Penipuan IndiHome maksudnya bukan IndiHome yang menipu. Tetapi pihak lain yang memanfaatkan IndiHome untuk melakukan aksi kejahatan mereka. Duuh.. meresahkan banget, ini, ya! Sama dengan kejahatan-kejahatan lainnya, tidak hanya meresahkan, kadang malah membahayakan. Makanya kita harus punya jurus mengantisipasi penipuan-penipuan seperti ini.
Contents
Penipuan IndiHome, Seperti Apa Modusnya?
Pelaku kejahatan seperti penipuan sepertinya terus berusaha menciptakan modus baru untuk mengelabui calon korbannya. Kalau yang terjadi pada IndiHome ini mereka menyamar sebagai petugas layanan customer service.
Saudara saya beberapa waktu lalu mendapat telepon yang mengatakan kalau ada penunggakan pembayaran Paket Internet Cepat di rumah. Beliau heran karena merasa selalu membayar tagihan wi-fi di rumah bersamaan dengan pembayaran listrik.
Saudara saya : “Nggak mungkin saya nunggak, saya selalu bayar, kok”
CS Palsu : “Pada rekap data kami, Ibu belum melakukan pembayaran sejak 5 bulan yang lalu”
Saudara saya : “Salah orang, kali, tuh!”
Pura-pura Menawarkan Bantuan
Lalu saudara saya ditanya nama dan email yang digunakan untuk mendaftar layanan Paket Internet Cepat IndiHome waktu itu. Alasannya untuk mengecek ulang. Saudara saya menyebutkan emailnya. Lalu CS palsu mengatakan pembayaran dari saudara saya belum masuk. Pelaku penipuan IndiHome ini menawarkan bantuan untuk mengurus kesalahan data.
Saudara saya : “Ya, tolong dibantu, lah, kan saya sudah bayar”
CS Palsu : “Jika ada biaya yang timbul dari layanan ini apakah ibu tidak keberatan?”
Saudara saya : “Lho, masak, sih, masih pakai bayar lagi. Kan saya udah bayar”
CS Palsu : “Jika tunggakan lebih dari tiga kali dan tidak segera dilunasi, nanti urusannya sama polisi. Tapi jangan khawatir, kami akan bantu mengurusnya. Baik, bisa disebutkan nomor telpon yang ibu pakai untuk mendaftar?
Saudara saya : “Waduh, lupa. Kayaknya pakai nomor telepon anak saya”
CS Palsu : “Ibu bisa kontak ananda, karena akan ada kode unik yang kami kirim melalui nomor telepon ananda”
Sampai di sini saudara mulai curiga ada yang nggak beres dengan penelpon yang mengaku sebagai CS Telkom.
Saudara Saya : “Gini aja, deh, Pak. Saya ke mau ke kantor aja”
Saudara saya menutup sambungan telepon dan memblokir nomor telepon CS palsu pelaku penipuan IndiHome. Fyuhh… legaa
Nah, modus penipuan yang dialami saudara ini hanya salah satu contoh. Penipuan lain ada yang mendatangi rumah dan mengatakan akan melakukan perawatan jaringan, ada yang menawarkan upgrade layanan Paket Internet Cepat dengan biaya tetap, dan banyak lagi yang lainnya. Wah, kita harus hati-hati dan waspada, ya.
Antisipasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan IndiHome atau Penipuan Jenis Apapun
Produk atau layanan yang banyak penggunanya biasanya dimanfaatkan oleh orang lain untuk bertindak jahat. Ya seperti layanan Paket Internet Cepat dari IndiHome ini kan banyak penggunanya.
Modus penipuan macam-macam, dari mulai yang sederhana sampai yang rumit. Intinya supaya kita mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka. Baik dengan sengaja atau tanpa sengaja karena membiarkan penipu menguras rekening kita. Dari man? Dari kode OTP yang mereka bilang kode unik yang harusnya kita rahasiakan.
Nah, supaya kita terbebas dari penipuan-penipuan seperti itu, sebagai pengguna layanan Paket Internet Cepat dari Telkom Indonesia kita harus melakukan banyak antisipasi.
Membayar Tagihan Hanya Melalui Kanal Resmi
Subscriber Indihome pasti selalu menerima informasi laporan tagihan lengkap setiap bulan. Ini sudah secara otomatis dikirim oleh Telkom ke email pribadi kita. Tempat pembayaran resmi pasti diinformasikan dalam email tersebut. Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran untuk antisipasi jika terjadi kesalahan pemasukan data. Meskipun ini jarang terjadi, ada baiknya kita berjaga-jaga.
