Pilih Laman

Cara klaim asuransi kesehatan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klaim jenis asuransi lainnya. Prosedur yang dijalani juga tidak terlalu rumit. Hanya saja memang membutuhkan berkas yang lengkap agar klaim asuransi bisa disetujui. Dengan demikian manfaat yang menjadi hak pemegang polis bisa terpenuhi.
Kini mari kita kupas satu persatu pengertian klaim asuransi, jenis-jenis asuransi dan cara klaim asuransi kesehatan.

Pengertian Klaim asuransi

Sebelum kita membahas bagaimana mengajukan klaim asuransi kesehatan, perlu kita ketahui apa maksud dari klaim asuransi ini? Klaim adalah tuntutan pemegang polis asuransi kepada perusahaan asuransi melaksanakan apa yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Kesepakatan tersebut tertuang dalam polis asuransi.

Jenis-jenis Asuransi

Berbeda jenis asuransi bisa berbeda juga peraturan yang berlaku. Meskipun perbedaannya tidak besar, kita perlu mengenal masing-masing jenis asuransi.
Nah, berikut 8 jenis asuransi yang ada di Indonesia

Asuransi Jiwa

Sesuai dengan namanya, asuransi ini bertujuan melindungi “jiwa” seseorang jika terjadi sesuatu yang buruk, seperti kematian, sakit berat dan atau kecelakaan yang menyebabkan cacat. Cacat di sini bisa cacat total ataupun cacat sebagian. Penyebabnya bisa karena kecelaaan atau karena suatu penyakit.

Manfaat asuransi akan diberikan jika nasabah atau pemilik polis asuransi (atau nama yang yang didaftarkan dalam tanggungan) mengalami hal seperti yang diatur dalam polis.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Urutannya

Asuransi Kesehatan

Jika dibandingkan dengan jenis asuransi lain, asuransi kesehatan inilah yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi berupa tanggungan biaya kesehatan, terutama ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Jenis penyakit yang ditanggung perawatannya oleh perusahaan asuransi diatur dalam polis yang ditandatangani kedua belah pihak, peserta asuransi atau pemegang polis dan perusahaan penyelenggara asuransi.

Biasanya akan diatur batasan penanggungan perusahaan asuransi dalam perjanjian tersebut. Semakin banyak perusahaan asuransi menanggung biaya kesehatan, semakin besar iuran atau premi yang harus dibayar.

Baca juga : Kerjasama Distributor Sembako dengan Perusahaan Terpercaya(Buka di tab peramban baru)

pos

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan ini seperti menabung untuk biaya sekolah anak di masa depan. Dana pendidikan akan diberikan kepada pemegang polis ketika anak memasuki jenjang pendidikan baru, seperti masuk SD, masuk SMP atau masuk SMA. Tergantung dari kesepakatan atau jenis asuransi pendidikan yang dipilih.

Dalam asuransi pendidikan dikenal asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unit link. Yang membedakan keduanya adalah pada proteksi lain selain biaya pendidikan.

Asuransi Investasi

Yang dimaksud dengan asuransi investasi adalah asuransi sekaligus investasi. Dari dana yang kita setor tiap bulannya sebagian untuk membayar premi asuransi, sebagian lagi untuk diinvestasikan oleh penyelenggara asuransi.
Manfaat dari investasi yang kita sepakati berupa uang tunai dari hasil pengembangan dana yang kita investasikan. Asuransi jenis ini terkadang disebut dengan asuransi tabungan.

Asuransi Kendaraan

Kendaraan memiliki risiko ketika digunakan di jalan, yakni hilang atau rusak. Perusahaan asuransi akan memberi proteksi terhadap kendaraan kita, jika terjadi kerusakan atau hilang. Tentu saja kita harus membayar premi sesuai dengan manfaat yang akan kita peroleh jika terjadi sesuatu dengan kendaranaan kita.

Jadi manfaat akan kita dapatkan, berupa penggantian biaya perbaikan atau penggantian mobil ketika rusak atau hilang. Nilai jual mobi yang diasuransikan biasanya lebih tinggi dibandingkan mobil serupa yang tanpa asuransi.



 

Asuransi Kecelakaan

Sesuai dengan namanya asuransi ini melindungi pemilik asuransi dari kecelakaan yang mungkin terjadi. Bagi orang yang memiliki pekerjaan dengan risiko kecelakaan tinggi bisa membeli asuransi ini untuk mendapat manfaat asuransi.
Hal-hal yang dilindungi secara rinci akan dituangkan dalam polis dan menjadi kesepakatan bersama.

Asuransi Korporasi

Jenis asuransi yang ini tujuannya untuk melindungi karyawan dalam suatu korporasi. Kepesertaan asuransi hanya berlaku ketika seseorang berstatus karyawan dari perusahaan tersebut. Jenis asuransi yang sering diikuti secara bersama oleh sebuah perusahaan ini adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Asuransi Masa Pensiun

Asuransi ini berlaku bagi siapa saja yang ingin memiliki jaminan perlindungan finansial di hari tua. Sejumah uang disetor sejak sebelum masa pensiun. Manfaat akan diperoleh ketika pemegang polis memasuki masa pensiun.

Baca juga : Usaha Rumahan yang Lagi Tren Saat Ini

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Kini kita masuk pada pembahasan bagaimana cara klaim asuransi kesehatan. Asuransi yang memiliki peminat paling besardiantara asuransi-asuransi lainnya.

Salah satu contoh dari asuransi kesehatan adalah Asuransi Online Hospital Cash Plan dari Roojai Indonesia (roojai.co.id). Sebuah perusahaan asuransi yang didirikan di Thailand tahun 2016.

Untuk bisa secara maksimal mendapat manfaat asuransi yang kita beli, sebaiknya kita pelajari sitematika klaim asuransi. Biasanya perusahaan asuransi memiliki rekanan layanan kesehatan tertentu. Maka usahakan kita mendapat perawatan di rumah sakit-rumah sakit tersebut.

Berikut ini cara klaim asuransi kesehatan

  1. Ketika mengalami kecelakaan atau sakit, buatlah catatan waktu dan riwayat penanganan berikut dokumentasinya
  2. Siapkan dokumen selengkap mungkin supaya bisa langsung diproses tanpa menunggu kelengkapan dokumen
  3. Isilah formulir yang disediakan
  4. Kirim formulir dan berkas pendukung ke alamat yang sesuai dengan informasi perusahaan asuransi yang bersangkutan. Hal ini untuk menghindari lamanya proses pengajuan klaim. Jika kita salah mengirim (bukan bagian yang tepat) mungkin berkas kita akan tetap sampai, tetapi sudah pasti akan memakan waktu yang lebih lama.
  5. Gunakan kemudahan teknologi seperti mengunduh formulir dari website resmi perusahaan asuransi.
  6. Pantau secara rutin status pengajuan, supaya juka ada yang perlu dilengkapi segera bisa atasi. Perlu diingat ada tenggat waktu untuk mengurus klaim asuransi kesehatan ini.

Penutup

Semua orang ingin hidup tenag dan bahagia. Jika ada masalah mudah dan segera bisa ditangani. Perencanaan yang baik akan membantu kita menjalani kehidupan dengan lebih baik. Namun jika Allah mengendaki rencana yang berbeda dengan apa yang sudah kita rancang, sebaiknya kita bisa menerima dengan lapang.

Semoga tulisan tentang bagaimana cara klaim asuransi kesehatan ini bermanfaat.

Salam Sehat

Idekece.my.id

 



Intellifluence Trusted Blogger