Pilih Laman

Sebagai tuan rumah kita harus mengetahui tata cara menerima tamu dengan baik sehingga ia merasa nyaman dan dihargai. Sayangnya, banyak orang yang menganggap sepele hal ini dan tidak berusaha memperlakukan tamu sebaik mungkin. Akhirnya kunjungan pun tidak berkesan dan tamu tersebut enggan datang kembali ke rumah kita. So, apa saja yang harus dilakukan ketika ada tamu di rumah kita?

Perhatikan Pakaian

Pastikan pakaian yang digunakan pantas untuk menyambut tamu. Hindari memakai busana terbuka atau berbau kurang sedap. Mengapa harus berpakaian yang pantas ketika menerima tamu? alasannya itu adalah bentuk penghargaan kita kepada tamu. Secara tidak langsung itu juga merupakan penghargaan pada kita sendiri. Kalau penampilan kita kurang sopan dalam menerima tamu 9 dari sisi berpakaian) artinya kita rela terlihat buruk di depan orang lain. Aalasan lain adalah, bahwa tiap pakaian ada waktu dan tempat khususnya. Misalnya, seragam akan kita pakai ketika sekolah. Baju tidur dikenakan saat malam hari di rumah atau khusus untuk tidur. Demikian juga baju untuk pergi atau baju pesta. Nah, untuk menyambut tamu, kita bisa mengenakan baju untuk bepergian atau baju rumah yang sopan.

Sambutlah dengan Baik

Tata cara menerima tamu berikutnya adalah memberi sambutan sebaik mungkin. Perlihatkan wajah yang cerah, bahagia, dan jangan lupa tersenyum, ya. Gunakan tutur kata sopan, penuh penghormatan. Bersikap hangat dan jangan cuek apalagi sampai memalingkan wajah ketika tamu tengah berbicara. Hati-hati, sebab ini bisa membuat tamu merasa tidak dihargai, lo.

Sikap seperti apa sih, yang seharusnya ditunjukkan pada saat menerima tamu? Hmm.. bayangkan aja kita adalah tamunya, sikap seperti apa yang ingin kita dapatkan dari tuan rumah?

Menjamu Tamu

Menjamu tidak harus menyiapkan sajian mewah atau mahal. Berikan hal terbaik yang dimiliki. Misalnya jika di rumah ada teh, sirup, atau kopi, maka berikan tamu kesempatan memilih minuman yang disukainya. Apabila di rumah terdapat camilan, sajikanlah untuk tamu kita. Ingat bahwa memuliakan tamu hukumnya wajib. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menjamu tamu sebaik mungkin. Kalau sedang tidak memiliki camilan atau minuman sama sekali, yaa.. paling tidak kita sambut tamu dengan baik, dan membantu keperluan tamu datang ke rumah kita.

Tanyakan Keperluan

Sembari menyajikan jamuan atau suguhan, kita bisa menanyakan keperluan tamu. Mungkin ada hal penting yang harus ia sampaikan. Jika tamu ingin bertemu seseorang di rumah, seperti orang tua atau saudara kita, maka katakan pada tamu untuk menunggu. Setelah itu kita sampaikan pada orang tua kita (atau siapa yang dicari tamu). Mungkin butuh sediikit waktu bagi orang tua atau saudara kita untuk keluar menemui tamu, kita bisa menemani tamu mengobrol.  Di sini sebaiknya kita  berusaha menjadi pendengar yang baik. Ingat dengan baik isi pembicaraan, dan hindari memotong sebelum tamu selesai berbicara. Setelah yang dicari tamu datang kita bisa meninggalkan ruang tamu.

Antar Tamu Pulang

Antarkan tamu sampai depan halaman. Perilaku terpuji ini tak hanya sebagai wujud penghargaan kita kepada orang yang berkunjung, tetapi juga mampu memberi kesan baik di mata tamu. Mereka akan merasa dihormati dan dihargai oleh tuan rumah.

Tata Cara Menerima Tamu Menginap

Bila tamu hendak menginap, pastikan kita mempersiapkan segala kebutuhannya. Mulai dari membersihkan kamar tamu, memenuhi ketersediaan makanan, dan menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan tamu misalnya, wifi, buku, alat tulis, dan sebagainya. Meskipun belum tentu semua yang kita siapkan akan dipergunakan, ya. Tapi, setidaknya kita sudah membantu tamu untuk mudah mendapatkan apa yang (mungkin) ia cari.

Oh, iya. Jangan sampai membebani tamu dengan memintanya mengerjakan pekerjaan rumah, kecuali ia yang menginginkan. Jalin komunikasi yang efektif dan asyik supaya tamu tidak canggung berbicara kepada kita.

Tata cara menerima tamu dengan baik sebenarnya sederhana. Kita hanya perlu menunjukkan kegembiraan dan ketulusan. Dengan demikian tamu pun akan merasa nyaman saat berkunjung. Tidak hanya itu, kita akan mendapatkan pahala karena kita sudah memuliakan tamu.

Intellifluence Trusted Blogger