Pilih Laman

Cara mengatur jadwal belajar selama pandemi mungkin akan lebih fleksibel. alasan utamanya adalah karena kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Tentunya kita harus tahu cara membagi waktu selama sekolah dari rumah. Jika tidak bisa membagi waktu dengan baik bisa-bisa semuanya kacau. Tugas tidak selesai tepat waktu, banyak pekerjaan terbengkalai, dan produktivitas menurun. Kebiasaan belajar mengajar melalui jalur online menuntut kita untuk beradaptasi kembali. Lalu, bagaimana cara membagi waktu selama sekolah dari rumah agar segalanya berjalan sesuai rencana?

membuat jadwal belajar

Menyusun Jadwal Harian

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun jadwal kegiatan harian. Kita bisa membuatnya malam hari sebelum tidur. Catat apa saja yang hendak kita kerjakan esok hari secara urut. Menyusun jadwal membuat waktu tidak terbuang sia-sia dan lebih efektif. Cara mengatur jadwal belajar terbaik adalah kita tertib dengan jadwal yang sudah disusun. Sebaik apapun jadwal kalau kita tidak tertib mengikutinya maka akan sia-sia saja.

Urutkan Sesuai Skala Prioritas

Setelah mengetahui rencana esok hari, coba urutkan sesuai skala prioritas. Tulis kegiatan paling penting di awal. Sebagai contoh, pagi saatnya kelas maya dan mengerjakan tugas sekolah, selanjutnya membantu orang tua, membersihkan kamar, hingga kegiatan terakhir yang tidak urgent.

Buat jadwal belajar dan Lakukan Sekarang Juga

Kebiasaan menunda akan menghambat produktivitas kita. Bayangkan, Sobat Kece! Tugas yang seharusnya dikerjakan hari ini harus tertunda hanya karena kita sibuk menonton seri drama favorit.

Nah, kalau tugas tersebut dikerjakan besok, bagaimana nasib pekerjaan esok hari? Mau tidak mau kita pun merapelnya dan itu sungguh menguras waktu, pikiran, dan tenaga. Lelahnya berlipat dan tentu saja memicu stres. Jadi, selesaikan tugas hari ini sesegera mungkin. Hindari kebiasaan menunda.

Perhatikan Jam Istirahat

Kesibukan mampu membuat orang terlena dan mengabaikan istirahat. Padahal dengan refresh sejenak kita akan terhindar dari stres dan daya tahan tubuh pun terjaga. Jam istirahat yang cukup layaknya doping. Kita jadi bisa lebih cepat menyelesaikan sisa tugas, lo.

Kenali Waktu Produktif

Tidak semua orang aktif dan fokus ketika mengerjakan tugas pada pagi atau siang hari. Ada pula yang malah lebih fokus saat malam. Bekerja atau belajarlah di waktu produktif sehingga lebih ringan serta menyenangkan.

Mengisolasi Diri

Isolasi yang dimaksud bukan karena virus, ya, Sobat Kece. Akan tetapi, ketika kita merasa sulit berkonsentrasi karena suatu hal sebut saja, suara bising atau suasana rumah terlalu ramai, alangkah baiknya untuk “mengisolasi diri.” Waspada dengan distraksi. Kenali distraksi yang muncul dan membuyarkan fokus sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan supaya tidak terganggu lagi.

Siapkan ruangan khusus yang sudah kita atur senyaman mungkin. Kunci diri kita di dalam agar tidak ada gangguan sehingga tugas selesai tepat waktu. Apabila gangguannya berupa media sosial maka kita harus menjauhkan gawai dengan menyimpannya di tempat tak terjangkau.

Jangan Sampai Jenuh

Ketika sudah merasa bosan kita tidak akan bersemangat melakukan apapun. Karena itu, penting bagi kita membuang kebosanan sewaktu belajar dari rumah. Caranya, ubah lokasi ketika sedang berlangsung kelas daring. Sebagai contoh, tadinya di dalam ruangan, kini bergeser ke teras atau taman samping rumah.

Cara mengatur jadwal belajar seperti inikah yang sudah kamu lakukan selama ini? Membagi waktu selama sekolah dari rumah wajib dilakukan. Dengan demikian tugas-tugas akan selesai tepat waktu dan kita pun lebih bersemangat mengikuti kelas daring. Semangat belajar, Sobat Kece!

 

Intellifluence Trusted Blogger