Jangka waktu servis motor matic sedikit berbeda dengan motor biasa atau manual. Motor matic komposisi mesin berbeda dengan manual, sehingga perawatannya membutuhkan dana yang lebih banyak dibandingkan motor manual. Mesin motor matic juga lebih tertutup, sehingga lebih sulit dideteksi ketika mogok atau macet mengetahui titik kerusakannya.
Contents
Jangka Waktu Servis Motor Matic Berapa Bulan Sekali?
Motor, dalam kondisi baru sekalipun tetap membutuhkan servis. Mengapa demikian? Servis motor tujuannya menjaga agar motor selalu dalam kondisi prima. Mesin yang selalu berputar saat kita berkendara perlu dibersihkan supaya bebas dari debu, kotoran dan sisa bahan bakar. Jika mesin sering dibersihkan, mesin pun akan lebih awet dan jarang terjadi kerusakan.
Nah, jadi wajib, ya membawa motor ke tempat servis untuk dirawat. Lalu kapan waktu ideal untuk servis motor? Dari beberapa literasi yang saya baca, sebaiknya motor mendapat perawatan tiap 1-2 bulan sekali. Jika motor tidak setiap hari digunakan, bisa memakai hitungan jarak tempuh motor.
Jadwal servis motor baru vs motor lama
Untuk motor keluaran lama, saat spedometer menunjukkan jarak tempuh sudah 2000 km ini adalah saat yang tepat untuk servis motor. Sedangkan untuk motor yang relatif masih baru, hitungan serrvisnya jika jarak tempuh sudah mencapai 5000 km.
Lalu bagimana jika kita mengabaikan saja jadwal servis ini? Jawabannya adalah performa motor akan mengalami penurunan. Sebagian dari tanda-tandanya adalah mesin jadi cepat panas, susah distater, dan motor motor sering rusak. Nah kalau sudah dalam keadaan rusak, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya juga jauh lebih banyak.
Pengalaman Servis Ringan Motor Honda Vario 110 cc
Ini soal motor yang aku pakai sehari-hari, ya. Vario 110 cc ini dibeli tahun 2015, jadi sudah 8 tahun menemaniku berkendara. Selama memakai motor berwarna hitam ini, hampir belum pernah ada kendala berarti. Sempat ganti aki sekitar 3 tahun yang lalu, selain itu aman-aman saja. Aku sendiri memlilih secara rutin membawa motor kesayangan ini ke bengkel. Salah satunya di Planet Ban, kebetulan lokasinya searah dengan rute harianku. Kalau ditanya mekanik servis apa, kujawab servis ringan. Lalu montir akan mengecek dulu kondisi mesin motor. Setelah itu dikasih tahu kondisi oli gimana, kampas rem gimana, dan saran mengganti sparepart yang disebutkan. Kalau kita nggak mau ganti sparepart nggak papa juga sih. Intinya mekanik akan menginformasikan dulu, jika kita setuju baru dikerjakan.
Ganti Oli
Ini yang selalu dicek mekanik, kondisi oli mesin dan oli gardan. Biasanya penggantian oli bersamaan dengan jadwal servis mesin, jadi bisa sekali pengerjaan. Nah kalau aku memilih sebulan sekali service berarti sebulan sekali juga ganti oli mesin, kalau oli gardan dua bulan sekali.
Biasanya mekanik menawarkan mau pakai oli yang mana, sambil menyodorkan dua atau tiga pilihan oli. Aku minta dipilihkan oli motor matic terbaik diantara tiga yang ditawarkan.
Beberapa tahun terakhir sudah ada retailer otomotif yang memberi rekomendasi penggantian oli sampai 5000km, atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa dua kali lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
Kampas Rem
Gaya bermotor kita mempengaruhi cepat atau lambat penggantian kampas rem. Aku sih tipe suka cepat atau mudah tarik rem, kalau mekanik jadi rajin menyarankan ganti kampas, ya aku yang punya motor udah maklum aja. Rem yang pakem mambantu menjaga keselamatan kita dengan bisa langsung “set” berhenti saat ditarik.
Cek Aki
Setiap jangka waktu servis motor matic tiba dan kita mebawanya ke tempat servis, biasanya mekanik akan mengecek kondisi aki motor dengan alat. Kalau tegangan pada aki menunjukkan pada angka 12,3-12,6 Volt maka aki itu dalam kondisi baik. Oh, iya pengecekan ini dalam kondisi mesin mati. Waktu itu mekanik mengatakan dalam kondisi mesin nyala tegangan sebaiknya pada angka 13,7 – 14,2 Volt. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti, supaya motor bisa kita kenndarai dengan nyaman.
