Pilih Laman

Franchise dibawah 1 juta adalah alternatif untuk yang ingin buka usaha dengan nama terekenal tetapi dengan modal kecil. Ini juga menjadi peluang bagi Anda yang ingin berbisnis namun terkendala modal. Kesempatan juga untuk Anda yang tidak berani menanggung risiko membuka usaha sendiri jika nanti kurang sukses. Nah, dengan memilih francise dibawah 1 juta maka kesempatan membuka usaha tetap terbuka

Francise dibawah 1 Juta, Kira-kira Seperti Apa?

Mungkin jika berbicara masalah francise, maka yang terbayang adalah gerai-gerai makanan besar yang sudah terkenal, bahkan di luar negeri. Nah, kalau francise dibawah 1 juta kira-kira seperti apa saja? Apakah francise minim modal ini juga akan berpeluang memberikan keuntungan bagi pemilik usaha?

Untuk menjawab kekhawatiran ini, coba kita tengok bagaimana yang terjadi di sekitar kita. Apakah Anda mudah mendapatkan penjual dengan gerobak atau sepeda di berbagai sudut kota. Terutama di daearah dekat sekolah dan pemukiman. Bukankan banyak sekali abang-abang dengan dorongan atau keranjang di belakang sepeda motor menjajakan makanan unik?



 

Coba amati lagi, apakah para penjual ini diburu pembeli atau diam tanpa melayani siapa? Amatinya pada jam-jam istirahat sekolah atau kantor, ya. Hmm.. hampir pasti ara penjual jajanan murah meriah ini diburu pembeli. Karena dengan uang dua ribu pembeli mendapat jajanan hiis masa kini.

Baca juga : Ide Bisnis Unik Mahasiswa Sarana Belajar Wira Usaha

Sekilas Tentang Bisnis Franchise

Franchise atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan bisnis waralaba adalah salah satu bisnis yang makin menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Caranya dengan membuka bisnis menggunakan nama, brand dan bahkan bahan jualan dari usaha yang sudah ada (biasanya sudah terkenal). Francise dengan kata lain adalah membuka cabang dari usaha yang sudah ada, dengan kerjasama tertentu.

Bagi pemilik brand, cara francise ini seperti melebarkan sayap usahanya hingga ke berbagai daerah, bahkan hingga pelosok desa. Nama brand ini akan makin terkenal, bukan?

Keuntungan bagi yang membuka usaha adalah tidak perlu pusing memkirkan nama usaha, jenis usaha dan banyak pernak pernik buka usaha lainnya. Cukup membayar sejuamlah biaya yang disepakati, sudah bisa memiliki outlet yang sudah punya nama.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka francise tentu saja tergantung besarnya nama brand yang dimaksud. Saat ini makin banyak usaha yang membuka “cabang” di mana-mana dengan model francise ini. Sehingga ini memberi kesempatan pada pemilik modal untuk membuka usaha dengan waktu yang lebih singkat dan sistem yang sudah tertata.



 

Beberapa Pilihan Franchise dibawah 1 juta

Pentol Planet

Makanan ringan sederhana ini sangat disukai masyarakat di berbagai kalangan. Jajanan murah meriah dengan saus aneka rasa menjadi variasi rasa. Ada yang suka dengan saus tomat, saus cabe, saus kacang atau cukup dengan kecap manis saja. Yang pasti pentol yang dibuat dari tepung aci berbentuk bulatan kecil ini selalu tak sepi pembeli.

Kalau mau menbuatsendiri lalu menjual dengan nama sendiri bisa juga. Tetapi kalau ingin memanfaatkan nama besar yang sudah ada bisa memilih francise Pentol Planet.

Usaha makanan Pentol Planet sudah ada di Trenggalek, Jawa Timur sejak tahun 2007. Sekarang makanan dengan merek ini sudah ada di berbagai kota di Indonesia seperti Jogja, Bekasi, Bali, Samarinda, bahkan sampai Palangkaraya dan Balikpapan.

