Pilih Laman

Hidup sebagai anak kos menuntut seseorang agar dapat mengatur keuangan sebaik mungkin, termasuk untuk urusan makan. Nah, karena saat ini kita sedang menjalankan ibadah puasa, menu sahur praktis antiribet pun jadi incaran. Di samping tidak repot, harganya juga murah, lo, Sobat Kece. Ini dia ide sahur praktis anak kos yang hemat dan lezat. Dijamin bisa menyelamatkan kantongmu dari krisis, deh!

Telur Dadar

Olahan telur banyak dipilih anak kos karena harga yang terjangkau dan kaya nutrisi. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah, praktis, juga cepat, lo. Jadi, selalu sediakan stok telur di dapurmu, ya. Jika bosan dengan telur dadar, kamu juga dapat membuat telur ceplok atau mata sapi. Sahur kenyang, kantong pun aman.

Mie Instan

Mie instan merupakan makanan favorit khas anak kos. Ia adalah penyelamat anak kos di tanggal tua. Kendati harganya sangat terjangkau, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi makanan yang satu ini, ya. Tetap pada porsinya, jangan berlebihan. Apabila memilih sahur dengan mie instan, pastikan kamu menambahkan bahan-bahan lain ke dalamnya, Sobat Kece. Sebagai contoh, sayuran, sosis, atau telur.

Omelet Sayur

Makan sahur dengan menu yang sama setiap hari tentu jenuh. Oleh sebab itu, satu bahan bisa kamu kreasikan menjadi bermacam menu, lo. Dari telur juga dapat diolah menjadi omelet sayur. Cara membuatnya gampang banget. Sediakan beberapa butir telur, kocok lepas, lalu tambahkan garam juga lada. Jika ingin lebih gurih bisa masukkan bumbu penyedap secukupnya. Sediakan sayuran seperti kubis, daun bawang, wortel, atau jamur. Iris tipis semua bahan dan masukkan dalam kocokan telur. Selanjutnya goreng sampai matang.

Abon

Tidak perlu repot masak, abon menjadi andalan anak kos terlebih saat terlambat bangun sahur. Saat ini terdapat bermacam jenis abon yang dapat kamu pilih, lo. Ada abon sapi, ayam, abon ikan tuna, abon jamur tiram, abon ebi, abon lengkuas, dan masih banyak lagi.

Sayur Orak-Arik

Jika kamu punya sayuran sisa dan bingung mau dibuat apa, lebih baik diolah saja menjadi sayur orak-arik. Kamu tinggal potong semua sayuran sisa (misalnya, kubis, kentang, buncis, dan lainnya), kemudian tumis dengan bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, jangan lupa sedikit bumbu penyedap. Selanjutnya barulah tambahkan telur dan aduk semua bahan hingga tercampur. Tak sampai sepuluh menit, sayur orak-arik siap menemanimu bersantap sahur.

Martabak Mie

Ide sahur anak kost kali ini masih berbahan mie instan, kamu bisa mencoba makanan kebangsaan anak kos yang satu ini, lo. Tinggal seduh mie instan, buang airnya, tiriskan. Lalu kocok sebutir telur, masukkan bumbu mie instan. Selanjutnya tuang mie yang sudah ditiriskan ke dalam kocokan telur kemudian aduk rata. Martabak mie siap digoreng dan menjadi menu sahurmu hari ini.

Sarden

Tak berbeda dari mie atau telur. Kamu juga dapat menyetok sarden di dapurmu. Makanan kaleng ini bisa langsung dipanaskan dan dinikmati. Di samping itu, mencampurkan sarden dengan beberapa bahan seperti bawang putih, cabai, juga tomat, akan semakin menambah citarasa. Dijamin menggugah selera.

Nasi Goreng

Bangun tidur cuma ada nasi? Tak masalah! Bikin nasi goreng saja untuk bersantap sahur. Nah, kalau malas mengulek bumbu atau memang kamu tidak menyimpan aneka bumbu, wajib banget menyediakan bumbu instan. Jadi, tinggal masukkan bumbu instan nasi goreng dan kamu pun sudah bisa bersantap sahur.

Nugget

Bahan makanan instan lain yang tidak boleh absen adalah nugget. Menu praktis ini sekarang sudah banyak variannya, lo. Bukan hanya nungget ayam, ada pula nugget tahu, tempe, ikan, sampai nugget jamur tiram.

Tempe

udah kehabisan ide sahur anak kost? Kalau jenuh memasak bahan makanan instan atau kebetulan kamu bangun lebih awal, bisa bikin tempe goreng atau tumis tempe pedas. Sahur jadi makin semangat, deh!

Menu sahur anak kos yang hemat dan lezat tidak melulu mahal. Beberapa bahan yang sudah dibahas di atas bisa kamu beli dengan harga terjangkau. Tidak perlu bingung lagi ketika bersantap sahur apalagi jika terlambat bangun. Kamu dapat memasak bahan-bahan tersebut dengan cepat. So, mana yang jadi andalanmu ketika sahur, nih, Sobat Kece?