Pilih Laman

Cara adaptasi manusia tentu menyesuaikan dengan keadaan pada saat itu. Mungkin di zaman purba, manusia membiasakan diri dengan kepulan asap untuk mencari manusia lainnya. Atau mereka beradaptasi dengan linkungan yang serba terbuka dengan mengenakan pakaian tebal seperti dari kulit binatang atau dari pelepah pohon.

Bagaimana cara adaptasi manusia tentu akan berbeda dari zaman ke zaman. Saat ini kita sudah sangat dekat dengan bumi belahan manapun melalui jaringan internet. Orang saling mengenal dan menemukan sesamanya (teman) buakn lagi lewat suara atau asap, melainkan melalui media sosial. Saat ini, media sosial tidak bisa lepas dari kehidupan generasi sekarang. Hampir semua orang memiliki akun medsos. Komunikasi adalah salah satu cara manusia melakukan adaptasi dengan lingkungan. Melalui media sosial, komunikasi dapat dilakukan dari mana dan kapan saja. Bersosialisasi secara online kendati lebih cepat dan praktis, tetapi rentan kesalahpahaman. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang etika serta tata cara bersosialisasi daring. Nah, berikut beberapa tips bersosialisasi secara online!

Jaga Etika

Kita harus menjaga etika saat berkomunikasi di dunia maya. Baca kembali unggahan, status, atau komentar, sebelum menerbitkannya. Pastikan tidak ada kata atau ungkapan sensitif yang mampu memancing reaksi negatif publik. Hindari kata maupun kalimat ambigu atau bermakna ganda yang membuat lawan bicara maupun teman maya kita memiliki persepsi yang berbeda-beda sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Dengan demikian proses adaptasi manusia terhadap lingkungan baru akan berjalan dengan baik.

Cantumkan Informasi Secukupnya

Tidak perlu mencantumkan informasi secara detail di media sosial guna menghindari terjadinya kejahatan. Beri informasi seperlunya dan kontak yang dapat dihubungi. Jika ada orang yang ingin membicarakan hal penting tentu akan langsung menghubungi kita. Cara beradaptasi dengan lingkungan baru ini perlu dilakukan secara bertahap, tak perlu buru-buru, kok. Slow aja, nanti juga bisa!

Memilih Konten Positif

Informasi palsu atau hoaks banyak menyebar melalui dunia maya. Oleh sebab itu, sebelum mengunggah atau membagikan sesuatu lebih baik kita cari kebenarannya terlebih dahulu. Memilih konten positif akan membuat teman-teman daring nyaman berinteraksi dengan kita.

adaptasi manusia melaui media sosial

Beda zamannya beda juga cara beradaptasinya

Hati-hati Berkomentar

Jarimu harimaumu! Jejak digital tidak akan terhapus. Karena itu, penting bagi kita agar lebih berhati-hati ketika memberi komentar. Pilah dan pilih kata dengan tepat sehingga tidak menyinggung lawan bicara atau pembuat status. Hal ini akan menjadi penting saat mencari cara beradaptasi di lingkungan kerja baru. Banyaklah mendengar dulu sebelum membuka mulutmu untuk memberi komentar.

Pemilihan Emoticon

Salah memberikan emoticon juga bisa berdampak buruk terhadap hubungan pertemanan, lo. Jadi, kita harus tahu arti dari emoticon yang digunakan. Jangan sampai ketika ada kabar bahagia dari teman di dunia maya, kita malah membubuhkan emoticon meneteskan air mata.

Filter Pertemanan

Teman adalah cerminan diri kita. Lingkup pertemanan akan mempengaruhi pola pikir serta perilaku. Di dunia maya kita harus memfilter pertemanan. Caranya, bisa dengan melihat mutual friends atau berapa banyak teman kita yang juga berteman dengan akun yang hendak kita add tersebut. Jika mutual friends cukup banyak, tidak perlu ragu untuk menerima ajakan pertemanan tersebut. Tolak apabila ada akun asing, foto dan informasi tampak fiktif, serta tidak ada mutual friends.

Beri Reaksi

Tatkala membuat status atau mengirim pesan kepada seseorang tentu kita berharap dibalas sesegera mungkin. Bersosialisasai secara online berarti kita harus memberikan reaksi terhadap status teman-teman atau membalas pesan secepatnya. Teman maya ibarat tetangga. Jangan hanya mau disapa, tetapi malas menyapa. Saling berinteraksi dengan teman sungguh menyenangkan, lo.

Bersosialisasi secara online sebetulnya sangat mudah dilakukan. Hindari kesalahpahaman dengan mempelajari etika serta tata cara berteman daring yang tepat. Dengan demikian komunikasi akan berjalan lancar dan kita pun lebih mudah memperoleh teman baru.

Intellifluence Trusted Blogger