Pilih Laman

Kurba kambing untuk berapa orang, ya? Beberapa dari kita mungkin masih bingung dengan syarat berkurban, terutama apabila menghendaki kurban kambing. Selama ini kebanyakan orang beranggapan bahwa kurban kambing hanya boleh ditujukan untuk satu orang. Benarkah demikian? Sebenarnya kurban kambing untuk berapa orang dan bagaimana dalilnya menurut Islam?

Kurban Kambing Untuk Berapa Orang?  Berikut Penjelasannya!

Perbedaan pandangan mengenai ketentuan berkurban masih banyak dijumpai di masyarakat. Sebut saja mengenai kurban kambing untuk berapa orang yang sesuai dengan ketentuan Islam. Disebutkan dalam hadis Atho bin Yasar, di mana ia pernah bertanya kepada Ayyub Al Anshari terkait bagaimana kurban di masa Rasulullah saw.

Kemudian Ayyub Al Anshari menjawab, “Seseorang biasa berkurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan kurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.” (HR. Tirmidzi no. 1505, shahih).

Sudah jelas disebutkan dalam dalil di atas bahwa seekor kambing dapat menjadi kurban untuk satu orang lengkap dengan anggota keluarganya meski jumlahnya banyak. Hal ini dikarenakan kurban dihitung satu keluarga bukan per orang.

Jenis-jenis Kambing Kurban Terbaik

Setelah mengetahui kurban kambing untuk berapa orang menurut ketentuan Islam dan Anda mantap untuk berkurban di hari IdulAdha tahun ini, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kambing kurban terbaik yang dapat Anda pilih.



 

Kambing Etawa

Kambing etawa berasal dari India dan sudah banyak diternakkan di Indonesia. Tidak heran, sebab bukan hanya dagingnya saja yang tebal, susu kambing etawa pun kaya nutrisi dan baik bagi kesehatan sehingga menjadi incaran banyak orang.  Kambing etawa dewasa jantan bobotnya dapat mencapai 91 kilogram.

 

Kambing Kacang

Dikenal sebagai kambing dari kelompok ras unggul, bobot kambing kacang dewasa bisa sampai 30 kilogram dengan tinggi 65 cm.

 

Kambing Boer

Selanjutnya ada kambing boer yang tak kalah populer dan banyak dipilih orang sebagai hewan kurban. Hal ini tak lain karena dagingnya tebal. Ciri khas kambing boer selain tubuhnya yang gemuk, lebar, panjang, ia juga memiliki kaki pendek. Berat kambing boer dewasa dapat melebihi angka 150 kilogram.

kurban kambing

Kambing Jawarandu

Kambing jawarandu mirip kambing kacang, tetapi dengan ukuran tubuh lebih besar. Merupakan persilangan kambing etawa dan kacang, bobot pejantan dewasa mencapai 40 kilogram.

 

Kambing Muara

Tidak kalah dengan jenis kambing lainnya, kambing muara juga menjadi pilihan beberapa kalangan sebagai hewan kurban. Tubuhnya gemuk dan lincah. Kambing muara  berbulu cokelat dengan aksen hitam.

 

Kambing Peranakan Etawa (PE)

Kambing peranakan etawa memiliki tanduk kecil dengan telinga lebar. Ukuran tubuhnya juga sebesar kambing etawa. Peranakan etawa merupakan kambing hasil perkawinan kambing kacang dengan kambing etawa.

Tujuan perkawinan supaya kambing dapat beradaptasi lebih baik dengan iklim Indonesia. Seperti kita tahu bahwa kambing etawa bukanlah asli dari Indonesia sehingga memerlukan penyesuaian diri saat berada di Indonesia. Bobot kambing jantan dewasa bisa mencapai 91 kilogram sementara betinanya mencapai 63 kilogram.

Penutup

Pertanyaan tentang kurban kambing untuk berapa orang telah terjawab. Sebelum IdulAdha tiba, Anda bisa mempersiapkan dana terlebih dahulu jika berniat ikut berkurban. Pastikan Anda memilih hewan yang sehat, tidak cacat secara fisik, tidak dikebiri, usia yang ideal (kambing lebih dari setahun, sapi lebih dari dua tahun), gerakan lincah, serta wajah yang cerah. Untuk harga kambing kurban sendiri relatif, tergantung daerah masing-masing. Secara umum dimulai dari harga Rp1.200.000,00. Siapkan finansial, diri, dan hati, semoga dapat berkurban tahun ini.

 

Intellifluence Trusted Blogger