Pilih Laman

Contoh bisnis digital di Indonesia sebenarnya sangat dekat dengan keseharian kita. Kita menjadi konsumen produk bisnis digital, hampir selama 24 jam. Coba cek di beranda saat berselancar di sosial media. Rasanya hampir tidak ada sesuatu yang tidak bisa dijadikan mesin uang, ya? Apa gara-gara saking banyaknya kita sampai bingung menunjukkan mana saja contoh bisnis digital itu.

Contoh Bisnis Digital di Indonesia

Tren bisnis digital memang tidak bisa dihindari, ia melesat cepat seiring dengan perkembangan dunia global saat ini. Hampir tidak ada lagi batas ruang dan waktu, dunia seolah menyatu dalam satu waktu dan tempat yang sama. Nah, perkembangan dunia digital yang sedemikian cepat ini memberi benyak peluang pekerjaan bagi siapapun. Iya, bagi siapa saja, karena dunia digital juga tidak mengharuskan pekerjanya memenuhi syarat usia atau tempat tinggal.



 

Bisnis Digital di indonesia dan Peluang yang Terbuka Lebar

Bisnis digital kita pahami bukan melulu soal jual produk digital, semacam software. Produk digital saat ini berkembang lebih jauh dari lima atau sepuluh tahun yang lalu. Pemilik usaha maupun pengguna produk bisnis digital selalu menemukan lahan baru yang berpeluang menghasilkan cuan.

Kalau dulu jual beli barang digital mungkin baru sebatas ebook atau aneka aplikasi, kini konten atau isi tayangan menjadi lahan gurih penghasil uang. Lalu apa saja contoh bisnis digital di Indonesia yang masih tren?

 

Jualan Online lewat Marketplace

Kita mungkin pernah melihat sebuah gerai sederhana yang cenderung sepi pengunjung. Sesekali datang kurir atau driver ojek online. Rupanya toko yang tampak sedehana dan jarang dikunjungi pembeli memiliki pelanggan virtual di mana-mana.

Dunia E-commerce atau marketplace seperti ladang baru yang terbuka luas yang tak juga habis ditanami lalu dengan cepat dipanen. Kita juga bisa menemukan barang apa saja di toko-toko online. Pembelinya tidak terbatas tetangga sekomplek, tetapi bisa mencapai tetangga benua atau dari belahan bumi yang berbeda.

So, kalau kamu tertarik menjadi bagian dari bisnis digital di Indonesia bisa buka toko online di berbagai marketplace yang kamu suka.

Baca juga : Nama Usaha Makanan, Ini Dia Rekomendasinya

Konten Kreator

 

Nah, ini yang kita bahas sedikit di atas tadi. Pasti sangat kenal, dog dengan istilah youtuber, blogger atau podcaster? Contoh bisnis digital di Indonesia yang sangat tinggi peminatnya. Konten atau materi tayangan digital baik di sosial media maupun di berbagai bentuk website, bisa diibaratkan sebagai kue yang siap dikonsumsi para pengguna internet. Konten yang bagus akan menarik banyak minat pemirsa.

Melalui konten ini bisa disisipkan pesan khusus dari pengusaha bisnis supaya nama dan produk mereka dikenal. Di sela-sela tayangan juga bisa ditampilkan video iklan produk, atau tutorial penggunaan produk tertentu. Belum lagi tayangan testimoni atau berbagi pengalaman tentang produk tertentu. Wah wah wah… banyak sekali ya, peluang bisnis dari berbagai bentuk tayangan ini?

Di sinilah peluang bagi siapapun untuk menjadi kreator atau pembuat dari tayangan (sebagai produk digital). Lahan basah yang menjanjikan penghasilan dalam jumlah besar, nih.



 

Berbagai Layanan Online

Kalau dulu keponakan kita belajar calistung kepada guru les di sebuah rumah belajar, kini dengan jauh lebih mudah guru les bisa datang ke rumah lewat perangkat digital yang dimiliki. Sarana bertemu secara online juga tersebar luas, mulai dari zoom, google meet, whataspp call, dan banyak lagi yang lainnya.

Kita mendapati layanan online juga tersedia untuk konsultasi dokter, psikolog, bikin rumah, bahkan konslutasi hukum dan perkawinan. Bahkan sudah ada banyak semacam marketplace yang produknya berupa jasa konsultasi sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Ini merupakan Contoh bisnis digital di Indonesia yang membuka kesempatan bagi kita untuk memanfaatkan peluang yang ada. Kita bisa lakukan sesuatu yang sesuai dengan passion kita.

Baca juga : 12 Template Undangan Pernikahan Word, Cek!

Pembuatan Website, Microsite, atau Landing Page

Untuk mendukung produk yang ingin dijual atau ditawarkan, pelaku bisnis membutuhkan sarana untuk memajang produk mereka secara digital. Nah, situs web profesional menjadi syarat wajib jika pelaku bisnis ingin eksis di dunia digital saat ini.

Melalui website resmi sebuah produk memiliki ruang pamer, kantor, sekaligus toko yang dilengkapi dengan customer service yang siap selama 24 jam. Tidak hanya itu, website juga bisa menampilkan portofolio, jejaring yang mereka miliki, bahkan rekam jejak bisnis selama ini.

Manfaat yang besar dari keberadaan website didukung kemudahan memilikinya. Saat ini kita akan mendapatkan banyak pilihan untuk hosting murah bebas pilih server  yang bisa kita sesuaian dengan kebutuhan. Ibaratnya apakah kita ingin membangun toko virtual yang sangat luas dengan produk yang super komplit? Atau ingin membuat toko khusus untuk masing-masing prduk yang kita jual?

Dari sini makin terbayang, kan betapa luas Contoh bisnis digital di Indonesia yang terbuka lebar untuk kita masuki, berkecimpung di dalamnya dan berpenghasilan dari sana?

 

Penutup

Setelah membaca pembahasan tadi, pasti makin terbayang seperti apa contoh bisnis digital di Indonesia. Tinggal pilih mau ambil bagian sebagai apa, pembuat konten, konsultan, marketer, atau apa saja yang sesuai dengan minat kita. Di luar yang tadi kita bahas masih banyak lagi macam ragam bisnis digital di Tanah Air.

Aku sendiri memilih menjadi blogger, senang rasanya bisa berbagi berbagai informasi melalui artikel yang kutulis. Blog menjadi semacam rumah pribadi yang merangkap kantor dan galeri. Jadi benar-benar kurawat rumah virtual ini. Salah satu caranya dengan rajin posting artikel, secara berkala cek DA PA  supaya performa blog selalu prima. Sesekali tayang juga artikel pesanan rekanan yang punya misi atau pesan untuk para pembaca.

Jadi, mana bisnis digital yang menarik buatmu?

Salam hangat

 

idekece



 

Intellifluence Trusted Blogger