Pilih Laman

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mungkin sudah diketahui sebagian orang, namun tetap saja masih banyak yang abai dan enggan melakukannya. Gangguan yang terjadi pada gigi dan mulut bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rasanya kalau gigi atau gusi sakit, seluruh tubuh pun ikut meriang. Oleh sebab itu, kita harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta melakukan berbagai langkah perawatan maksimal.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Demi Kesehatan Optimal

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut erat kaitannya dengan cara menyikat, konsumsi makanan, hingga pemilihan produk perawatan gigi (pasta, sikat, dan sebagainya). Berdasarkan data FDI World Dental Federation pada 2015 lalu, penyakit mulut diderita oleh setidaknya 3,9 miliar orang di dunia. Sementara itu, kasus karies gigi yang diabaikan menyentuh angka 44% atau hampir separuhnya.

Kerusakan gigi berdampak buruk bagi kesehatan anak serta orang dewasa. Sebutlah jika orang dewasa mengalami gangguan gigi dan mulut maka otomatis akan menurunkan produktivitas kerja dan tingkat kepercayaan diri. Tak berbeda dengan anak-anak, kasus gangguan gigi dan mulut di kalangan anak-anak berdampak pada keterlambatan pertumbuhan serta munculnya gangguan tidur.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Terdapat banyak manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Mengurangi Beragam Risiko Penyakit

Tatlaka seseorang mengalami penyakit gusi, bakteri dari mulut dapat masuk melalui aliran darah dan menyebabkan pengentalan. Dampaknya, risiko terkena penyakit jantung pun meningkat. Selain itu, peradangan pada pembuluh darah yang berpontensi stroke juga bisa disebabkan oleh penyakit gusi.

 

Bayi yang Sehat

Gangguan atau penyakit mulut rupanya berdampak terhadap kehamilan. Beberapa gangguan tersebut antara lain gingivitis, periodontitis, serta karies gigi. Penelitian tersebut dilakukan di Amerika Serikat pada 2012. Sementara itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Iran pada 2013 mengatakan bahwa ibu pengidap periodontal umumnya melahirkan bayi dengan bobot yang rendah.

Kualitas Hidup Meningkat

Kesehatan gigi dan mulut yang optimal secara tak langsung berpengaruh terhadap  peningkatan kualitas hidup. Kesehatan gigi dan mulut yang terjaga pun membuat seseorang mampu bekerja produktif dan tampil lebih percaya diri dalam bersosialisasi.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana antara lain sebagai berikut:

  1. Pilih sikat gigi berbulu lembut dan gosok gigi dengan benar. Pastikan menggosok perlahan dan tak terlalu keras. Anda juga bisa menggunakan benang gigi atau flossing baru kemudian gosok gigi. Cara ini dinilai lebih efektif membersihkan seluruh kotoran di gigi dan mulut.
  2. Kurangi konsumsi makanan manis atau jenis minuman berkafein. Seperti kita ketahui bahwa makanan manis merupakan salah satu penyebab gigi berlubang serta infeksi gusi.
  3. Pilih produk pasta gigi yang berkualitas. Artinya pasta memiliki kandungan fluoride yang tepat (tak terlalu banyak), sedikit kandungan deterjen, dan sesuai dengan usia.
  4. Gunakan antiseptik untuk mulut (mouthwash) yang bisa membantu mengurangi bau mulut, sariawan, atau masalah gusi, dan gangguan di tenggorokan. BETADINE® Mouthwash & Gargle dengan Povidone-Iodine 1% membantu mengatasi masalah gigi dan mulut.

 

Penutup

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut demi mencapai kesehatan optimal, sebaiknya Anda rutin juga memeriksakan gigi tiap enam bulan sekali. Hal ini dilakukan agar gigi mendapatan perawatan terbaik dan jikalau ada kerusakan, dapat diambil tindakan cepat dan tepat. Kerusakan gigi dan gangguan pada gusi sungguh menyakitkan. Terasa ke seluruh bagian tubuh. Oleh sebab itu, perhatikan kesehatan mulut dan gigi.  Jangan sampai kita mengalami sakit gigi atau gangguan mulut yang menyiksa.

Perlu juga mencari rujukan resmi untuk masalah kesehatan yang kita alami, seperti https://betadine.co.id. Penanganan yang tepat akan mencegah gangguan yang lebih buruk. Keep Healthy!

 

Sumber referensi:

https://hellosehat.com/

https://www.summareconbekasi.com/

 

Intellifluence Trusted Blogger