Pilih Laman

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi lebih sulit dibandingkan merawat bekas kehitaman. Hal ini dikarenakan bekas merah terjadi akibat peradangan pada kulit terdalam. Kurang menjaga kebersihan wajah, konsumsi makanan tertentu, hingga perubahan hormon merupakan beberapa faktor pemicu timbulnya jerawat. Tidak bisa dimungkiri bahwa masalah kulit sejenis ini bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Hang out ditemani bekas jerawat merah di wajah? Enggak banget, deh! Lantas bagaimana cara menghilangkan merah bekas jerawat secara efektif dan aman?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi Menggunakan Bahan Alami

Bawang Putih

cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Si mungil ini mengandung zat sulfur yang efektif menghilangkan jerawat maupun bekasnya. Cara menggunakan bawang putih untuk bekas jerawat cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil beberapa siung bawang putih kemudian dihaluskan. Aplikasikan bawang putih tumbuk ke bekas jerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Untuk memperoleh hasil maksimal lakukan secara rutin seminggu dua kali.

Pepaya

Siapa yang tidak kenal buah pepaya. Bijinya yang banyak, aroma khas, ditambah rasa manisnya menjadikan buah ini digemari berbagai kalangan. Bahkan saat ini buah pepaya juga dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai produk kecantikan, lo. Sebut saja sabun pepaya, masker, krim, dan sebagainya. Enzim papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati pemicu munculnya jerawat.

Tomat

Tomat dapat membantumu menghilangkan merah bekas jerawat. Infeksi kulit sampai wajah berjerawat pun bisa atasi hanya dengan bahan alami ini. Seperti kita ketahui bahwa tomat tidak hanya mengandung vitamin C dan A, tetapi juga antioksidan yang berguna menjaga kelembapan kulit. Kamu hanya perlu mengiris tomat menjadi bulat-bulat tipis kemudian tempelkan di kulit atau bekas jerawat. Untuk hasil optimal lakukan dua kali sehari.

Kunyit

Kunyit merupakan bahan yang kaya antioksidan, mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi. Tak hanya baik untuk pengobatan kulit berjerawat, kunyit pun dapat menjadi solusi menyamarkan bekas merah akibat jerawat. Kunyit aman dipakai beragam jenis kulit. Umumnya kunyit dijadikan masker bersama bahan-bahan lainnya baru dioles secara merata pada wajah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

Cuka Apel

Mengatasi masalah jerawat menggunakan cuka apel juga bisa dilakukan. Hal ini tak lain karena cuka apel mempunyai kandungan antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab kulit berjerawat sekaligus mengatasi bekas jerawat. Caranya simpel banget. Pertama, bersihkan dulu wajahmu, lalu campurkan 2-3 sendok air dengan satu sendok cuka apel. Aplikasikan ke bekas jerawat, diamkan kira-kira 20 detik atau lebih lama jika kulitmu tak termasuk kulit sensitif. Terakhir bilaslah menggunakan air dan keringkan wajah.

Lemon

Kandungan asam askorbat lemon cukup tinggi sehingga tepat digunakan untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang memerah. Selain itu, perasan lemon pun efektif mengatasi berbagai infeksi kulit. Kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon ke seluruh wajah dan diamkan selama semalam. Bersihkan wajah esok harinya. Jika ingin hasil maksimal, lakukan perawatan menggunakan masker air lemon seminggu dua kali.

Putih Telur

Solusi untuk menyamarkan bekas jerawat merah, hitam, bahkan kulit wajah berlubang akibat jerawat adalah menggunakan putih telur. Bahan ini mengandung enzim lysozyme yang efektif atasi bekas jerawat. Cara penggunaannya mudah sekali, lo. Pisahkan terlebih dahulu putih dan kuning telur. Pakai putih telur sebagai masker, diamkan sekitar 15 menit hingga mengeras. Langkah terakhir ialah bersihkan wajah dari sisa masker. Lakukan perawatan masker putih telur secara rutin.



