Pilih Laman

Aman dan nyaman berbelanja online menjadi idaman setiap buyer atau pembeli toko online. Sudah pasti pembeli mengeluarkan uang untuk belanja online itu supaya terpenuhi kebutuhannya. Lebih dari itu pembeli pasti ingin mendapatkan kepuasan. Dapat barang bagus, harga murah dan pengiriman cepat dan aman, komplit lah pokoknya. Demikian juga bagi seller atau penjual toko online. Sama juga mereka juga ingin aman dannyaman berjualan online. Nah, saya dapat trik dan tips aman berbelanja dari penyedia jasa pengiriman Tiki. Lebih tepatnya dari mas Rudi Cahyadi, Marketing Communication Manager TIKI. Tips ini saya dapat saat saya mengikuti zoom interaktif hasil kolaborasi Tiki dan KEB (Kumpulan Emak Blogger), pada hari Selasa, 14 Juli 2021.

Berbelanja Online Paling Aman dan Nyaman

Cara belanja baik dan benar harus kita lakukan supaya terhindar dari penipuan online shop. Hari gini, soal keamanan transaksi online menjadi yang utama bagi kita yang berbelanja. Setelah merasakan aman, baru kita cari marketplace yang nyaman untuk berbelanja online.

Sebelum kita bicara bagaimana aman bertransaksi secara online, baiknya kita sepakati dulu utntuk mengutamakan kebutuhan. Jadi saat akan klik beli pada keranjang belanjaan toko online, pastikan kita beli barang yang kita butuhkan. Hindari, bahkan jangan sampai kita membeli hanya karena ingin, apalagi dengan alasan gabut, big no no, deh. Kita bakal menyesal nanti kalau hanya menuruti keinginan yang tidak jelas.

4 Langkah Belanja Online Paling Aman

tips berbelanja online aman

Nah, sekarang kita kulik tips aman dan nyaman berbelanja online.

1. Cari Tahu Reputasi Penjual

Kalau boleh kasih saran, pilihlah toko resmi dari brand atau merek yang ingin kita beli. Jika kita belanja di marketplace, maka pilihlah official store brand tersebut. Atau bisa langsung beli ke website resmi dari merek favorit kita. Ini langkah paling aman untuk mencegah tertipu dari transaksi online. Dengan membeli dari gerai resmi, kita tidak perlu was-was dapat kiriman barang palsu atau tidak berkualitas. Brand favorit kamu akan mempertaruhkan reputasinya sehingga yang sampai ke tangan pemesan pasti barang yang berkualitas.

Kalau nggak dapat official store, gimana, dong? Nah, kalau nggak ada toko resminya, kamu tetap bisa berbelanja di online shop lain. Bisa melalui marketplace atau online shop random yang bertebaran di IG. Tips untuk berbelanja di random online shop ini adalah

Status toko aktif?

Jika jawabannya iya kamu bisa lanjut ke tips selanjutnya. Toko yang aktif berarti ada kegiatan di sana, ada aktifitas jual beli toko online.

Cek Usia Toko

Seberapa penting mengecek usia toko? Dari usia toko (bisa diketahui keterangan bergabung di marketplace sejak kapan) kita bisa ketahui seberapa banyak pengalaman online shop tersebut. Biasanya ditandai juga dengan sedikit banyaknya barang pajangan. Meskipun ini tidak mewakili usia toko secara lansung, tetapi jumlah barang yang dijual bisa sedikit menunjukkan kesibukan tokonya.

Cek Testimoni Pembeli

Pilih mana belanja di onlinestore bintang 5 atau bintang 2? Pasti yang punya label bintang 5 dong, ya. Nggak hanya itu, silakan cek juga testimoni dari pembeli, kalau nggak ada testimoni negatif, toko ini aman untuk tempat berbelanja online.

Cek Ulasan Produk

Mengetahui komentar pembeli terhadap barang yang mereka terima juga penting, loh. Dari ulasan pembeli kita bisa tahu banyak informasi yang mungkin kita butuhkan. Misalnya perawatan barang atau tips lainnya.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Ini yang penting dan perlu digarisbawahi. Biasanya para penipu mencari celah dengan tawaran harga murah. Justru kita perlu hati-hati kalau toko memasang harga jauh lebih murah dibanding toko online lainnya. Ada baiknya kita bandingkan dengan gerai atau toko lain, sehingga kita bisa dapat gambaran harga rata-rata. Waspada dengan harga yang tidak wajar seperti terlalu murah atau bonus terlalu banyak dan nggak masuk akal, seperti free ongkir seluruh Indonesia, misalnya. Yang wajar adalah free ongkir dengan syarat dan ketentuan khusus.

3. Pilih Cara Pembayaran yang Aman

Kalau tadi diatas aku bahas tentang memlih toko resmi, masih ada kaitannya dengan tips tersebut, yaitu memilih cara pembayaran ke marketplace. Jangan sampai membayar langsung ke penjual. Misalnya nih, penjual menawari kita (lewat chat room) pengiriman lebih cepat dengan transfer langsung ke penjual. Mending tolak aja, dan ganti belanja di toko online lainnya.

