Pilih Laman

Ingin melepaskan stres di tengah udara sejuk dan pemandangan hijau? Mengunjungi kebun teh bisa menjadi pilihan. Indonesia memiliki banyak kebun teh di dataran tinggi yang dibuka untuk umum. Anda bisa menikmati udara sejuk dan panorama indah, mencicipi teh lezat, belajar tentang seluk-beluk tanaman teh, dan menghilangkan stres.

Inilah lima destinasi kebun teh yang wajib menjadi pilihan untuk perjalanan pelepas stres.

1. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan, dan menawarkan paduan udara sejuk serta lokasi strategis. Kebun teh ini berlokasi di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut, tetapi lokasinya tepat di samping jalan raya sehingga mudah ditemukan. Rute menuju kebun teh ini berkelok-kelok dan melewati pemandangan indah.

Selain jalan-jalan di kebun teh, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas wisata. Tantang keberanian Anda lewat permainan flying fox dan nikmati serunya berkemah di area perkemahan. Jangan lupa kunjungi pabrik teh untuk belajar seluk-beluk pengolahan teh sebelum membeli teh lokal sebagai oleh-oleh.

2. Perkebunan Teh Kaligua

Perkebunan Teh Kaligua adalah kebun peninggalan zaman Belanda yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di dekat Gunung Slamet. Berlokasi di Desa Pandansari, Brebes, Kaligua memiliki latar belakang pemandangan perbukitan dan memiliki fasilitas wisata keluarga. Lokasinya berada di ketinggian 1.500 hingga 2.050 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya terasa sejuk.

Daya tarik utama perkebunan ini adalah produksi teh hitamnya. Anda bisa melihat proses pemetikan dan pengolahan teh serta mencicipi seduhan teh lezat. Karena merupakan lokasi wisata populer, Anda tidak perlu memikirkan fasilitasnya. Perkebunan Teh Kaligua memiliki lapangan parkir, area perkemahan, tempat duduk-duduk, permainan seperti flying fox dan paralayang, hingga kolam dengan perahu angsa.



 

3. Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun Teh Gunung Gambir telah ada sejak tahun 1918. Berlokasi di lereng Gunung Ardipuro, kebun teh ini beralih rupa dari perkebunan milik Belanda ke tempat wisata. Anda bisa menjelajahi kebun teh di jembatan kayu yang dilengkapi titik-titik berfoto, menikmati udara segar serta melihat aktivitas petani teh.

Kebun Teh Gunung Gambir juga memiliki area perkemahan serta fasilitas wisata seperti kolam renang. Ada juga gedung pertemuan untuk Anda yang membutuhkan tempat indah sebagai lokasi aktivitas perusahaan atau komunitas.

kebun teh di Indonesia

4. Kebun Teh Bah Butong

Jika Anda tinggal di atau mengunjungi Sumatra Utara, cobalah berkunjung ke Kebun Teh Bah Butong. Berlokasi di Kecamatan Sidamanik, Simalungun, kebun teh ini lebih dikenal dengan nama Sidamanik oleh masyarakat setempat. Kebun teh ini terletak di ketinggian 890 meter di atas permukaan laut dan menawarkan udara sejuk serta panorama indah.

Sebagai salah satu kebun teh terluas di Indonesia, Bah Butong telah mengeksp, misalr daun tehnya ke berbagai negara di Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Selain panorama indah, Anda bisa berfoto di beberapa titik foto unik yang didirikan pengelola, seperti kupu-kupu dan tiruan bingkai foto Instagram.

5. Kebun Teh Ciater

Berlokasi di Subang, Jawa Barat, Kebun Teh Ciater menghadirkan panorama indah perkebunan di tengah-tengah perbukitan hijau. Area kebun teh ini terbuka selama 24 jam sehingga bisa Anda kunjungi kapan saja. Selain menikmati pemandangan dan udara sejuk, Anda bisa piknik di gazebo, berkemah, atau makan di warung yang juga menyajikan teh produksi kebun tersebut.

Ingin segera mengunjungi kebun-kebun teh ini? Jangan lupa gunakan Traveloka PayLater untuk membeli tiket pesawat, tiket kereta, atau hotel. Anda bisa memesan di awal dan mengatur pembayarannya belakangan. Dapatkan kemudahan membayar cicilan secara mudah dan ringan tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Intellifluence Trusted Blogger