Pilih Laman

Tanaman herbal untuk imunitas tubuh makin banyak dicari satu tahun terakhir ini. Sejak pandemi melanda dunia awareness soal kesehatan menjadi berlipat pada semua orang. Terlebih ketika teman atau kerabat dekat, bahkan kita sendiri yang mengalami serangan virus covid-19. Segala upaya pengobatan dilakukan untuk menemukan penagkal wabah yang melanda dunia ini.

Bahan alami berupa tanaman herbal dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, maka tubuh akan dengan sendirnya menangkal virus yang mungkin menerpa kita. Namun, bukan sembarang tanaman herbal bisa kita konsumsi untuk tujuan meningkatkan imunitas tubuh, ya. Perlu uji klinis secara serius supaya khasiat tanaman herbal untuk imunitas benar-benar layak untuk dikonsumsi.

Belajar dari Webinar dari Imugard

Nah, minggu lalu, tepatnya Senin 22 Maret 2021, saya mengikuti webinar โ€œIbu Sigap Jaga Imunitas Keluargaโ€. Webinar ini diselenggarakan oleh Imugarad dan Deltomed bersama Komunitas Mom Blogger Community. Dari sinilah saya makin tahu pentingnya menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah dan mengobati sakit yang kita alami. Apalagi virus Covid.19 masih belum ditemukan obatnya, sehingga imuntas tubuh sangat penting sebagai penangkal awal.
Dua pembiacara yang hadir saat itu adalah dr. Inggrid Tania M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesa (PDPOJTI) dan Apt. Agie Avionico Guadart, S. Farm, Brand Manager Imugard.

tanaman herbal-webinar

Tanaman Herbal untuk Imunitas Tubuh

Indonesia sedemikain kaya akan hasil alam yang bermanfaat bagi manusia, khususnya menjaga kesehatan, dan berikut ini adalah 25 diantaranya

1. Kunyit (Curcuma longa)
2. Enchinacae (Echinacea pupurea)
3. Meniran (Phyllanti niruri)
4. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)
5. Daun Kelor (Moringa Oleifera)
6. Bawang putih (Allium sativum)
7. Mengkudu (Morinda citrifolia)
8. Lidah buaya (Aloe vera)
9. Pegagan (Centella asiatica)
10. Keladi tikus (Thyponium flagelliforme)
11. Cabe Jawa (Piper longum)
12. Kembang Sepatu (Hibiscus rosasinensis)
13. Brotowali (Tinospora cordifolia)
14. Teen (Ficus carica)
15. Murbei (Morus alba)
16. Orang-aring (Eclipta alba)
17. Mangga (Mangifera indica)
18. Mimba (Azadirachta indica)
19. Sarang semut (Myrmecodia tuberosa)
20. Jahe
21. Temulawak
22. Kencur
23. Jinten Hitam Ginseng
24. Sambiloto
25. Madu

Selain 25 bahan herbal ini, masih banyak lagi hasil alam Indonesia yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya di masa pandemi ini.

Manfaat Tanaman Herbal bagi peningkatan Daya Tahan Tubuh

Menurut dr. Inggrid, sistem imun adalah semua mekanisme dalam tubuh yang bekerja untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya yang datang dari luar tubuh, maupun dari dalam tubuh itu sendiri. Imunitas atau kekebalan tubuh akan mempengaruhi reaksi tubuh terhadap berbagai serangan seperti bakteri dan virus.

Nah, ada zat yang disebut dengan Imunomodulator. Ini adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, meningkatkan pertahanan alamiah maupun adaptif. Imunomodulator bisa mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu.

Beberapa Contoh Imunomodulator

Salah satu contoh bahan herbal yang berfungsi sebagai Imunomodulator adalah daun kelor. Pada tanaman dengan daun berbentuk oval kecil ini, terdapat banyak sekali senyawa dan nutrisi penting yang mampu meningkatkan imunitas dan mencegah infeksi. Kandungan flavonoid, anthraquinon, dan vitamin C pada daun kelor teruji cukup efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, vitamin C yang terdapat pada daun kelor 7 kali lebih lipat banyaknya dibanding jeruk.

Contoh imunomodulator berikutnya adalah Kunyit. Tanaman rimpang berwarna kuning tua ini juga besifat anti radang. Kunyit aman untuk pemakaian jangka panjang. Ia juga mampu memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan.
Tak kalah penting juga adalah daun meniran yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan, selain daun, batang dan akar tumbuhan meniran juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kandungan antioksidan inilah yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh.

Imugard dengan Formula Herbal 3 In 1

Sinergi atau kombinasi beberapa bahan herbal seperti daun kelor, kunyit dan meniran ternyata memberi efek peningkatan daya tahan tubuh yang lebih optimal. Gabungan tiga tanaman berkhasiat asli Indonesia inilah yang kemudian dijadikan bahan utama dari Imugard, produk herbal keluaran PT. Deltomed untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tiga khasiat yang terdapat didalamnya dipercaya akan membantu memelihara daya tahan tubuh, melengkapi nutrisi dan memperbaiki sistem percernaan.
Menurut mas Agie dari PT.Deltomed, untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, kita bisa mengonsumsi Imugard sebanyak 1 kaplet setiap hari. Jika kondisi tubuh sedang tidak prima, kita bisa menambah asupan menjadi 2 kaplet sehari, sampai keadaan membaik seperti semula.

Terkait penggunaan imunomodulator (pengatur sistem kekebalan tubuh), perlu diingat bahwa konsumsi imunomodulator bukan berarti kita sudah bebas dari asupan gizi seimbang. Karena semua vitamin dan suplemen hanya bersifat tambahan dan tidak bisa menggantikan gizi seimbang yang dikonsumsi sehari-hari. Artinya, kita tetap harus menjaga pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu perlu juga melakukan olah raga secara rutin untuk menjaga kebugaran.

Nah, teman-teman, semoga kita bisa survive dari pandemi ini, ya. Jangan lupa untuk melakukan 5M. Memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak minimal 2 meter, menghindari kerumunan, dan membatasai interaksi dan mobilitas,