Pilih Laman

Ada beberapa pertimbangan penting saat memilih spesifikasi printer terbaik versi kamu, misalnya mulai dari kemampuan tiap printer itu sendiri sampai dengan harganya. Namun, jangan sampai luput, ada loh beberapa hal yang bisa kamu cek juga.

Spesifikasi Printer, Pahami Sebelum Membeli

Kecepatan mesin

Angka kecepatan mesin yang dimiliki oleh sebuah mesin printer merupakan indikator seberapa cepat pekerjaan cetak besar akan dilakukan. Namun, kebanyakan produsen printer biasanya menghitung menggunakan metode yang tidak mencerminkan praktik penggunaan mesin printer di dunia nyata. Misalnya, beberapa model printer mungkin saja memiliki beberapa mode, dan satu mode lebih baik dari mode yang lain, meskipun seringkali, kebanyakan orang mencetak dalam mode default.

Baca juga : Cetak Spanduk Bandung 24 Jam, Di Sini Tempatnya

Kisaran angka siklus cetak (bulanan)

 Angka ini menunjukkan seberapa tahan lama sebuah printer, jadi ini merupakan ukuran penting untuk kamu yang memiliki bisnis pencetakan atau mungkin berbagai penggunaan aktivitas berat lainnya. Beberapa printer yang memiliki kapasitas volume rendah, (biasanya jenis printer yang sering digunakan di rumah) bahkan tidak memiliki kisaran angka siklus ini. Jika sebuah printer memiliki angka siklus bulanan, katakanlah, 20.000 halaman, artinya kamu bisa mencetak sebesar jumlah tersebut dalam sebulan–tentunya angka tersebut merupakan jumlah yang cukup banyak.

Hanya saja, sama seperti kamu tidak menggunakan mobil dan memakainya untuk perjalanan jauh sepanjang waktu, kamu juga tidak ingin menghabiskan banyak kertas untuk dicetak oleh mesin printer setiap hari. Volume atau angka pencetakan aktual yang bisa kamu harapkan (secara realistis, tentunya) untuk amannya adalah 50% dari angka siklus bulanan printer.

spesifikasi printer canon

Resolusi cetak

Resolusi cetak adalah hal yang sering diburu oleh banyak orang. Tapi, kamu tetap harus berhati-hati, ya. Spesifikasi resolusi dengan kata tambahan seperti “dapat dioptimalkan”, atau “hingga” tidaklah menunjukkan resolusi yang sebenarnya. Jika kamu menemukan printer dengan resolusi 1200 x 1200 dpi – (masih jarang ditemukan pada printer umumnya) – kamu akan melihat bahwa mesin printer ini mampu menghasilkan teks dan kualitas gambar yang sangat tajam. 

Baca juga : Percetakan Online Bandung

Resolusi Scan

Mirip dengan resolusi cetak, angka resolusi scan yang sebenarnya juga bisa dimanipulasi. Tipsnya, carilah “resolusi optik” sebagai patokan ukuran sebenarnya. Untuk resolusi scan sebenarnya tidak perlu setinggi resolusi cetak, karena 300 dpi adalah resolusi yang sudah lebih dari cukup. Semakin tinggi resolusinya, juga akan membutuhkan proses scanning yang lebih lambat dan ukuran file yang jauh lebih besar. Selain itu, gambar yang dihasilkan belum tentu lebih tajam. Ingat, spesifikasi resolusi dengan imbuhan seperti “dapat dioptimalkan” atau “hingga” adalah resolusi yang dimanipulasi. 

Penutup

Jadi, demikian tips untuk mengecek spesifikasi printer terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Semoga info di atas membantu ya.

 

Salam hangat,

 

idekece.my.id

Intellifluence Trusted Blogger