Pilih Laman

Cara mengatasi susah buang air besar tidak hanya menggunakan obat pencahar saja, tetapi juga dapat memakai cara lain yang lebih aman. Sekitar delapan puluh persen orang di dunia pernah mengalami kesulitan saat hendak buang air besar. Ini termasuk gangguan pencernaan yang ditandai dengan perut begah, mual, tinja yang keras, sampai kram ringan. Ciri-ciri sembelit ini bisa saja kita alami. Bagaimana mengatasi sembelit tanpa obat pencahar?

Perbanyak Minum Air Putih

melancarkan buang air besar dengan air putih

Sebenarnya masalah susah buang air besar ini disebabkan oleh pola hidup kurang sehat yang mungkin kita jalani. Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya minum air putih. Jika Teman-teman merasa selalu minum sedikit air, sebaiknya mulai saat ini ditambah, ya. Setidaknya pastikan minum delapan gelas air putih per hari. Sembelit yang terjadi karena dehidrasi menyebabkan sisa makanan dari usus besar berubah menjadi kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Nah, cara melancarkan susah buang air besar yang paling mudah adalah memperbanyak minum air putih.

Tingkatkan Konsumsi Serat

Tanpa disadari asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Termasuk lancar atau tidaknya BAB. Nah, enggan atau malas mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran juga merupakan penyebab sembelit. Lebih baik memilih makanan berserat yang kadar airnya tinggi sehingga proses pencernaan semakin optimal. Makanan pelancar buang air besar terkadang kita lupakan dan jarang dikonsumsi. Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan yaitu mangga, pisang, apel, gandum, sayuran hijau, serta kacang-kacangan. Cara ini dapat mengatasi sembelit pada anak juga merupakan cara ampuh mengatasi susah BAB pada orang dewasa.

Jangan Menunda Buang Air Besar

Kebiasaan yang satu ini juga pemicu sembelit, lo. Maka saat tubuh sudah memberikan tanda untuk buang air besar, segeralah ke toilet. Menunda buang air besar hanya akan membuat kandungan air berkurang dan feses mengeras. Kondisi lebih parah jika kita tetap mempertahankan kebiasaan buruk ini adalah timbulnya penyakit seperti inkontinensia alvi atau kondisi tubuh yang sudah tak bisa lagi mengendalikan buang air besar hingga impaksi feses atau penumpukan tinja di rektum serta anus.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dengan Rajin Berolahraga

Sobat Kece, rupanya olah raga juga bisa jadi sarana memperlancar metabolisme tubuh kita, loh. Tak hanya membuat tubuh semakin bugar, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan imunitas. Aktivitas fisik yang kurang ialah salah satu penyebab sembelit di kalangan orang dewasa. Nah, supaya pencernaan lancar dan terhindar dari susah buang air besar disarankan melakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda minimal lima belas menit setiap hari.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, asinan sayur, keju, tempe, atau kimchi ini mampu meningkatkan kesehatan juga melindungi saluran cerna. Khusus minuman mengandung probiotik juga sangat baik dikonsumsi secara teratur guna mencegah sembelit.

Meski merasa tidak nyaman di perut, cara mengatasi sembelit di atas dapat kita coba terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat pencahar apabila kondisi sudah sangat mengganggu aktivitas. Obat adalah pilihan terakhir, ya, Teman-teman. Pastikan kita menerapkan gaya hidup sehat untuk daya tahan prima.

Intellifluence Trusted Blogger