Pilih Laman

Apa Pentingnya, sih?

Thinkers, ketika seseorang berniat untuk mengubah pola makan, kebanyakan hanya fokus memikirkan menu atau porsi makan saja. Padahal ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu waktu makan. Yaps, Thinkers! Kita harus memastikan makan tepat waktu supaya kesehatan serta metabolisme tubuh terjaga.

Dilansir dari laman medium (17/04/17), kita dianjurkan untuk sarapan 30 menit usai bangun pagi atau sekitar pukul 07.00-10.00 dengan memilih sajian ringan seperti pisang, oatmeal, atau roti. Nah, makan siang sebaiknya dilakukan sekitar pukul 12.30-14.00. Untuk makan malam disarankan pukul 18.00-21.00. Berhentilah makan tiga jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar proses pencernaan makanan tuntas dan tidak membusuk di usus kecil maupun lambung. Makan mendekati jam tidur pun dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Setelah mengetahui waktu makan yang tepat, sekarang kita ulik, yuk, manfaat makan tepat waktu bagi kesehatan!

Meminimalkan Risiko Obesitas dan Diabetes

Memilih terlambat makan atau melewatkan makan justru membuat kita terpicu mengonsumsi kalori ekstra. Sebagai contoh, seseorang yang sering meninggalkan sarapan. Ia akan merasa cepat lapar dan sangat mungkin makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Menyantap sajian tepat waktu akan menghindarkan kita dari kebiasaan makan berlebihan pemicu obesitas dan penyakit diabetes.

Kondisi Pencernaan yang Baik

Makan teratur dengan memilih sajian bergizi akan membuat fungsi sistem pencernaan serta metabolisme tubuh semakin optimal. Nutrisi pun terserap sempurna sehingga menjadikan tubuh bugar dan sehat.

Terhindar dari Penyakit Jantung

Saat ini penyakit jantung tidak hanya rentan diderita oleh orang tua, anak-anak hingga remaja pun rawan terkena penyakit kronis ini. Makan tepat waktu akan membantu pengaturan metabolisme lipid yang berdampak pada berkurangnya LDL (low density lipoprotein) atau yang umum dikenal sebagai kolesterol jahat penyebab sakit jantung.

Thinkers, selain pemilihan menu ternyata makan tepat waktu juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Yuk, ubah pola makan menjadi teratur supaya badan makin sehat dan bugar!

Intellifluence Trusted Blogger