Pilih Laman

Pentingnya asuransi kendaraan perlu dipahami sebelum memutuskan membeli asuransi kendaraan bermotor. Memiliki moda transportasi pribadi, sudah pasti memberi banyak manfaat pada kita. Maka wajar kiranya jika kemudian timbul kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan kemudahan yang kita peroleh. Ibaratnya, di mana ada hak, di sana muncul pula kewajiban. Jika Anda masih menyimpan tanda tanya untuk apa memiliki asuransi kendaraan, semoga setelah membaca artikel ini Anda menemukan jawabannya.

Pentingnya Asuransi Kendaraan, Penting untuk Diketahui

Seperti yang tadi saya sebutkan di awal, bahwa memiliki kendaraan pribadi adalah salah satu keuntungan bagi kita. Yang pasti mobilisasi kita lebih bebas, kita lebih leluasa bepergian ke berbagai tempat. Berbeda ketika harus menggunakan kendaraan umum, kita tergantung tempat, waktu, dan ketersediaan angkutan umum.

Nah, dengan merasakan manfaat memiliki kendaraan pribadi, kita tentu akan berusaha menjaga kondisi kendaraan kita, kan? Dengan demikian kapan pun kita membutuhkan, kendaraan akan siap mengantar kita. Kesiapan di sini bukan hanya soal mesin yang sehat, bahan bakar yang cukup, tetapi juga mengenai perlindungan terhadap kendaraan itu sendiri.

Manfaat Asuransi

 

Perlindungan terhadap kendaraan, awam disebut degan asuransi kendaraan. Lalu apa saja yang dilindungi dari asuransi kendaraan yang kita miliki?

Melindungi dari Resiko Pencurian Kendaraan

Semua sepakat bahwa kendaraan bermotor bukan barang dengan harga murah. Bahkan masih termasuk pada klasifikasi barang mewah. Nah, sesuatu yang harganya mahal memiliki risiko diambil atau dicuri orang.
Asuransi kendaraan bermotor, akan melindungi mobil atau motor dari risiko pencurian. Mudahnya begini, dengan memiliki asuransi kendaraan bermotor, jika mobiol kita dicuri, maka perusahaan asuransi akan memberi kita dana. Jumlah dana yang kita terima tergantung kesepakatan kedua belah pihak, dan akan ditulis secara rinci dalam perjanjian atau polis asuransi.

Melindungi dari Resiko Kerusakan Kendaraan

Salah satu yang perlu kita ingat dari pentingnya asuransi kendaraan adalah bahwa perusahaan asuransi menjamin setiap kerugian atau kerusakan pada motor atau mobil kita. Bagaimanapun, setiap kendaraan yang melaju di jalan raya memiliki risiko mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan bisa apa saja, kesalahan dalam berkendara, peristiwa alam, atau penyebab lainnya.

Biaya perbaikan dari kerusakan tersebut tentu saja tidak murah. Nah, jika kita memiliki asuransi kendaraan, maka perusahaan asuransi yang akan membantu kita menyediakan dana untuk perbaikan tersebut.

Melindungi dari Resiko Kecelakaan

Setiap orang pasti akan berusaha berhati-hati ketika berkendara supaya aman sampai di tujuan. Tetapi sehati-hatinya pengendara, tetap saja kecelakaan mengintai di mana-mana. Bisa saja karena kesalahan pengendara lain, kerusakan jalan atau marka jalan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Nah, dalam asuransi dikenal asuransi mobil all risk atau asuransi comprehensive. Artinya segala risiko yang mungkin timbul dari mobil tersebut, baik kecelakaan atau kehilangan akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi.

Sebaliknya ada pula jenis asuransi yang meng-cover hanya jika terjadi kehilangan seluruhnya atau Total Loss Only (Asuransi mobil TLO). Perusahaan asuransi hanya akan memberi dana jika mobil hilang atau rusak total (di atas 75%).

Penutup

Menjaga dan melindungi kendaraan, sama halnya dengan menjaga keselamatan jiwa kita. Tak hanya itu, saat kita melindungi nyawa kita, maka secara tidak langsung kita juga melindungi orang lain. Lebih jauh dari itu, melindungi kendaraan dari berbagai risiko sama halnya dengan melindungi keuangan kita. Nah, kita bisa mempelajari lebih jauh pentingnya asuransi kendaraan, dengan mendalami berbagai hal terkait tentang asuransi. Jika Anda penasaran bagaimana seluk beluk asuransi TLO, bisa mempelajari asuransi TLO BCA Finance.

Sementara itu referensi mengenai asuransi yang menanggung segala risiko bisa mendapatkannya di asuransi mobil terbaik All Risk Tugu Pratama. Dengan memahami berbagai hal terkait dengan asuransi seperti manfaat, tatacara pembayaran dan prosedur klaim asuransi, sudah pasti kita akan lebih yakin saat memutuskan memiliki asuransi kendaraan.

Intellifluence Trusted Blogger