Pilih Laman

Bisnis interior design dan eksterior design mulai diminati banyak orang di masa pandemi seperti ini. Sekalipun di rumah saja, tetapi profit yang didapatkan bernilai fantastis.

Di saat semua orang bisa menjadi fotografer jalanan alias dadakan hanya bermodalkan kamera handphone, permintaan untuk mempercantik rumah semakin meningkat. Tempat dengan dekorasi yang unik berhasil memberikan daya tarik sendiri sehingga membutuhkan tenaga yang ahli untuk membuatnya.

Dari sana munculnya banyak orang mencoba peruntungannya di bisnis interior design dan eksterior design. Sebelum memulainya, ada baiknya untuk mengetahui serba-serbi tentang bisnis interior design.



Pemahaman Seputar Bisnis Interior Design

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa bisnis interior design berkaitan erat dengan mempercantik ruangan dengan tampilan seunik mungkin agar menghasilkan daya tarik tersendiri. Sebelum merenovasi ruangan, desainer, sebutan orang yang ahli di bidang interior design, akan mendesain ruangan tersebut di dalam aplikasi khusus.

Dari desain tersebut baru diaplikasikan ke kehidupan nyata. Material yang digunakan beragam, mulai dari kayu, Mdf, acrylic, atau masih banyak lagi. Material-material tersebut akan diukir atau dibentuk dengan mesin khusus yakni mesin CNC dalam bentuk tiga dimensi.

bisnis interior design living room

Kenapa Harus Mencoba Bisnis ini di Masa Pandemi?

Saat ini, sering terjadi Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK besar-besaran hampir di seluruh aspek industri. Mencari pekerjaan baru pun ikut sulit. Terlebih, terbatasnya akses publik dan kebijakan di rumah saja yang bikin kita sulit untuk berwirausaha.

Kendati demikian, bisnis interior design masih bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru. kamu bisa memulai hanya dari rumah. Hanya dua modal dasar yang harus dimiliki selain uang, yakni kreativitas dalam membuat desain interior dan relasi-relasi penting.

Pelaku bisnis ini tidak dituntut untuk bisa menggunakan mesin-mesin keras saat membuat ukiran. Pekerjaan keras itu bisa dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Asalkan kita memiliki tingkat kreativitas desain yang tinggi yang mudah disukai oleh orang lain dan mampu berkomunikasi dengan rekan kerja sehingga terjalin relasi bisnis. Maka bukan tidak mungkin bisnis interior design bisa ditekuni meskipun hanya dari rumah saja.

 

Keuntungan Bisnis Interior Design

Selain kesempatan untuk mendapatkan profit yang maksimal, ternyata ada keuntungan lain untuk para pelaku bisnis ini. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Berpotensi Memiliki Pangsa Pasar yang Luas

Tanpa terkecuali, hampir semua orang menginginkan dan mendambakan hunian yang nyaman, cantik, dan indah dipandang mata. Mulai dari mempercantik ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, hingga kamar, semua itu bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, mencari konsumen untuk bidang ini cukup mudah. Bisa dimulai dengan menawarkan tetangga, saudara, atau teman yang kita kenal. Apabila mereka merasa puas dengan hasil kerja kita, bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi agen marketing.

2. Kapan Lagi Bekerja Sesuai dengan Hobi dan Bakat

Sedikit sekali kesempatan untuk bekerja pada bidang yang digemari, apalagi bekerja pada bidang yang menjadi hobi dan bakat. Akan tetapi, untuk orang yang menaruh minat lebih di dunia interior design tentu menjadi impian untuk memulai bisnis interior design. Sembari melakukan hobi dan bakat sembari menghasilkan uang.



 

Tips Memulai Bisnis Interior Design dari Rumah

Agar usaha yang baru saja dirintis ini bisa bertahan dan terus menghasilkan profit, ada beberapa tips untuk memulainya.

1. Pastikan kita telah mengetahui tentang keilmuan interior design

Sekalipun gambar dan desain yang dihasilkan sangat bagus, akan tetapi mengetahui ilmu interior desain dan menguasai keterampilannya dinilai menjadi faktor paling penting.
Mempelajari bagaimana cara mendesain rumah yang benar dan bagus, mempelajari tentang gaya dekorasi, tata ruang hingga teori dan arti warna.

bisnis interior design warna

Beberapa keilmuan tersebut bisa dipelajari melalui buku ataupun internet. Selain itu, ada beberapa kelas online (webinar) atau seminar dan pelatihan untuk bisnis interior design yang bisa dicoba untuk mengetahui seberapa dalam keterampilan yang dimiliki sebagai modal memulai bisnis interior design.

2. Buat perencanaan dan strategi bisnis

Bisnis apapun itu memerlukan perencanaan dan strategi bisnis yang matang sebelum memulainya. Merencanakan dari mana asal modal bisnis, siapa rekan yang akan diajak kerja sama, seperti apa strategi promosinya, melakukan analisa pasar sampai cara mengelola keuangan bisnis.

3. Seberapa penting melakukan analisa pasar?

Pada tahapan ini, kita akan mencari informasi tentang perusahaan kompetitor bisnis kita. Mencari tahu jasa dan desain apa saja yang mereka tawarkan, berapa harga yang mereka patok hingga mungkin saja bagaimana cara mereka memasarkan bisnis interior design mereka.
Setelah mendapatkan semua informasi tersebut, kita jadi bisa mengetahui desain-desain yang sedang banyak peminatnya di pasar hingga mematok harga jasa yang kompetitif.

4. Persiapkan cukup modal dan target kembali modal

Perhitungkan dengan sangat detail berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis interior design.
Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk membeli satu set komputer atau laptop, software untuk mendesain interior rumah, biaya internet, biaya transportasi untuk bertemu klien atau rekan kerja, biaya untuk membeli buku interior design untuk memperkaya kreativitas, dan beberapa biaya perlengkapan lainnya.

Bukan hanya menghitung dengan detail berapa modal yang diperlukan, melainkan juga memperkirakan kapan waktunya modal yang kita tanam akan kembali modal. Untuk menentukan dua hal itu cukup mudah. Yang membuatnya sulit adalah saat bisnis interior design berjalan.

Pencatatan buku kas pengeluaran dan pemasukan keuangan yang sering dianggap remeh padahal ini merupakan hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, website Spenmo yang bisa kamu akses melalui https://spenmo.com/id/ hadir untuk memberikan kemudahan mengelola semua pengeluaran bisnis.

bisnis interior design tips

Di dalam satu platform, kita bisa membuat sistem penggajian lebih mudah, pencairan uang cepat, klaim karyawan dan pembayaran invoice hanya dalam satu klik.

Spenmo sebagai aplikasi transfer uang memberikan kemudahan untuk penggunanya karena bisa melakukan transfer lokal otomatis dalam waktu sekejap, kemudahan memproses kliring faktur, dan efisien untuk meminimalisasi kesalahan dalam pembayaran.

Satu kelebihan dari aplikasi transfer uang ini adalah sifat visibilitasnya yakni kemudahan melacak semua status pembayaran hanya dalam satu dashboard.
Sudahkah tertarik untuk memulai bisnis interior design?

Intellifluence Trusted Blogger