Ban
Bagian yang penting untuk dicek secara berkala adalah ban. Di Planet ban, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, dan kondisi fisk ban, seperti apakah ban gundul atau sudah tipis. dicek juga apakah ban berputar dengan baik pada porosnya. Jika ditemui putaran ban tidak sebagaimana mestinya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Bersih Total dari Kotoran dan Debu
Nah, ini yang membuat servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain itu berbeda. Di bengkel lain, terkadang masih ada sisa debu dan kotoran di beberapa bagian mesin. Bayangkan jika antara jangka waktu servis motor matic satu dengan yang lainnya pembersihan dengan tuntas, waduh… motor bisa terasa sangat berat dan mesin jadi lebih cepat panas.
Asiknya service motor di Planet Ban, seluruh sudut mesin dibersihkan benar-benar sampai bersih seperti baru. Termasuk pada bagian yang sulit seperti pada kepala silinder, blok CVT, klep mesin, dan piston. Bahkan throttle body jadi bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran lainnya.
Dalam kondisi prima, motor menggunakan mesin baru. Sekali gas langsung wuss! Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, dan satu lagi, lebih hemat BBM.
Harga Hemat dan Bersahabat di Planet Ban
Ini yang paling bikin seneng, hehe. Biaya servis motor honda kesayanganku di sini hemat banget. Salah satu contohnya untuk servis throttle body hanya ditarik ongkos Rp20.000.
Dulu, setiap jangka waktu servis motor matic habis dan saatnya dibawa ke bengkel, aku ketar ketir nanti habis berapa bayar jasa servisnya. Tapi, di Planet Ban, biayanya hemat dan bersahabat, selain tenang bayar biaya servis aku juga bisa beli bubble drink yang lagi hit di ujung gang 2.
***
Sebenarnya alasannya sederhana tapi kalau nggak dilakukan rugi jadinya. Kaya kita nyapu rumah lah. Kalau kita rutin dan rajin rumah akan nyaman
mantap, analogi sederhana tapi kena
Aku kurang tau nih dengan service motor, ternyata banyak juga ya yang mesti diperhatikan. Mesti protektif nih biar kendaraan juga bisa awet.
Apalagi motor matic kalau nggak rajin perawatan alias service bisa sering macet.
Belum lagi kalau debu dan kotoran nempel di body. Aduh nggak deh
jadi nggak kece ya kak, masa yang naik keren motornya kotor, haha
Aku tim rajin ke bengkel buat service. Soalnnya bete banget kalau motor mau dipake macet, mana buru-buru pula. Kalau rajin servis ga ada tuh macet kecuali habis bensin
Toss! kita bisa janjian ke Planet Ban deh 🙂
Aku pernah punya pengalaman salah strategi ngerawat motor. Kupikir kalau ngga ada keluhan ya udah asal nggak kehabisan bahan bakar dan distarter aman ya gaas aja. Ternyata satu saat tiba tiba nggak mau jalan, pas dibawa ke bengkel habisnya bikin nangis. Banyak yang harus ganti. Kapok deh habis itu, pilih merawat daripada mengobati
kayaknya banyak juga yang punya pengalaman begini ya, jadi ke Planet Ban solusinya
Sebagai orang yang sedikit paham motor aku sebenarnya paham kapan motor perlu dibawa ke bengkel atau dibuka sendiri deh, dibersihin ganti oli dan lain lain. Tapi kadang tar sok tar sok. Jadinya mesin bermasalah karena tidak ditangani sejak awal. Betul itu, harus rajin rawat motor, tidak hanya rawat hubungan sama ayang aja ???
Bisa aja kamu, haha. tapi setuju tuh, merawat lebih baik daripada memperbaiki
Sebagai orang awam aku baru tau tentang servis motor matic ini kak, soalnya biasanya cuma liatin suami aja hehe tapi emang ya klo rajin servis jadi lebih awet dan hemat di kemudian hari
Saya langganan di Planet Ban untuk servis, ganti oli dan tambah anginnya gratisss. Menyenangkan
Beneran, daku juga kalau servis motor di Planet ban. Harga bersahabat dan motor aman terkendali.
Ternyata servis motor matic itu kompleks, makanya lama banget kalo nunggu di bengkel. Tapi harus pilih bengkel yang sudah terjamin hasil kualitas servisnya, seperti Planet Ban. Terima kasih rekoemndasinya, Mbak
Terimakasih ya infonya,sangat bermanfaat buat kaum hawa yang cuma make2 aja jarang mikirin perawatannya,akupun gt,hehe.
berarti tiap kali kita bawa motor ke bengkel daftar-daftar di atas ya yang bakal langsung diperiksa mekaniknya. jujur aku termasuk yang suka lalai bawa motor buat diservice nih jadinya harus sering diingatkan