Pilih Laman

Mengelola koperasi dengan aplikasi bendahara koperasi rasanya sudah menjadi kebutuhan saat ini. Saat semua serba online dan update saat ini juga. Bagi para pengusaha kecil atau menengah, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan pemilik bisnis saja, tetapi juga bisa untuk pengelolaan koperasi.

Sebelumnya, kita harus paham dulu apa pengertian koperasi secara umum. Koperasi adalah salah satu badan usaha yang selalu ada di setiap lapisan masyarakat. Fungsinya juga banyak, dan sangat bermanfaat untuk masyarakat.Mengelola koperasi bisa dipermudah dengan pemakaian aplikasi BukuWarung tersebut.

Pengertian dari Koperasi

Badan usaha yang dimana kepemilikannya berada di seluruh anggota merupakan definisi dari koperasi. Tujuan dibuatnya koperasi adalah untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota, khususnya dalam bidang sosial dan ekonomi.
Pengertian secara formal dari koperasi sudah tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017, yaitu badan hukum yang proses pendiriannya dilakukan oleh perorangan dan berbadan hukum. Modal usaha dari koperasi ini biasanya berasal dari kekayaaan setiap anggotanya.

Jenis Koperasi

Ada beberapa jenis koperasi yang perlu Anda tahu, seperti berikut:

1. Koperasi Konsumen

Jenis koperasi ini banyak ditemukan di lingkungan kantor pemerintah, sekolah, atau perusahaan. Beragam kebutuhan dijual di sana yang bentuknya sama dengan toko pada umumnya.

2. Koperasi Produsen

Koperasi yang satu ini didirikan langsung oleh produsen baik dalam bentuk barang atau jasa. Tujuan dibuatnya koperasi ini adalah untuk memudahkan produsen dalam berjualan dan menyediakan berbagai bahan mentah.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Tujuan dibuatnya koperasi simpan pinjam adalah untuk membantu setiap anggota yang membutuhkan, misalnya dana untuk memulai usaha atau untuk yang lainnya. Para anggota juga bisa menyimpan uang di koperasi sebagai tabungan.

Mengelola Koperasi dengan Aplikasi BukuWarung

Walaupun kebanyakan pengguna BukuWarung adalah para pemilik atau pengusaha UMKM , tetapi pengelola atau pemilik koperasi juga bisa menggunakan aplikasi ini. Misalnya mencatat segala bentuk transaksi yang berkaitan dengan utang piutang para anggota koperasi.

aplikasi koperasi BukaWarung

Pencatatan Utang Piutang dan Penjualan di Aplikasi BukuWarung

Kita bisa menggunakan fitur pengingat untuk mengingatkan jatuh tempo pembayaran hutang piutang dari anggota. Transaksi pembayarannya bisa dilakukan melalui HP saja, yang dijamin aman dan cepat prosesnya.
Dalam bidang usaha koperasi yang berkaitan dengan penjualan, juga bisa dibantu dengan aplikasi BukuWarung. Fitur ini akan membantu menambah jumlah stok barang, dan jumlah barang yang siap untuk dijual.

Dalam mengelola koperasi kita juga bisa mengatur sendiri berapa harga jual dan juga harga modal di aplikasi ini, Melalui aplikasi ini kita bisa melihat berapa keuntungan yang diperoleh secara otomatis. Kini sudah tidak usah menghitung secara manual  yang akan menghabiskan waktu. Dengan bantuan BukuWarung pengurus koperasi bisa mengecek bagaimana penjualan setiap bulannya, dan berapa keuntungannya.

Tak hanya keuntungan saja, pengurus juga bisa melihat apakah ada kerugian di dalam koperasi. Kemudian dari hasil report  pada aplikasi itu pengurus bisa mengatasi kerugian tersebut.

Intellifluence Trusted Blogger