Pilih Laman

Jenis kain gamis untuk pesta tentu berbeda dengan kain yang digunakan untuk membuat gamis daily dress atau baju kantor. Pesta, adalah acara khusus yang diselenggarakan dengan beberapa protokoler. Tidak seperti kumpul santai dengansahabat, pesta biasanya ada agenda khusus yang digelar. Pesta bisa berupa acara perkawinan, wisuda, atau acara khusus lainya. Jadi nggak mungkin, kan pada acara resi tersebut kita mengenakan pakaian biasa.

Baca juga : Paket Pernikahan 15 Juta di Bandung

Jenis Kain untuk Gaun Pesta

Sebelum kita memilih kain gamis untuk acara khusus, mari kita kenal lebih dulu jenis kain yang cocok untuk gaun pesta. Bahan-bahan ini akan memberi pilihan bagi Anda yang akanmenghadiri pesta.

Kain Sutera

Kain sutera memang menjadi bahan baju pesta yang memberi kesan mewah dan elegan. Tekstur kainnya yang lembut menambah anggun bagi yang memakainya. Sutera adalah salah satu jenis kain klasik yang masih diaukui sebagai “kain sultan” ini merujuk dari masih mahalnya kain sutera.

Tak hanya kainnya yang mahal, untuk menciptakan gaun pesta nan angun kita juga harus menambah ongkos jahit yang tidak murah. Bahkan untuk model gaun dengan tingkat kesulitan yang tinggi, biaya membuat bisa sama dengan harga kainnya. Apalagi jika menghendaki tambahan hiasan dalam baju pesta, seperti manik-manik, aplikasi, renda, atau taburan payet yang menambah mewah baju pesta tersebut.

Beberapa jenis kain sutera yang sering dipaakai sebagai baju pesta adalah duipioni, jenis faille, crepe de chine dan shantung.

Kain Tile

Jenis kain Tile ini kadang disebut dengan nama dalam bahasa Inggris, yaitu Tulle. Teksturnya lembut dan tipis, namun kuat. Yang khas dari bahan Tile ini adalah semacam jaring-jaring transparan yang ringan dan memberi kesan “jatuh” atau flowy. Satu kata yang mewakili rasa jika mengenakan baju pesta dari bahan Tile ini adalah nyaman.

Warna-warni kain Tile yang makin beragam memberi nuansa dinamis namun elegan ketika baju pesta menggunakan bahan Tile. Akan lebih mewah jika kemudian diberi hiasan glitter, payet atau bros eksklusif. Ragam macam Tile terbuat dari serat-serat kain seperti nilon, sutra, atau polyester.

Baca juga : Cara Membuat Kado Unik untuk Sahabat Perempuan

Kain Crepe

Bahan gaun pesta berikutnya adalah kain Crepe. Hampir mirip dengan kain Tile, Crepe memiliki tekstur yang lembut ringan dan “jatuh” jika dipakai. Kain Crepe berasal dari campuran sutera dengan bahan yang cukup ringan.

Kain Crepe cukup sering dipilih sebagai bahan baju pesta karena lebih mudah dibentuk menjadi model-model baju sesuai selera. Detil yang ditambahkan bisa berupa kancing-kancing cantik, atau pita akan menambah kesan istimewa baju pesta dengan bahan kain Crepe.

Kain Satin

Jenis kain gamis untuk pesta yang ini bisa dikatakan menjadi favorit kaum hawa. Salah satu alasan mengapa bahan baju pesta ini sangat populer karena bahanya tahan lama dan mudah dibentuk menjadi model baju pesta idaman. Oh, ya, seperti juga jenis-jenis kain bahan baju pesta lainnya, Crepe memiliki beberapa jenis, mulai dari campuran bahan-bahan nilon atau polyester sampai yang terbuat dari 100% sutera.

Pilihan juga terdapat pada ketebalan kain satin. Kita tinggal menyesuaikan dengan pestanya, indoor atau outdoor. Bisa juga disesuaikan dengan tema pesta yang digelar.

Baca juga : https://idekece.my.id/venue-wedding-bandung/

Kain Chiffon

Berikutnya adalah jenis kain Chiffon yang tergolong jenis kain mewah. Sekilas tekstur Chiffon agak mirip dengan bahan organza. Jika Anda sulit membedakan, coba perhatikan apakah kain yang Anda pegang berkilau atau cenderung matte. Yang berkilau itu adalah jenis organza, sebaliknya yang matte adalah Chiffon.

Kenyataannya, perempuan kreatif memanfaatkan kain Chiffon untuk menggunakannya bahan jilbab. Bisa kebayang, kan, kalau jilbab dengan kain lembut dan flowy, cantik dan anggun.

Tips Memilih Jenis Kain Gamis untuk Pesta

Selain empat bahan baju gamis untuk pesta di atas masih ada lagi jenis kain yang juga sering digunakan untuk acara resmi. Diantaranya adalah Mikado, sejeis kain sutera lainnya, lalu Lace dan Organza. Bermacam jenis bahan baju pesta model gamis ini, bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan pesta itu sendiri atau kita sesuaikan dengan dana yang kita punya.
Dari sekian alasan memilih bahan gamis untuk pesta,

1. Ketersediaan Dana

Baragkali inilah alasan yang paling kuat saat kita memilih bahan untuk membuat baju pesta. Apapun pilihan kita, yang perlu kita pertimbangkan adalah ketersediaan dana yang kita miliki.

2. Sesuaikan Model Gaun dengan Postur Tubuh

Tidak semua model gaun cocok untuk kita. Gamis dengan akses rumbai yang banyak pada bagian bawah akan memberi kesan berat, bagi Anda yang berpostur tubuh kecil. Anda bisa berkonsultasi dengan modiste atau penjahit langganan Anda. Bisa juga melihat berbagai referensi dari internet untuk mendapatkan contoh gamis yang paling cocok.

3. Kreatif Menembahkan Aksen

Menguatkan alasan kedua, apapun bahan yang bisa Anda beli, maka kreatiflah dengan bahan yang Anda punya dengan pernak-pernik atau aksen tambahan. Dengan tambahan pernak pernik, kain biasa bisa menjadi baju gamis untuk pesta yang sangat istimewa.

4. Sesuaikan dengan Tema Pesta

Yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan dengan tema pesta yang akan kita hadiri. Jika dalam undangan berbunyi garden party, maka baju gamis bisa disesuaiakn dengan tema yang ada. Begitu juga jika lokasi pesta ada di pantai, atau di dalam ruangan, baik model, bahan atau assesoris pendukung harus disesuaikan dengan venue pesta.

Kesimpulan

Di atas sudah kita bahas beragam jenis kain gamis untuk pesta bisa Anda pilih yang paling sesuai. Satu hal yang paling penting adalah kepercayaan diri ketika memasuki venue acara pesta. Apapaun yang Anda kenakan, bagaimanapun model baju pesta yang Anda buat, tampillah dengan penuh rasa percaya diri. Kepercayaan diri akan makin menonjolkan keanggunan Anda dan kecantikan gaun pesta yang Anda kenakan.

Oh, iya, jika Anda memilih membeli baju pesta atau bukan membuatnya secara khusus, pertimbangan di atas tetap bisa Anda gunakan. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda nyaman dengan gaun pesta tersebut.

Intellifluence Trusted Blogger