Baca juga : 5 Usaha Franchise di Desa Paling Cocok dan Menjanjikan

Kingkong Sosis Bakar

Kingkong sosis bakar mungkin tak beda jauh dengan sosis bakar yang kita lihat di pinggir jalan. Anda bisa juga membuka lapak sosis bakar dengan nama sendiri. Hanya saja jika Anda memilih bisnis waralaba, maka Anda tak perlu terlalu pusing memikirkan tetek bengek berjualan sosis bakar.

Dengan mengambil nama yang sudah banyak dikenal, pembeli tidak akan ragu lagi membeli di gerai sosis bakar Anda.

K-Drink

Korean drink adalah salah satu lapak yang digandrungi pembeli remaja saat ini. Hal-hal yang berbau Korea selalu menjadi daya tarik tersendiri. Korean Drink salah satu produk minuman manis dan segar yang dikeluarkan oleh SamWon Group. Nah, kabar baiknya, SamWon Group membuka kesempatan untuk bergabung dalam bisnis waralaba mereka. Join fee atau modal bergabung berjualan minuman dengan berndera K-Drink sebesar Rp 1 juta.

Dengan menyetor uang sebesar itu, mitra akan medapatkan  bahan baku, pelatihan menu, marketing, desain grafis, foto dan video produk.

Yago Ayam Geprek Kimchi

Ada lagi tawaran membuka usaha francise dibawah 1 juta, yaitu Yago ayam geprek kimchi. Ini juga salah satu produk usaha Samwon Group yang sudah malang melintang di dunia usaha makanan mulaitahun 2010.

Apa, sih, yang menarik dari bisnis kuliner satu ini? Yago sebenarnya sajian utamanya adalah ayam geprek khas Indonesia. Hanya saja di gerai ini, dihadirkan ayam geprek dengan Korean Teste dengan menambahkan kimchi khas Korea untuk topping.

Jika Anda berminat bergabung sebagai mitra francise Samwon Group, Anda berkesempatan mendapat semacam pelatihan atau panduan menjalankan usaha  ayam geprek ini. Samwon Group juga akan membantu pengadaan bahan baku, pelatihan mengolah dan menyajian menu. Takhanya itu, Anda juga akan diajari soal promosi dan pemasaran.

Cappucino Cincau Tempoe Doeloe

Franchise dibawah 1 juta berikutnya adalah Cappucino Cincau. Minuman yang memadukan kopi cappucino dengan cincau khas Indonesia. Rasa yang dihasilkan cukup unik dan banyak digemari.

Jika Anda biasa membeli satu cup Cappucino Cincau Tempoe Doloe dengan harga Rp 5000, maka untuk menjadi mitra francisenya bisa membeli dengan harga Rp 2.600 saja.

Cappucino Cincau Tempoe Doloe memberi kesempatan bagi yang tertarik bergabung untuk mengambil paket kemitraan mulai dengan 50 cup.



 

Penutup

Memiliki usaha sendiri mengeola sendiri dan mengantongi laba sendiri tentu akan sangat memuaskan. Tetapi jika bisanis dikembangkan dan tersebar makin jauh maka yang akan masuk kantong akan makin banyak. Begitulah kira-kira alur bisnisnya. Semua pemilik usaha pasti ingin produknya dikenal di mana-mana, memiliki cabang di berbagai kota.

Makin banyak yang mengambil kemitraan waralaba, akan makin banyak pembeli mengenal produk tersebut. Bisa terbayang, akan makin banyak pula keuntungan yang bisa diperoleh.

Jika Anda jeli, bisa mengamati di sekitar Anda apa saja jajanan yang ramai pembeli. Produk lokal ini bisa saja memberi peluang bagus untuk Anda membuka gerai serupa di tempat yang berbeda. Cobalah tawarkan sistem waralaba pada pemilik usaha. Jika bisa memberi kesempatan mendapat lebih banyak keuntungan, mengapa tidak mencoba francise dibawah 1 Juta ini?

Bisnis lokal bukan berarti bisnis tanpa masa depan. Justru berawal dari yang paling dekat dengan pembeli (sesuatu yang bersifat lokal) inilah bisnis besar berawal. Yuk, Bisa, tetap semangat berusaha, semoga kesuksesan bisa Anda raih segera.

 

Salam  Sukses

Admin Kece

idekece.my.id

 

Intellifluence Trusted Blogger