Pilih Laman

Berbuka puasa rasanya kurang lengkap bila tanpa takjil atau bermacam sajian manis. Akan tetapi, banyak orang lebih memilih membeli dibandingkan membuat sendiri karena kesibukan yang menyita waktu. Padahal ada berbagai ide takjil sederhana, praktis, dan hemat yang mudah dibuat, Sobat Kece. Yuk, kita coba membuatnya untuk melengkapi buka puasa hari ini!

Es Buah

takjil buka puasa es buah

Kesegaran aneka buah dipadukan dengan sirup serta susu atau santan menjadikannya pilihan tepat untuk berbuka puasa. Sobat Kece ingin membuat es buah sendiri? Tidak harus membeli buah dalam jumlah banyak, lo. Kamu dapat membeli buah potong yang dijual oleh pedagang keliling biar lebih hemat. Cara membuatnya mudah banget. Tinggal masukkan potongan beragam buah ke dalam air sirup dan tambahkan santan atau susu sesuai selera. Es buah segar siap menemanimu berbuka puasa!

Kolak Pisang

Kamu tentu tidak asing dengan takjil yang satu ini. Menjadi simbol khas bulan suci, kolak pisang merupakan satu-satunya takjil manis yang jarang absen di meja-meja setiap rumah. Baik membeli sendiri atau membuat, yang penting ada kolak.

Sobat Kece mau coba membuat kolak pisang praktis? Tinggal sediakan satu sisir pisang kepok atau pisang raja, gula merah, santan secukupnya, air setengah panci, dan daun pandan. Caranya pun sangat mudah. Tinggal rebus air dan masukkan gula merah ke dalamnya, aduk sampai gula larut, tambahkan pisang yang telah dipotong-potong, santan, aduk terus agar tidak pecah, terakhir masukkan daun pandan. Nikmatnya kolak hangat menjadikan buka puasamu bersama keluarga tercinta kian sempurna.

Salad Buah

Masih belum move-on dari takjil berbahan buah? Kamu dapat mencoba membuat salad buah sendiri. Dijamin hasilnya tak kalah enak dengan yang dijual di luar. Sobat Kece hanya perlu menyiapkan buah apel, melon, anggur, semangka, atau jenis buah lain sesuai selera, plus keju cheddar parut.

Nah, kalau tidak mau belanja terlalu banyak buah, kamu juga bisa menyiasatinya dengan membeli buah potong di pedagang keliling. Selanjutnya, potong dadu buah-buahan tersebut. Untuk sausnya tinggal campurkan 200 ml yogurt, 150 gram mayones, dan 4 sdm susu kental manis. Tuanglah saus ke atas buah-buahan yang sudah dipotong, taburi dengan keju parut, lalu masukkan ke kulkas. Sajikan selagi dingin ketika berbuka puasa.

Teh Susu Cincau Hitam

Jenuh dengan minuman berbahan dasar buah? Cobalah teh susu cincau hitam. Minuman menyegarkan yang praktis dan hemat untuk teman berbuka puasa. Sobat Kece hanya perlu menyediakan cincau hitam secukupnya, susu kental manis, juga teh. Caranya, buatlah segelas teh tawar panas, tuang satu saset susu kental manis atau kamu bisa tambah jika merasa kurang manis, ya. Terakhir, masukkan cincau hitam yang sudah dipotong dadu sekitar 3-4 sendok makan ke dalam teh susu panas. Siap disajikan!

Es Susu Kurma

ide takjil buka puasa dengan kurma

Kurma adalah salah satu menu takjil terbaik. Selain merupakan anjuran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kurma juga memiliki kandungan nutrisi prima untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Minuman yang satu ini tak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya nutrisi. Yups, es susu kurma. Ada banyak resep simpel yang bisa kamu coba. Namun, kali ini kita akan menjajal resep dari dapur Ina Permana di Cookpad (5/5/19). Sediakan enam butir kurma, es batu secukupnya, dan 200 ml susu UHT. Membuatnya tidak sulit, lo. Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya dalam air matang semalaman, masukkan ke lemari es. Langkah berikutnya, tambahkan kurma serta susu UHT, blender sampai halus. Es batu dapat langsung dicampurkan atau terpisah, sesuai seleramu. Minuman segar bergizi pun bisa kamu nikmati ketika azan Magrib berkumandang.

Nah, itu dia ide takjil buka puasa yang sederhana dan praktis. Kamu dapat mencoba satu per satu supaya buka puasa kian berwarna dan tidak membosankan. Selamat berbuka dengan takjil buatan sendiri, Sobat Kece!

Intellifluence Trusted Blogger