuk merawat diri. Tak heran bisnis kosmetik di Indonesia makin menggairahkan. Barang-barang untuk keperluan perawatan wajah dan kulit menjadi item yang banyak dicari di marketplace. Ini tentu berita gembira untuk pelaku bisnis online shoping.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diingat ketika akan mengirim paket kosmetik pada pelanggan.

1. Pemilihan Pembungkus Paket

Ketika memilih pembungkus paket kosmetik, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Jenis kosmetik

Jenis kosmetik meliputi kosmetik cair, krim dan padat. Untuk membungkus kosmetik cair tentu akan berbeda dengan jenis kosmetik padat. Jika jenis kosmetik adalah cairan, maka pilihlah kardus tebal sebagai pembungkusnya. Jika perlu menggunakan packing kayu supaya aman sampai tujuan.

Jenis dan Ukuran kemasan kosmetik

Kosmetik dengan kemasan botol kaca harus dibungkus dengan pembungkus yang mampu melindungi dengan baik. Demikian juga mengenai besar kecilnya ukuran kemasan. Pembungkus harus disesuaikan supaya kosmetik tidak rusak selama perjalanan.

Jumlah kosmetik yang dikirim

Mengirim satu kemasan mungkin mudah, tetapi jika ebih dari satu atau dalam jumlah banyak, maka perlu dipilih pembungkus paket kosmetik yang sesuai. Pertimbangannya adalah supaya barang tetap aman meskipun terguncang dalam perjalanan dan saling berbenturan.

2. Pemilihan Bahan Pengaman Paket

Cara packing kosmetik yang aman adalah menyesuaikan pengaman yang ditambahkan sebelum mengemas paket. Banyak pilihan pengaman yang bisa digunakan, seperti bubble wrap, kertas koran bekas, potongan kertas, atau potongan kardus.

 

3. Cara Khusus Mengemas Paket Kosmetik

Cara packing kosmetik yang khusus di sini maksudnya jika kita mengirim lebih dari satu kemasan. Saat mengirim lebih dari satu kemasan kosmtik, maka bungkus dengan pengaman yang sesuai masing-masing kemasan kosmetik. Ini menghindari benturan langsung pada saat perjalanan. Masing-masing kemasan bisa dibalut atau dibungkus dan diamankan dengan selotip atau lakban.

4. Letak Penulisan Alamat Penerima Paket Kosmetik yang Disarankan

Usahakan kemasan kosmetik dalam posisi berdiri untuk menghindari tertumpah. Untuk itu pastikan meletakkan kertas berisi alamat penerima di bagian atas dari paket. Pembaca paket akan cenderung meletakkan alamat pada bagian atas.

5. Keterangan Khusus Pada Paket Kosmetik

Tulis atau tempel tanda khusus seperti “fragile” atau “handle with care” atau keterangan khusus lain supaya pembawa paket lebih berhati-hati.

Nah, itu dia cara packing kosmetik yang aman sampai tujuan, semoga bermanfaat, ya.

Intellifluence Trusted Blogger