Membayar Tagihan Secara Rutin dan Tepat Waktu
Jika kita secara rutin membayar pada tanggal tertentu, kita akan mudah mengingat bahwa kita sudah membayar. Jadi kalau tiba-tiba mengalami apa yang saudara saya alami kita tidak mudah terpancing atau terkecoh.
Jangan Mudah Percaya
Jika ada yang menghubungi, mengaku dari IndiHome, jangan langsung percaya. Lakukan crosscheck terlebih dulu. Kita bisa mengkonfirmasi informasi ke kanal resmi, di media sosial IndiHome Care, contact center 147, maupun Grapari TelkomGroup terdekat. Banyak pintu yang bisa kita gunakan untuk mengecek kebenaran
Jangan Mudah Menerima Tawaran Bantuan
Terkadang penipu IndiHome memanfaatkan keengganan kita mengurus hal yang ribet. Kita maunya serba mudah dan serba cepat. Sebaiknya sebisa mungkin lakukan sendiri. Jadilah pelanggan yang cerdas dan bijak agar terhindar dari kerugian dan selamat dari penipuan.
Jangan Sembarangan Bagikan Kode Apapun
Banyak kode atau nomor penting yang bisa disalahgunakan oleh orang lain. Nomor KTP, nomor KK, kode OTP, nomor telepon atau alamat email. Ketika mengisi formulir online pastikan link tersebut mengarah ke situs resmi penyedia layanan Paket Internet Cepat
Penutup
Kejahatan apapun, sebenarnya bisa dicegah dan diantisipasi. Seperti tidak memakai perhiasan yang mencolok ketika bepergian, adalah antisipasi terhindar dari penjambretan. Cyber Crime bisa kita cegah dengan bijak berinternet. Menggunakan jaringan internet hanya untuk kegiatan yang bermanfaat. Selalu lakukan cek dan cek ulang sebelum memutuskan sesuatu. Apalagi yang berkaitan dengan keuangan. Jangan segan mengontak nomor telepon resmi lembaga tertentu. Dapat juga kita gunakan akun sosial media lembaga tersebut. Jika kita ragu, bisa minta bantuan orang terdekat atau orang yang kita percaya.
Salam hati-hati dan waspada!
Serius nih Mbak, ada modus penipuan berkedok indihome? Wah makin kreatif aja ya yang nipu.
Masak sampai 5 bulan nunggak baru dipermasalahin. Agak nggak masuk akal tapi kalau kitanya panik bisa banget jadi target penipuan ya Mbak.
Makasih lho untuk infonya. Memang harus paham ya, biar nggak gampang ditipu.
sebenarnya itu akal-akalan penipu. kalau memang nunggak pasti ada email masuk untuk pemberiahuan
Bener banget mbak skrg penipuan semakin marak ya rasanya, jadi kita nya wajib banget buat makin cermat juga
hati-hati, waspada, crosscheck, nggak mudah percaya dan lindungi data pribadi
Ya ampun bener banget sih ini mbak, zaman sekarang penipuannya udah semakin beragam. Harus lebih waspada
wah makin banyak aja ya sekarang jenis penipuan bahkan urusan pemasangan internet aja tuh bsia dijadikan bahan penipuan. wajib lebih berhati-hati lagi. pastinya memang kalau ada yang mengatasnamakan dari IndiHome misalnya nomor HP atau email wajib banget konfirmasi dahulu ke layanan IndiHome agar terhindari dari hal-hal seperti ini ya kak
Memang harusnya pembayaran dan keluhan disampaikan langsung ke nomor customer service resmi, 147
Wah ternyata ada jg ya penipuan atas nama indihome, mesti makin waspada nih sama hal-hal yg berbau seperti ini
ya, kita perlu lebih berhati-hati
Musim banget ya penipuan kayak gini marak, harus lebih hati2 biasanya klo ak curiga langsung DM ke twit atau ig perusahaannya langsung
Informasi bermanfaat untuk pembaca karena modus penipuan zaman serba digital makin canggih. IndiHome bagus sosialisasinya pada pengguna internet.
