Pilih Laman

Mengatur waktu belajar penting banget diterapkan. Apalagi saat belajar dari rumah seperti sekarang ini. Belajar jarak jauh memiliki tantangan tersendiri. Tanggung jawab terhadap tugas sekolah dan kemandirian dalam mengerjakanya menjadi salah satu kunci utama. Kita pun dituntut supaya efektif mengatur waktu saat belajar dari rumah. Kebebasan belajar sendiri dari rumah bukan berarti kita bisa seenaknya menggunkan jam belajar kita, ya!

Jadi, langkah apa saja yang bisa dilakukan? Scroll down untuk lebih detailnya, Sobat Kece!

Menyusun Daftar Kegiatan

Buatlah daftar aktivitas harian mulai dari bangun hingga tidur kembali. Dengan demikian kita tidak akan kebingungan mau melakukan apa di hari tersebut. Dengan memiliki daftar kegiatan kita seperti memiliki panduan kegiatan secara lengkap selama sehari penuh. Ini juga akan membuat waktu terpakai secara efektif.

Tentukan Skala Prioritas

Penting bagi kita menentukan skala prioritas. Artinya adalah membuat peta aktivitas mulai dari yang paling penting atau harus dikerjakan segera hingga hal-hal kurang penting. Sebagai contoh, dalam daftar kegiatan kita menempatkan belajar daring di posisi pertama, selanjutnya mengerjakan tugas sekolah, kemudian membantu ibu membereskan rumah, lanjut bermain bersama adik, dan seterusnya. Mengatur waktu belajar justru akan membuat kita leluasa mengisi hari kita dengan kegiatan yang menyenangkan.

Hindari Menunda

Ini salah satu kunci keberhasilan mengatur waktu belajar. Menunda menyelesaikan tugas sekolah hanya akan membuat pekerjaan kita semakin menumpuk. So, jangan mengulur waktu. Bila kita bisa mengerjakannya saat ini, kenapa harus menunggu esok? Salah satu alasan mengapa kita tidak boleh menunda adalah bahwa setiap kegiatan itu memiliki semacam prime time, atau waktu istimewa. Melaksanakan kegiatan pada waktu istimewa seperti ini biasanya menghasilkan kualitas pekerjan yang luar biasa, loh.

Berusaha Tetap Fokus

Godaan belajar dari rumah lebih banyak dibandingkan saat sekolah tatap muka. Jika sudah mulai belajar, berusahalah tetap fokus. Caranya, masuk ke ruangan yang tenang. Tutup dulu komik kesayangan. Tahan jemari agar tidak browsing hal-hal yang justru mengganggu konsentrasi. Hindari bermain game online selama proses belajar berlangsung. Pintarlah membagi waktu belajar dengan kegiatan lainnya. Ingat! Belajar tidak butuh waktu yang lama. Selesaikan segera dan kita akan bebas melakukan aktivitas lainnya.

Perhatikan Waktu Istirahat

Perlu diingat bahwa daya konsentrasi akan berkurang ketika tubuh dalam kondisi lelah. Oleh sebab itu, penting bagi kita memperhatikan waktu istirahat. Berhentilah ketika mengantuk. Utamakan istirahat sebelum melanjutkan belajar. Jika tetap memaksakan diri belajar saat badan terlalu lelah atau mengantuk, biasanya apa yang kita baca atau pelajari malah nggak masuk ke otak, hehe. Jadi sebaiknya belajar waktu otak dan badan kita dalam keadaan fresh!

Apa saja yang harus dilakukan agar belajar dari rumah lebih menyenangkan?

  • Siapkan ruang khusus ketika hendak masuk kelas online atau melakukan meeting daring via Google Meet maupun Zoom. Dengan demikian konsentrasi pun tidak akan terganggu;
  • Pastikan koneksi internet stabil;
  • Kerjakan tugas secepat mungkin dan hindari menunda;
  • Laporkan progress atau hasil tugas tepat waktu;
  • Bosan di ruang tertutup? Kita bisa mendiskusikan bersama orang tua untuk belajar jarak jauh di luar ruangan saat sesi meeting selanjutnya. Hal ini bertujuan agar jika tiba waktunya, anggota keluarga bisa menciptakan situasi yang kondusif.

Nah, itulah beberapa tips efektif mengatur waktu saat belajar dari rumah. Selamat mencoba, semoga sukses, Sobat Kece!