Pilih Laman

Berbagai jenis pendingin ruangan dihadirkan untuk memberikan kesejukkan bagi mereka yang merasakan hawa panas saat beraktivitas maupun beristirahat. Beraktivitas di tempat yang panas dan pengap pastinya bikin kurang nyaman, bukan?

Oleh karena itu, pendingin ruangan  Air conditioner atau AC menjadi salah satu pendingin ruangan yang banyak dipilih untuk mengatasi hawa panas dalam ruangan. Akan tetapi, harganya yang relatif mahal dan kerap bikin tagihan melonjak, membuat beberapa orang enggan menggunakannya.

Namun, tenang saja, di pasaran masih banyak jenis pendingin ruangan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hawa panas selain AC.

Nah, kali ini Ide Kece akan memberikan informasi tentang 5 pendingin ruangan yang bisa memberikan kesejukkan, namun hemat listrik sebagai alternatif AC di rumah. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Kipas Angin

jenis pendingin ruangan kipas angin

Jenis pendingin ruangan ini sudah hadir cukup lama untuk memberikan kesejukkan bagi banyak orang di rumah. Angin yang diberikan oleh kipas angin juga terbilang menyejukkan, dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Bahkan, kipas angin mempunyai beragam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari kipas dinding, kipas duduk, hingga kipas berdiri.

Karena beberapa keunggulannya tersebut, kipas angin menjadi salah satu pendingin ruangan yang banyak dipilih untuk membantu menyejukkan ruangan. Terlebih lagi, ada kipas angin dengan motor DC yang bisa memberikan angin lebih lembut dan tidak bising saat digunakan. Jadi, kamu tidak akan mudah terganggu dengan suara bising dari kipas angin ketika tidur.

 

2. Cooling Pack

jenis pendingin ruangan cooling pack

Kalau kamu merasa kipas angin kurang menyejukkan, maka jenis pendingin ruangan berupa cooling pack wajib kamu gunakan. Cooling pack memiliki bentuk yang dapat kamu pasang pada bagian belakang kipas angin untuk menghasilkan hawa lebih dingin dalam ruangan.

Tapi, untuk mendapatkan hawa sejuknya, kamu perlu membekukan cooling pack terlebih dahulu ke dalam freezer selama 4 jam. Jika sudah, barulah pasang cooling pack ke bagian belakang kipas angin sehingga kamu bisa merasakan hawa sejuk layaknya menggunakan AC.

 

3. Air Cooler

jenis pendingin ruangan air cooler

Ingin merasakan udara sejuk dan dingin, tanpa bikin tagihan listrik membengkak? Ada Air cooler yang bisa kamu coba! Jenis pendingin ruangan ini bisa menghasilkan udara yang lebih lembab karena memakai sistem uap air.

Hal itu cocok sekali buat kamu yang sering merasa ruangan di rumah terasa pengap dan panas, sebab air cooler mampu menurunkan suhu udara panas dalam ruangan. Soal daya listriknya, air cooler membutuhkan konsumsi listrik yang lebih rendah dari AC.

 

4. Exhaust Fan

jenis pendingin ruangan exhaust fan

Selain ditempatkan di kamar mandi, exhaust fan juga bisa dipasang pada ruangan lainnya. Kegunaan pendingin udara ini cukup mirip seperti kipas angin, keduanya memiliki kemampuan mengusir hawa panas dalam ruangan. Tapi, cara kerjanya berbeda. Kipas angin bekerja dengan cara menghembuskan udara segar di ruangan, sementara exhaust fan menyerap udara panas ke luar ruangan.

Meski demikian, exhaust fan tetap bisa memberikan kesejukkan di ruangan. Bisa dikatakan cara kerja pendingin udara ini, justru lebih efektif jika disimpan di ruangan mungil tanpa jendela dibandingkan kipas angin.

 

5. Ventilating Fan

jenis pendingin ruangan ventilating fan

Jika dilihat sekilas, ventilating fan mempunyai model yang mirip dengan exhaust fan. Tetapi, ventilating fan memiliki fitur yang lebih canggih daripada exhaust fan. Alat pendingin ini bukan hanya bisa menarik keluar udara di dalam ruangan, namun juga bisa memasukkan udara dari luar ke dalam ruangan. Nah, perpindahan udara ini akan menjadikan ruangan terasa sejuk dan mampu mengusir hawa panas pada ruangan.

Kini, kamu bisa mengatasi masalah hawa panas dan pengap di ruangan tanpa AC, dengan mengandalkan pendingin ruangan di atas. Berbagai pendingin ruangan tersebut bisa kamu temui dengan mudah di toko barang elektronik baik secara online maupun offline.

Kalau kamu sedang malas keluar rumah membeli pendingin ruangan, motor servo, dan kebutuhan lainnya di E-commerce bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu coba. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan bagi para pembaca semua, ya.

 

 

Intellifluence Trusted Blogger