Pilih Laman

Cara mencuci piring yang benar? sepenting apa sih, kita tahu hal ini. Jadi gini, segala sesuatu itu kalau dilakukan berdasarkan ilmu, maka hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan jika kita asal-asalan mengerjakan. Bahkan jika kita melakukan sesuatu tanpa pengetahuan yang cukup hasilnya bisa membahayakan loh. Pada dasarnya mencuci adalah kegiatan membersihkan peralatan yang kita gunakan. Jika cara kita salah malah bisa menimbulkan maslah baru seperti datangnya kuman pada peralatan makan yang kita gunakan.

Persiapan Mencuci Piring yang Benar

  • Bersihkan piring dan gelas dari sisa makanan
  • kumpulkan dengan barang sejenis
  • Basahi atau rendam dengan air supaya sisa makanan yang mengering mudah diangkat
  • Angkat piring dan perkakas lain yang sudah kering dari rak piring
  • Pakailah celemek atau pelindung supaya baju tidak basah

Pada saat mencuci Piring

Cara mencuci piring yang benar tujuannya adalah untuk hemat air dan hemat tenaga. Mengapa perlu hemat air? Ini sih sudah pasti wajib kita lakukan supaya ketersediaan air bersih untuk kita tetap cukup. Air yang terbuang sia-sia tanpa manfaat yang pasti, untuk jangka waktu panjang akan merugikan diri kita sendiri. Manalah kita tahu kapan kita benar-benar membutuhkan air dalam jumlah cukup. Bayangngkan aja kita berada di daerah yang masih kekurangan air bersih, supaya kita bisa menghargai air bersih yang kita miliki.

Pembilasan

Cara mencuci piring yang benar dan perlu diperhatikan adalah saat proses pembilasan. Pastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel pada peralatan makan yang kita cuci. Begitu juga sabun atau cairan pencuci piring, harus terbilas dengan baik dan tidak boleh tertinggal di piring yang kita cuci. Kita tidak mau, kan, makan dengan piring yang masih bau sabun, atau bahkan ada sisa makanan di sana, hiii.

Hal lain yang harus diingat sebelum tahap pembilasan adalah menyelesaikan semua pencucian. Jadi selesaikan dulu pencucian semua peralatan baru lakukan pembilasan. Cara mencuci piring yang kurang tepat adalah mencuci piring dan membilas dalam waktu bersamaan, dengan air yang kita biarkan tetap mengalir. Selain boros air, kita juga jadi terburu-buru melakukannnya, kan? Nah, bisa kadi kita kurang bersih mencucinya.

Penataan pada rak piring

Apa pentingnya membahas penataan pada rak piring? Oh, penting juga loh. Kita tidak bisa asal saja meletakkan piring yang kita cuci. Perlu dipisah antara piring yang sudah kering dengan piring yang baru saja dicuci (masih basah). Lebih baik, angkat terlebih dulu piring yang sudah kering dan letakkan pada rak khusus atau lemari penyimpanan. Letakkan secara berurutan peralatan makan mulai yang kecil di bagian bawah hingga yang paling besar di bagian atas. Letakkan dalam posisi terbalik atau miring supaya cepat kering.

Setelah Selesai Mencuci

Jangan lupa membersihkan tempat mencuci piring. Jangan sampai ada cairan pencuci atau sabun yang tertinggal, apalagi sisa makanan. Kebersihan tempat mencuci peralatan dapur akan mencegah datangnya kecoa atau tikus ke dapur. Kebersihan lantai sekitar tempat untuk mecuci alat masak juga harus diperhatikan, ya. Terakhir adalah mengeringkan lantai sekitar tempat mencuci piring, supaya tidak licin dan bisa membahayakan kita sendiri.

Nah, tips kece ini mungkin hanya perkara sederhana, tetapi jika Sobat Kece menguasainya, akan banyak manfaatnya, kok. Percaya, deh kalau peralatan makan kita cuci dengan sempurna, makan akan jadi lebih nikmat, dan tanpa rasa was-was.

 

 

Intellifluence Trusted Blogger