Pilih Laman

Jangka waktu servis motor matic sedikit berbeda dengan motor biasa atau manual. Motor matic komposisi mesin berbeda dengan manual, sehingga perawatannya membutuhkan dana yang lebih banyak dibandingkan motor manual. Mesin motor matic juga lebih tertutup, sehingga lebih sulit dideteksi ketika mogok atau macet mengetahui titik kerusakannya.

Contents

Jangka Waktu Servis Motor Matic Berapa Bulan Sekali?

Motor, dalam kondisi baru sekalipun tetap membutuhkan servis. Mengapa demikian? Servis motor tujuannya menjaga agar motor selalu dalam kondisi prima. Mesin yang selalu berputar saat kita berkendara perlu dibersihkan supaya bebas dari debu, kotoran dan sisa bahan bakar. Jika mesin sering dibersihkan, mesin pun akan lebih awet dan jarang terjadi kerusakan.

Nah, jadi wajib, ya membawa motor ke tempat servis untuk dirawat. Lalu kapan waktu ideal untuk servis motor? Dari beberapa literasi yang saya baca, sebaiknya motor mendapat perawatan tiap 1-2 bulan sekali. Jika motor tidak setiap hari digunakan, bisa memakai hitungan jarak tempuh motor.

Jadwal servis motor baru vs motor lama

Untuk motor keluaran lama, saat spedometer menunjukkan jarak tempuh sudah 2000 km ini adalah saat yang tepat untuk servis motor. Sedangkan untuk motor yang relatif masih baru, hitungan serrvisnya jika jarak tempuh sudah mencapai 5000 km.

Lalu bagimana jika kita mengabaikan saja jadwal servis ini? Jawabannya adalah performa motor akan mengalami penurunan. Sebagian dari tanda-tandanya adalah mesin jadi cepat panas, susah distater, dan motor motor sering rusak. Nah kalau sudah dalam keadaan rusak, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya juga jauh lebih banyak.

 

Pengalaman Servis Ringan Motor Honda Vario 110 cc

Ini soal motor yang aku pakai sehari-hari, ya. Vario 110 cc ini dibeli tahun 2015, jadi sudah 8 tahun menemaniku berkendara. Selama memakai motor berwarna hitam ini, hampir belum pernah ada kendala berarti. Sempat ganti aki sekitar 3 tahun yang lalu, selain itu aman-aman saja. Aku sendiri memlilih secara rutin membawa motor kesayangan ini ke bengkel. Salah satunya di Planet Ban, kebetulan lokasinya searah dengan rute harianku. Kalau ditanya mekanik servis apa, kujawab servis ringan. Lalu montir akan mengecek dulu kondisi mesin motor. Setelah itu dikasih tahu kondisi oli gimana, kampas rem gimana, dan saran mengganti sparepart yang disebutkan. Kalau kita nggak mau ganti sparepart nggak papa juga sih. Intinya mekanik akan menginformasikan dulu, jika kita setuju baru dikerjakan.

Ganti Oli

Ini yang selalu dicek mekanik, kondisi oli mesin dan oli gardan. Biasanya penggantian oli bersamaan dengan jadwal servis mesin, jadi bisa sekali pengerjaan. Nah kalau aku memilih sebulan sekali service berarti sebulan sekali juga ganti oli mesin, kalau oli gardan dua bulan sekali.

Biasanya mekanik menawarkan mau pakai oli yang mana, sambil menyodorkan dua atau tiga pilihan oli. Aku minta dipilihkan oli motor matic terbaik diantara tiga yang ditawarkan.

Beberapa tahun terakhir sudah ada retailer otomotif yang memberi rekomendasi penggantian oli sampai 5000km, atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa dua kali lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Kampas Rem

Gaya bermotor kita mempengaruhi cepat atau lambat penggantian kampas rem. Aku sih tipe suka cepat atau mudah tarik rem, kalau mekanik jadi rajin menyarankan ganti kampas, ya aku yang punya motor udah maklum aja. Rem yang pakem mambantu menjaga keselamatan kita dengan bisa langsung “set” berhenti saat ditarik.

Cek Aki

Setiap jangka waktu servis motor matic tiba dan kita mebawanya ke tempat servis, biasanya mekanik akan mengecek kondisi aki motor dengan alat. Kalau tegangan pada aki menunjukkan pada angka 12,3-12,6 Volt maka aki itu dalam kondisi baik. Oh, iya pengecekan ini dalam kondisi mesin mati. Waktu itu mekanik mengatakan dalam kondisi mesin nyala tegangan sebaiknya pada angka 13,7 – 14,2 Volt. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti, supaya motor bisa kita kenndarai dengan nyaman.

Jangka waktu servis motor matic vario

Ban

Bagian yang penting untuk dicek secara berkala adalah ban. Di Planet ban, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, dan kondisi fisk ban, seperti apakah ban gundul atau sudah tipis. dicek juga apakah ban berputar dengan baik pada porosnya. Jika ditemui putaran ban tidak sebagaimana mestinya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bersih Total dari Kotoran dan Debu

Nah, ini yang membuat servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain itu berbeda. Di bengkel lain, terkadang masih ada sisa debu dan kotoran di beberapa bagian mesin. Bayangkan jika antara jangka waktu servis motor matic satu dengan yang lainnya pembersihan dengan tuntas, waduh… motor bisa terasa sangat berat dan mesin jadi lebih cepat panas.

Asiknya service motor di Planet Ban, seluruh sudut mesin dibersihkan benar-benar sampai bersih seperti baru. Termasuk pada bagian yang sulit seperti pada kepala silinder, blok CVT, klep mesin, dan piston. Bahkan throttle body jadi bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran lainnya.

Dalam kondisi prima, motor menggunakan mesin baru. Sekali gas langsung wuss! Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, dan satu lagi, lebih hemat BBM.

Jangka waktu servis motor matic di planet ban

Harga Hemat dan Bersahabat di Planet Ban

Ini yang paling bikin seneng, hehe. Biaya servis motor honda kesayanganku di sini hemat banget. Salah satu contohnya untuk servis throttle body hanya ditarik ongkos Rp20.000.

Dulu, setiap jangka waktu servis motor matic habis dan saatnya dibawa ke bengkel, aku ketar ketir nanti habis berapa bayar jasa servisnya. Tapi, di Planet Ban, biayanya hemat dan bersahabat, selain tenang bayar biaya servis aku juga bisa beli bubble drink yang lagi hit di ujung gang 2.

***

Intellifluence Trusted Blogger