jadi kita pengguna IndiHome harus lebih cangih lagi, kan? lebih hati-hati
penipu zaman sekarng punya banyak modus yaa. ngeri sih kalau sampai ada yang mengatasnamakan IndiHome. Paling bener memang install aplikasi myIndiHome ya, Mbak. Terus kalau mau menyampaikan keluhan wajib banget ke akun resminya biar aman dari penipu
betul, pakai aplikasi resmi, aman dan nggak khawatir lagi
Waduh, ada juga ya orang yang menipu mengatasnamakan IndiHome. Ngeri juga euy kejahatan cyber ini. Semua bidag disasar tanpa pandang bulu. Jadi, kita harus waspada dan lebih hati-hati, nih.
iya, sebenarnya bisa terjadi padasemua, kebetulsn ini ysng didompleng adalah IndiHome
Kelihatannya Kejadian ini baru mulai viral nih. Kita harus hati-hati ke depan. Tingkatkan kewaspadaan terutama pelanggan IndiHome jangan sampai kena tipu.
semoga juga dipakai pelajaran oeh siapa saja, bahwa penipuan bisa saja mencatut nama “orang” lain
Memang makin banyak penipuan sekarang ini, kita harus benar-benar hati-hati sih. Kode OTP itu yang paling harus diperhatikan sih, ketika ditelpon oleh orang yang gak dikenal dan ngaku-ngaku CS padahal ngerasa gak pernah ngelakuin apapun, harus jaga-jaga sih kalau sampai dah minta OTP
betul jangan pernah berikan kode OTP ke orang lain, titk.
ada aja akal bulus penipu ya, yang paling sering kejadian emang pura-pura jadi CS. kalo kitanya gak aware dan mudah panik, duh langsung terjebak. makanya harus banget save nomer resmi cs dan email nya indiHome. biar aman.
juga selalu crosscheck. paling nggak ingat kapan kita bayar iuran, paket apa yang kita ambil, email yang kita gunakan, dan lain-lain. jadi misalkan penipu bilang kalau kita ada tunggakan kita bisa langsung tahu kalau ini ada indikasi penipuan
Astagfirullah serem banget ya mentang2 zaman wifi, kita harus selalu waspada ya kak niat org emg beda2
sebenarnay kalau kita ikuti jalur aman ya, insya Alah aman. kaya bayar tepat waktu, bayar sendiri nggak lewat orang lain, menyimpan bukti pembayran, lalu menggunakan internet dengan bijak. kalau nggak pernah nunggak kan kita bisa yakin kalau ada yang bilang ada tunggakan, kalau kita biasa ke tempat pembayaran resmi, pasti nggak mau ke sembarang orang melepas uang, ya kan?
Kami di rumah masih ada telepon rumah yang nyaris engga pernah dipakai. Nah, udah beberapa kali ada telepon ke rumah ini, lalu ada suara mesin, yang bilang kalau kami nunggak, lalu kalau ada pertanyaan disuruh tekan tanda *. Aku diemin aja, smp 3X mesinnya “ngomong”, udah itu tuuut…tuuut…tuuut…
Makin pinter ya komplotan nipu…Harus dishare nih, berbagai tipuan, supaya masyarakat waspada…
ya, saya dulu juga gitu saya biarin aja dia bicara panjang lebar, saya taruh gagang telpon tanpa menutup. biarn aja ngomong sendiri
Hal serupa pernah saya alami tetapi dari PLN, ada orang yang datang ke rumah nagih PLN, kebetulan memang belum membayar. Tapi saya kok ragu kalau mau bayar lewat orang tersebut, jadi ya saya bayar online saja hehehe. Memang harus berhati-hati ya dan tips dari mbak sita sangat bermanfaat, daripada ketipu mending bayar tagihan tepat waktu ya
Nah, betul mbak. pokoknya jangan asal percaya sama orang yang datang ke rumah. Kadang gini yang bayar anaknya, lalu yang ditagih orang tuanya yang di rumah, kalau nggak crosscheck bisa kena tipu, kan?
Belakangan ini memang lagi marai ya penipuan yang mengatasnamakan IndiHome . Sebagai pelanggan kita harus lebih mawas lagi jangan langsung percaya aja kalau ada yang nelpon ke rumah apalagi kalau telponnya mencurigakan
Sebaiknya kalau ada yang mencurigakan langsung aja ke kantor IndiHome, tapi kadang ngadapin yang seperti ini suka dredeg dan bingung duluan. semoga Penipuan semacam ini tidak marak lagi karena semakin banyaknya edukasi tentang hal tersebut ya kak