Pilih Laman

Cara menghilangkan gigitan nyamuk atau serangga lainnya sebenarnya mudah saja. Nyamuk dan serangga lainnya bisa menggigit dimana saja,  Bahkan ketika hanya berdiam diri di rumah, bukan berarti kita  terbebas dari serangan nyamuk yang membuat gatal bahkan menimbulkan reaksi alergi bagi seseorang yang sensitif terhadap gigitan serangga. Belum lagi kemungkinan cedera seperti memar saat anak bermain, menjadikan kita musti ekstra waspada dan siap siaga memberikan pertolongan pertama ketika si Kecil mengeluh gatal karena nyamuk atau kesakitan akibat terbentur. 

Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk dan Serangga Lainnya dengan Minyak Essensial

Pada taraf ringan ibu bisa memberikan pertolongan pertama yang praktis, mudah dan alami yaitu dengan mengaplikasikan minyak esensial. Minyak esensial diambil langsung dari bahan-bahan alami yang dikenal dapat mengurangi gatal dan menyembuhkan memar. Beberapa jenis minyak esensial yang harus ada di rumah sebagai pengobatan pertama pada gigitan serangga dan memar adalah:

Minyak Sereh

Minyak sereh atau lemongrass oil dapat dijadikan pertolongan pertama saat si Kecil mengalami gigitan serangga ataupun memar. Di dalam minyak esensial tersebut terdapat agen antimicrobial yang mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Ditambah lagi dengan efek antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan, misalnya bengkak ataupun memar. 

Cara menghilangkan gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskan lembut pada bagian yang memar atau digigit nyamuk dan diamkan hingga kering sendirinya. Anda bisa mengoleskannya kembali jika setelah minyak mengering, anak masih merasakan gatal yang mengganggu. Sebagai tambahan, aroma dari minyak sereh ini tidak disukai oleh nyamuk sehingga dapat juga dijadikan formula penghalau nyamuk.

Minyak Lavender

Bunga lavender dengan aroma khasnya dipercaya mampu memberikan ketenangan pada pikiran dan perasaan. Soothing effect inilah yang dimanfaatkan pula untuk meringankan gigitan nyamuk yang mengganggu. Dengan efek anti inflamasi yang dimilikinya, minyak lavender juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri serta bengkak karena berbagai faktor, mulai dari gigitan serangga sampai memar karena benturan.

Minyak Chamomile

Cara menghilangkan gigitan nyamuk berikutnya menggunakan minyak Chamoline. Minyak essensial dari bunga Chamoline ini dikenal sebagai bunga yang memberikan efek soothing atau menenangkan. Chamomile sering juga dijadikan teh alami yang menyehatkan tubuh dan pikiran. Ternyata, selain dapat diekstrak untuk diminum, Chamomile juga bisa dijadikan minyak alami esensial yang bermanfaat untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga. 

Efek menenangkan yang dimiliki dapat membantu meredakan rasa panas ataupun gatal yang dirasakan. Sedangkan efek anti inflamasinya membantu meredakan bentol yang terjadi sehabis digigit nyamuk. Minyak chamomile juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami memar, lho.

Minyak Champor

Camphor atau kamper memiliki efek yang sedikit berbeda dengan yang lain. Minyak camphor tidak memberikan sensasi dingin yang menyejukkan, namun justru terasa hangat ketika diaplikasikan pada memar atau gigitan serangga. Rasa hangat inilah yang yang membantu meredakan gatal ataupun nyeri sebagai efek dari gigitan serangga. Aromanya yang menyejukkan memberikan rasa tenang untuk buah hati sehingga kegusaran karena gatal juga dapat diatasi.

Minyak Eucalyptus

Minyak esensial selanjutnya yang ampuh untuk menangkal dan menyembuhkan gigitan nyamuk adalah minyak eucalyptus atau lemon eucalyptus. Banyak studi yang menyebutkan bahwa minyak eucalyptus ini merupakan bahan alami yang efektif meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. 

Aromanya yang khas dan menyegarkan juga dapat digunakan untuk menghalau nyamuk sehingga anak tidak terus digigit. Cara menghilangkan gigitan nyamuk dengan minyak Eucalyptus cukup mudah. Setelah bagian yang digigit nyamuk dibersihkan, oleskan minyak tersebut di permukaan dan biarkan meresap dengan sendirinya.

Penutup

Kini kita tahu jika satu jenis minyak esensial saja mampu meredakan gatal yang dirasakan akibat gigitan serangga. Nah, gabungan antara dua jenis minyak di atas akan semakin memperkuat efeknya. Seperti dengan menggabungkan minyak camphor dan eucalyptus yang secara efektif dapat meredakan gatal karena gigitan nyamuk ataupun nyeri karena memar. Cara menghilangkan gigitan nyamuk atau serangga lainnya akan menjadi mudah jika kita selalu menyediakan minyak esensial di kotak obat keluarga. 

 

Referensi :

  1. https://www.medicalnewstoday.com/
  2. https://www.byrdie.com/essential-oils-mosquito-bites-5069951 
  3. https://www.healthline.com/
Intellifluence Trusted Blogger