Pilih Laman

Perihal Pengiriman barang, sebenarnya bukan urusan sederhana. Bukan hanya memindahkan barang dari satu kota ke kota lainya sesuai alamat yang tertera. Kita perlu tahu seluk-beluknya, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 5 Hal penting ini semoga bisa menjadi referensi.

 

5 Hal Penting tentang Pengiriman Barang

Mengemas Paket dengan Aman

Kita tentu menginginkan apa yang kita kirm sampai di tangan penerima degan aman. Entah itu barang dagangan atau paket pribadi untuk teman sendiri.

Nah, supaya sampai di tempat tjuan dengan selamat, maka kita harus mengemas barang atau paket dengan aman.  Aman di sini baik dalam cara mengemasnya maupun alat yang digunakan untuk mengemas paket.

Sebagai pengirim, kita harus betul-betul memastikan sudah membungkus paket dengan sempurna. Barang yang kita kirim tidak terlihat atau mudah dijangkau dari luar. Hal ini untuk menghindari barang rusak atau hilang selama perjalanan.

Gunakan alat pengemas sesuai dengan barang yang kita kirim, sepertti kardus, plastik pembungkus, dan lain-lain. Bila perlu gunakan bubble wrap sebagai pengaman tambahan untuk barang-barang yang memang membutuhkan pengamanan lebih.

 

Cek Ongkos Kirim Sebelum Shipping

Terkadang kita langsung menuju ke tempat penyedia jasa pengiriman barang tampa mengecek terlebih dahulu berapa biaya pengiriman paket tersebut. Padahal dengan cek ongkos kirim sebelumnya, kita bisa lebih siap mengantisipasi jika ada biayanya lebih besar dari yang kita duga. Paling tidak kita uang yang kita siapkan cukup untuk membayar ongkir.

pengiriman barang terpercaya

Jangan Tergiur Jasa Pengiriman Barang Murah

Jika mendapat tawaran harga pengiriman barang murah, please deh, jangan mudah tergoda. Apa yang kita hemat (dari murahnya ongkir) tentu tidak sebanding dengan nilai barang yang kita kirim. Lebih baik kita pilih ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman barang yang terpercaya, sehingga kita nyaman dan barang kita aman sampai di tempat tujuan.

 

Cek Resi dan Status Pengiriman

Kita bisa juga memanfaatkan layanan cek resi untuk emnegtahui sampai di mana perjalanan paket yang kita kirim. Biasanya setiap sampai pada pos tertentu, petugas akan memasukkan data pada situs ekspedisi. Dari sini kita akan mengetahui sampai mana barang kiriman kita.

Mengetahui status pengiriman juga akan mengantisipasi  hal yang lebih buruk jika terjadi sesuatu yang tidak beres dalam pengiriman tersebut.

 

Gunakan Prosedur yang Berlaku untuk Komplain

Menyambung poin 4 di atas, jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, semisal pencurian paket. Pencurian paket bisa oleh orang yang mengaku sebagai penerima, atau oleh oknum yang tidak memberikan paket kepeda penerima, tetapi justru menyimpannya untuk kepentingan pribadi.

Jika terjadi seperti ini, segera hubungi penyedia layanan ekspedisi dan lakukan dengan prosedur yang berlaku. Sertakan alat-alat bukti yang kita miliki seperti  resi pengiriman, rekaman layar pengecekan status pengiriman, dan bukti autentik lainnya.

Dengan menggunakan prosedur yang benar, maka kesalahan akan lebih mudah ditelusuri.

Intellifluence Trusted Blogger