Kalau kita beli di IG, gimana? Nah, kalau kita belanja langsung ke penjual melalui DM sosmed, aturan nomer 1 diperhatikan. Pastikan reputasi toko baik, usia toko cukup lama, testimoni positif dan review juga merekomendasikan.

4. Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Tips terakhir ini penting juga untuk diperhatikan, bagi pembeli toko online. Mengapa perlu memlilih jasa pengiriman yang terpercaya? Biasanya penyedia jasa memiliki berpengalaman bertahun-tahun mengelola pengiram barang. Penyedia jasa seperti ini pasti sudah memiliki banyak gerai, kantor cabang ada di berbagai kota, bahkan hingga pelosok kabupaten.
Pengalaman yang dimiliki membuktikan seberapa banyak dan seberapa sering ekspedisi ini mengantar paket-paket ke berbagai daerah. Dengan demikian barang yang kita pesan akan sampai di tangan dengan aman.

Percayakan Paket pada Jasa Pengiriman yang Berpengalaman

Sama dengan bagaimana memilih penjual yang amanah, soal memilih kurir pengiriman terpercaya juga ada triknya. Yang pertama cek sudah berapa lama jasa pengiriman ini beroperasi, makin lama berdiri makin banyak pengalaman mengelola jasa pengiriman. Cek juga daya jangkau pengiriman, cara mudahnya kalau kamu punya teman di daerah, coba tanyakan adakah gerai jasa pengiriman paket yang kamu maksud. Hindari memilih jasa pengiriman paket yang mengobral banyak promo. Sama dengan barang yang terlalu murah yang perlu diwaspadai, kebanyakan promo juga perlu dicermati.

Tiki, Jasa pengiriman Berpengalaman dengan Jangkauan Luas

Oh, iya pada online zoom lalu, selain mas Rudi Cahyadi dari Tiki, hadir juga sebagai narasumber adalah Mak Rina dari Bandung yang menggeluti bisnis jual online tanaman hias. Usaha dengan akun Instagram @anggrek.hias ini justru moncer sejak pandemi. Salah satu yang membuat usahanya maju adalah keberadaan Tiki yang membantunya mengirim bunga pesanan kliennya. Menurut Mak Rina, sekarang usaha tanaman hias dan ekspedisi pengiriman pilihannya malah tambah pesat. Hal itu sejak Tiki bertransformasi ke layanan digital lewat Tiki app. Widiww kereeen.

Mengapa memilih Jasa Pengiriman Tiki?

Alasan pertama jelas karena Tiki sudah berpengalaman sejak tahun 1970 melayani milyaran pengriman barang. Sampai saat ini Tiki didukung sekitar 500 kantor cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Memiliki lebih dari 3700 gerai yang akan siap melayani pengiriman dari dan ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke luar negeri. Tiki bisa menjangkau 34 propinsi di Indonesia dan 452 Kabupaten, dan siap menyampaikan paket dengan amanah.

Bicara soal pengalaman menggunakan jasa Tiki, keluarga kami termasuk pelanggan setia Tiki. Lihat foto di bawah ini, stiker nomor telpon Tiki ini ditempel di tempat yang mudah terlihat supaya cepat jika butuh kontak Tiki saat keluarga kami mengirim paket. Lihat, namanya masih pakai nama lama, menandakan sudah sejak berapa lama stiker itu berada di sana. Ayah kami dulu sering mengirim dan menerima dokumen dari atau ke Jakarta. Salah satu mobil keluarga berplat B, sehingga paling tidak setahun sekali mengirim STKN untuk dibantu membayar pajak oleh kerabat yang berada di Jakarta. Untuk pengiriman dokumen kami selalu mengguankan layanan Tiki ONS (one Night Service) supaya cepat sampai.

Tiki terpercaya sejak dulu

Tips Berbelanja Online Aman dan Nyaman di Masa Pandemi Bersama Tiki

Selama 50 tahun keberadaan Tiki, rupanya penyedia jasa pengriman terpercaya ini tidak hanya bertahanm tetapi juga selalu berinovasi. Kini untuk mengirim paket atau menunggu paket makin banyak kemudahan sejak tiki bertransformasi ke dunia digital dengan Tiki app. Kita akan dengan mudah mengecek ongkir sebelum megirim paket, mengecek perjalanan paket dengan tracking menggunakan resi pengiriman paket kita. Program Tiki di masa pandemi ini juga makin memudahkan pelanggannya untuk urusan perpaketan.

Program Teranyar Tiki di Masa Pandemi untuk Seller dan Buyer

1. JEMPOL Jemput Online

 

layanan tiki Jempol

Layanan penjemputan paket oleh Tiki ke rumah kita ini bisa diakses melalui Tiki Aplikasi.

Cara menggunakan layanan Tiki JEMPOL :

  • Daftar Sobatiki membership
  • Masuk ke https://tiki.id/en/jemput-online dan isi formulir yang tersedia. Yang diperlukan adalah data nama lengkap, nomor telpon, alamat email, alamat jemput, jenis barang, jumlah barang, pilihan armada penjemput (motor atau mobil), lalu tambahkan keterangan khusus dan terakhir klik kotak biru bertuliskan jemput sekarang
  • CS Tiki Jempol akan mengubungi kamu melalui whatsapp dan meminta konfirmasi lokasi penjemputan.
  • CS Tiki akan menginformasikan jam penjemputan, dan paket kiriman siap di-JEMPOL.

2. PUTAR atau Jemput dan Antar

layanan tiki putar

Layanan jemput antar ini untuk sementara baru berlaku di DKI Jakarta dan Bandung. Petugas Tiki akan mengambil paket dan mengantarnya langsung. Proses PUTAR atau jemput antar ini berlangsung sekitar 3 jam, dengan biaya terjangkau. Pemesanan kiriman di jemput dan di antar pada hari yang sama melalui nomor whatsapp 08981500125.

3. SERLOK singkatan dari Seller Online Booking

Layanan ini khusus untuk seller yang menginginkan kepraktisan dalam pengiriman paket. Program TIKI SERLOK atau Seller Online Booking bertujuan memfasilitasi UMKM, UKM dan pebisnis online supaya tetap bertahan di tengah kondisi market saat ini. Jadi kalau teman-teman memiliki webstore atau online shop tetapi belum memiliki badan usaha bisa membuat account di TIKI Aplikasi untuk bergabung di layanan SERLOK. Setelah terdaftar sebagai member Tiki Aplikasi kita bisa memanfaatkan program program TIKI Seller Online Booking. Pada program ini, Tiki menyediakan share pendapatan dari ongkir sebesar 18% untuk seller. Jumlah pengiriman tidak batasan jumlah hariannya. Hanya saja dibatasi satu identitas yang berlaku untuk satu account. Fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan selleer adalah free pick up harian dan keleluasaan pembayaran sampai H+2.

Layanan Unggulan Tiki yang Masih Berlaku Sampai Saat Ini

tips berbelanja online layanan tiki

Bagaimana dengan layanan Tiki sebelumnya? Apakah setelah bertransformasi ke era digital dengan JEMPOL, PUTAR dan SERLOK layanan tersebut tidak berlaku lagi? Oh, tidak, masih ada kok, kita bisa memilih jasa layanan mulai Tiki Eco, Tiki Reguler, dan dua layanan unggulan Tiki yaitu Tiki DnS dan ONS. Bahkan Tiki juga bisa membantu kita mengirim paket ke luar negeri.

Tiki Economy Service (ECO) dan Tiki Regular Service (REG)

Tiki Eco adalah jenis layanan paling ekonomis dengan masa pengantaran krang lebih 4-5 hari. Sedangkan Tiki Reg, sedikit lebih cepat dengan estimasi paket sampai dalam 3-4 hari dengan ongkir terjangkau.

Tiki Same Day Service (SdS) dan Tiki One Night Service (ONS)

Tiki SdS adalah layanan cepat dari Tiki untuk mengantar paket pada hari yang sama. Tiki menjamin barang akan sampai dalam waktu 8 jam untuk kiriman dari dan ke Jakarta. Layanan SdS ini berlaku di Jawa dan Madura.
One Night Service atau ONS adalah layanan TIKI yang hanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari saja untuk pengantaran ketempat tujuan.

Cek Tarif Tiki dan Cek Resi Tiki

Cek tarif bisa dilakukan sebelum mengirim paket untuk mendapat perkiraan ongkos kirim. Sedangkan untuk mengecek sudah sampai di mana paket yang kita kirim bisa dengan membuka website resmi TIKI atau menghubungi hotline service Tiki 1500125

Percayakan Barang Kesayangan pada Tiki

Tiki jasa pengiriman barang terpercaya

Sesuatu yang kita kirim ke orang lain itu pasti bernilai, kan? Nah, kalau begitu jangan asal menitipkan pengirimannya pada ekspedisi yang masih taraf coba-coba atau baru bikin gebrakan. Pilih yang sudah memiliki pengalaman dan reputasi bagus. Tiki adalah perusahaan penyedia jasa pengiriman dalam dan luar negeri yang sudah berpengalaman selama 50 tahun. Milyaran paket telah sampai pada penerima dengan amanah oleh tim yang mengutamakan komunikasi dan kerjasama yang solid. Tak hanya itu tim pengiriman Tiki juga memiliki komitmen kuat dan bertanggungjawab. Tim ini juga berpikiran terbuka, sehingga mudah bagi Tiki untuk menyesuaikan diri di semua siruasi, termasuk masa pandemi. Jadi, tips berbelanja online aman dan nyaman adalah jangan lupa percayakan barang kesayangan untuk dikirim oleh Tiki.

#PakeTIKIAja #MakePeopleHappy #BeraniBerubah #TIKIID
#KEBxTIKI