 

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung polifenol serta asam salisilat alami yang sangat baik untuk menghilangkan bekas merah jerawat juga pemulihan kulit akibat jerawat. Menempelkan lidah buaya pada jerawat atau bekasnya juga bisa mengurangi peradangan. Ambil lidah buaya dan kupas untuk memperoleh gel-nya. Apabila Sobat Kece kesulitan mendapatkan lidah buaya segar, cari saja produk gel lidah biaya yang banyak beredar di pasaran.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan, flavonoid, dan tannin yang mampu melawan bakteri dan mengatasi peradangan. Kompres bekas jerawat merah secara langsung dengan teh hijau. Bisa pula menempelkan kantung bekas seduhan teh hijau ke bekas jerawat. Tak lupa menggunakan air teh hijau sebagai semprotan wajah guna mengurangi peradangan.

Madu

Manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan tak dapat diragukan lagi. Selain mengatasi peradangan, madu juga mampu melembapkan kulit dan membantu melawan infeksi. Mempunyai sifat antiseptik, oleskan madu ke wajah secara teratur guna membantu mengatasi bekas merah jerawat yang membandel.

cara menghilangkan merah bekas jerawat

Cara Menghilangkan Merah Bekas Jerawat dengan Obat-obatan, Krim, dan Terapi

Sebagian orang memilih menggunakan obat-obatan atau krim sebagai cara menghilangkan merah bekas jerawat. Sejatinya tidak ada masalah mau memakai bahan alami atau obat-obatan. Asal perhatikan cara pemakaian dengan cermat. Jangan sampai karena salah penggunaan, malah memicu terjadinya masalah kulit lain yang lebih serius. Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan obat-obatan atau terapi.

Retinoid

Retinoid topikal mampu mempercepat regenerasi sel dan dikenal sebagai salah satu obat jerawat. Kamu bisa mendapatkan serum maupun krim yang mengandung retinoid di apotek. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pemakaian retinoid ini berdampak pada kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Jadi, penggunaanya disarankan pada malam hari. Hindari pemakaian retinoid untuk ibu hamil.



 

Asam Salisilat

Asam salisilat atau dikenal juga dengan salicylic acid yang terkandung dalam beragam produk perawatan kulit juga disebut-sebut efektif mengatasi bekas merah jerawat. Asam salisilat pun mampu membersihkan kotoran dan sel kulit mati, mengurangi bekas kemerahan di kulit, cocok dipakai untuk jerawat jenis apapun. Aplikasikan asam salisilat pada bagian jerawat saja sebab senyawa ini bisa membuat kulit jadi kering. Imbangi pemakaiannya dengan pelembap.

Chemical Exfoliant

Chemical exfoliant dapat dilakukan sendiri di rumah. Produk perawatan kulit ini mengandung AHA, PHA, dan BHA yang dapat mengurangi bekas merah jerawat. Di samping itu, kamu pun bisa lanjut melakukan chemical peeling di klinik kecantikan dengan pengawasan ahli. Produk yang digunakan untuk chemical peeling memiliki kandungan acid lebih tinggi dibandingkan produk chemical exfoliant yang biasa diaplikasikan di rumah.

LED Light Theraphy

LED light theraphy mempunyai lampu berwarna merah yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan mendorong penyembuhan bekas merah jerawat. Kamu bisa mendapatkan alat ini di marketplace.

Penutup

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi dapat menggunakan bahan alami, obat-obatan, atau terapi khusus. Kamu hanya perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Bekas merah pada kulit akibat jerawat memang sulit diatasi, tetapi bukan berarti tidak bisa. Yuk, coba beberapa cara di atas biar tampilan kian menawan!

Salam manis,

idekece.my.id



Referensi :

https://www.larocheposay.co.id

https://www.herworld.co.id

https://kumparan.com

Intellifluence Trusted Blogger