Pilih Laman

Homescholling di Solo sebenarnya bukan hal baru. Namun sejak berlaku sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak orang tua yang memilih sekolah dengan homeschooling.  Meskipun sejatinya cara belajar anak sekolah di masa pandemi ini sama seperti yang dilakukan oleh para siswa di tempat penyelengara homeschooling. Beda homescolling dengan sekolah biasa mungkin saat ini seperti tidak ada bedanya lagi, ya. Yang jelas biasanya proses pembelajaran homeschooling lebih fleksibel dan menyenangkan. Tidak terlalu terikat dengan jadwal baku yang biasanya berlaku di sekolah.

Homescholling pada dasarnya adalah tempat yang memberikan layanan pendidikan yang terbaik bagi siapa saja, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus. Dari homeschooling, anak atau siswa tetap mendapatkan ijazah Non Formal (Paket A/B/C). Biasanya memiliki fasilitas yang hampir sama dengan sekolah formal, seperti konseling, home visit, dan laporan hasil belajar.

Empat Homescholling di Solo

1. Homescholling Kak Seto Solo (HKS Solo)

Didirikan tanggal 4 April 2007 oleh pemerhati anak yang dikenal akrab dengan sapaan Kak Seto. Kak Seto yang sudah selama 50 tahun lebih mengabdi pada dunia anak-anak selalu berjuang demi masa depan gemilang untuk anak-anak Indonesia. Sekolah dari rumah ini berkantor pusat di Jl. Raya Parigi Lama No. 3, Tangerang Selatan, Banten 15227.

Alamat HKS Solo : Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Jam buka kantor : 08.00 – 14.00 (lima hari kerja)
Kontak : (0271) 721124

2. Homescholling Primagama

Program pendidikan terbaru Homescholling Primagama adalah pendidikan informal yang mengeksplorasi konsep Sekolah Mandiri di Rumah. Memiliki banyak cabang yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera.

Alamat : Jl. Kebangkitan Nasional No.82, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
Jam buka Kantor : 08.00 – 17.00 WIB
Kontak: (0271) 712085

3. Homeschooling Sigma Phineta Solo

Homescholling Sigma Phineta adalah lembaga pendidikan non-formal dengan konsep Sekolah Rumah. Program pendidikan alternatif yang terarah dan berimbang antara bidang akademis dan ketrampilan non akademis.

Alamat : Jl. Sidoluhur Selatan No. 18, Songgalan RT 01/RW 03, Pajang, Laweyan, Solo, 57146 (Utara Puskesmas Pajang)
Email : sigmaphineta@gmail.com
Jam buka kantor : 09.00-17.00 WIB
Kontak : 085700707457

4. Homeschooling Entrepreneur Solo

Berbasis Entrepreneurship dan menekankan Optimalisasi Otak Kanan dan Otak Kiri. Sekolah Rumah Berijazah Nasional

Alamat : Jl. Pringgolayan, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155
Jam buka kantor : 09.00-16.00 WIB
Kontak : 0852-2664-8175

Lebih Jauh Tentang Homeschooling di Solo

Berapa biaya homescholling di Solo yang daftarnya sudah saya tulis di atas? Teman-teman bisa menghubungi kontak yang sudah tertera. Oh, iya sebelum menentukan mitra belajar, pastikan Sobat Kece pelajari seistem belajar di masing-masing penyelengara home scholling tersebut. Keterlibatan anak sebagai calon siswa sekolah dari rumah perlu dijadikan pertimbangan dalam pilihan tersebut. Jangan lupa kekompakan antara orang tua, anak, dan penyelenggara homescholling sangat diperlukan, supaya tujuan memberi pendidikan terbaik bagi anak bisa terpenuhi. Kerjasama ketiga elemen ini berlaku juga ketika anak sekolah di sekolah formal.

Keempat daftar di atas bisa juga jadi referensi untuk teman-teman yang mencari Homescholling Wonogiri, Homescholling Klaten, Homescholling Sukoharjo, Homescholling Karanganyar dan Homescholling Boyolali. Karena kegiatan homeschooling memang sebagian besar di rumah, maka jarak tempuh ke “sekolah” rasanya bukan menjadi masalah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Intellifluence Trusted Blogger