Artikel

Menjadi Full Time Mom Anti Baper Dan Bahagia

Di Indonesia, pekerjaan full time mom atau yang lebih familiar disebut  ibu rumah tangga  masih saja  dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat Indonesia. Terlebih jika ibu rumah tangga itu adalah seorang sarjana, lengkaplah sudah dianggap pengangguran. Ditambah lagi dengan rutinitas monoton setiap harinya, mulai dari mencuci, memasak, mengurus segala keperluan anak dan suami, tentu membuat perasaan sang ibu kian tertekan.
Buat para FTM, tidak perlu merasa baper berkepanjangan. Ragam tips ini dapat menghilangkan kejenuhan dan baper selama melakukan rutinitas rumah tangga
  1. Atur jadwal harian
Catat jadwal rutinitas harian dan tentukan skala prioritas, agar pekerjaan rumah tidak keteteran. Sebagai contoh, di awal minggu, catat menu masakan untuk seminggu, dan berbelanjalah di awal minggu.
  1. Temukan passion
Carilah passion pada diri Anda. Passion adalah segala sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati karena kita menyukai hal tersebut. Jika ditekuni dengan serius, passion tidak hanya membantu FTM menemukan jalan untuk aktualisasi diri, namun juga dapat menghasilkan uang.
  1. Jadikan hobi sebagai rutinitas
Selain dapat menjadi sarana aktualisasi diri, rutin menekuni passion juga dapat membantu menghindari kebiasaan konsumtif, serta membantu menghilangkan kejenuhan di rumah.
  1. Refreshing
Coba komunikasikan dengan pasangan jadwal untuk berekreasi di akhir pekan.Tidak mesti seminggu sekali, refreshing juda dapat dilakukan 2 minggu atau sebulan sekali.
  1. Cari komunitas guna pemberdayaan diri
Perlu bagi seorang FTM untuk bergabung dalam suatu komunitas agar bisa bertukar pikiran.Anda bisa gabung di ibu-ibu PKK, arisan RT/RW, pengajian mingguan di mesjid, dan lain-lain.
  1. Jadwalkan ke perpustakaan atau banyak membaca
Sebagai seorang FTM yang pekerjaannya monoton, penting untuk memperkaya ilmu dengan banyak membaca. Ada baiknya jika FTM menjadwalkan kunjungan rutin ke perpustakaan bersama anak-anak. Terlebih saat ini sudah banyak perpustakaan milik pemerintah yang ramah anak, sehingga bisa sekaligus menumbuhkan minat baca anak.
  1. Bijaklah menggunakan media sosial
Media sosial adalah dunia tanpa batas.Jika tidak bijak menggunakannya, Anda bisa saja terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif. Gabunglah pada grup-grup dan komunitas yang dapat menambah ilmu dan wawasan serta pemberdayaan diri.
  1. Perbanyak beribadah
Kesibukan dalam mengurus keperluan keluarga harus diimbangi dengan ibadah yang tekun. Kedekatan dengan Sang Pencipta juga menjadikan hati dan jiwa kuat dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Tentang Penulis

Blog ini berisi kumpulan artikel ringan dan bermanfaat dengan pembaca remaja usia 15-25 tahun. Ide-ide sederhana yang ditampilkan bertujuan memberi informasi, dan lebih mewarnai hidup ini. Ingat, ide sederhana bisa membuat sesuatu menjadi kece luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *